Penerapan pembelajaran model Creative Problem Solving (CPS) pada materi lingkaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 21 Malang / Uun Hariyanti
Main Author: | Hariyanti, Uun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15874/ |
Daftar Isi:
- HariyantiUun.2014.PenerapanPembelajaranModelCreativeProblemSolvingPadaMateriLingkaranUntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKreatifSiswaKelasVIII2SMPNegeri21Malang.SkripsiJurusanMatematikaFakultasIlmuPengetahuanAlamdanMatematikaUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.Abd.QoharM.T.Katakuncipembelajaranmodelcreativeproblemsolvingkemampuanberpikirkreatif.BerdasarkanobservasiawalyangdilakukanolehpenelitidiSMPN21Malangdiketahuibahwakemampuanberpikirkreatifsiswamasihkurang.Haliniterbuktidarihasiltessederhanayangdilakukanolehpenelitididuakelasberbedayaituhanyaterdapatduasiswayangdapatmenyelesaikanpermasalahanyangdiberikan.SelainituberdasarkanhasilwawancaranonformaldenganbeberapagurumatematikakelasVIIIdiketahuibahwaketerampilanmengerjakansoalmatematikapadasiswakelasVIIImasihkurang.Olehkarenaituperluditerapkanpembelajaranyangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswa.SalahsatualternatifnyaadalahpembelajaranmodelCreativeProblemSolving(CPS).Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiridariduasiklusdansetiapsiklusmencakupempattahapyaituperencanaantindakanpengamatandanrefleksi.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIII2SMPN21Malang.Datayangdikumpulkanmeliputi(1)datahasilvalidasi(2)datahasillembarobservasikegiatangurudansiswaselamapembelajaranmodelCreativeProblemSolving(CPS)(3)datateskemampuanberpikirkreatifyangdilakukansetiapakhirsiklus.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenerapanmodelCreativeProblemSolving(CPS)yangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswakelasVIII2SMPN21Malangpadamaterilingkaran.Berdasarkanhasilanalisisdatadiperolehduakesimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut.PertamaprosespelaksanaanmodelCreativeProblemSolving(CPS)dapatterlaksanadenganbaikdikelasVIII2.Tahapan-tahapanmodelCreativeProblemSolving(CPS)yangdigunakanadalah(1)tahapklarifikasimasalahmeliputipemberianpenjelasankepadasiswatentangmasalahyangdiajukan(2)tahappengungkapanpendapatyaitutahapdimanasiswadimintauntukmemikirkansebanyakmungkinideyangdapatdigunakandalammemecahkanmasalahyangdiberikan(3)tahapevaluasidanpemilihanyaitupadatahapinisetiapkelompokmendiskusikanpendapat-pendapatataustrategi-strategiyangcocokuntukmenyelesaikanmasalah(4)tahapimplementasiyaitusiswamenentukanstrategiyangdapatdiambiluntukmenyelesaikanmasalahkemudianmenerapkannyahinggamenemukanpenyelesaiandarimasalahtersebutsesuaidenganpilihanmerekayangditentukanpadalangkahevaluasidanpemilihan.KeduapembelajaranmodelCreativeProblemSolving(CPS)dapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswakelasVIII2SMPN21Malang.PadasiklusIkemampuanberpikirkreatifsiswayangdihitungsecaraklasikalmasukdalamkategoricukupkreatif.SedangkanpadasiklusIIkemampuanberpikirkreatifsiswayangdihitungsecaraklasikalmasukdalamkategorikreatif.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanuntukmenerapkanpembelajaranmodelCreativeProblemSolving(CPS)dalammembelajarkanmatematikadisekolahuntukmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswa.DalammenerapkanpembelajaranmodelCreativeProblemSolving(CPS)perludiperhatikanperencanaanalokasiwaktuyangbaik.