Penerapan pembelajaran model Creative Problem Solving (CPS) pada materi lingkaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 21 Malang / Uun Hariyanti

Main Author: Hariyanti, Uun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15874/
Daftar Isi:
  • HariyantiUun.2014.PenerapanPembelajaranModelCreativeProblemSolvingPadaMateriLingkaranUntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKreatifSiswaKelasVIII2SMPNegeri21Malang.SkripsiJurusanMatematikaFakultasIlmuPengetahuanAlamdanMatematikaUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.Abd.QoharM.T.Katakuncipembelajaranmodelcreativeproblemsolvingkemampuanberpikirkreatif.BerdasarkanobservasiawalyangdilakukanolehpenelitidiSMPN21Malangdiketahuibahwakemampuanberpikirkreatifsiswamasihkurang.Haliniterbuktidarihasiltessederhanayangdilakukanolehpenelitididuakelasberbedayaituhanyaterdapatduasiswayangdapatmenyelesaikanpermasalahanyangdiberikan.SelainituberdasarkanhasilwawancaranonformaldenganbeberapagurumatematikakelasVIIIdiketahuibahwaketerampilanmengerjakansoalmatematikapadasiswakelasVIIImasihkurang.Olehkarenaituperluditerapkanpembelajaranyangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswa.SalahsatualternatifnyaadalahpembelajaranmodelCreativeProblemSolving(CPS).Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiridariduasiklusdansetiapsiklusmencakupempattahapyaituperencanaantindakanpengamatandanrefleksi.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIII2SMPN21Malang.Datayangdikumpulkanmeliputi(1)datahasilvalidasi(2)datahasillembarobservasikegiatangurudansiswaselamapembelajaranmodelCreativeProblemSolving(CPS)(3)datateskemampuanberpikirkreatifyangdilakukansetiapakhirsiklus.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenerapanmodelCreativeProblemSolving(CPS)yangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswakelasVIII2SMPN21Malangpadamaterilingkaran.Berdasarkanhasilanalisisdatadiperolehduakesimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut.PertamaprosespelaksanaanmodelCreativeProblemSolving(CPS)dapatterlaksanadenganbaikdikelasVIII2.Tahapan-tahapanmodelCreativeProblemSolving(CPS)yangdigunakanadalah(1)tahapklarifikasimasalahmeliputipemberianpenjelasankepadasiswatentangmasalahyangdiajukan(2)tahappengungkapanpendapatyaitutahapdimanasiswadimintauntukmemikirkansebanyakmungkinideyangdapatdigunakandalammemecahkanmasalahyangdiberikan(3)tahapevaluasidanpemilihanyaitupadatahapinisetiapkelompokmendiskusikanpendapat-pendapatataustrategi-strategiyangcocokuntukmenyelesaikanmasalah(4)tahapimplementasiyaitusiswamenentukanstrategiyangdapatdiambiluntukmenyelesaikanmasalahkemudianmenerapkannyahinggamenemukanpenyelesaiandarimasalahtersebutsesuaidenganpilihanmerekayangditentukanpadalangkahevaluasidanpemilihan.KeduapembelajaranmodelCreativeProblemSolving(CPS)dapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswakelasVIII2SMPN21Malang.PadasiklusIkemampuanberpikirkreatifsiswayangdihitungsecaraklasikalmasukdalamkategoricukupkreatif.SedangkanpadasiklusIIkemampuanberpikirkreatifsiswayangdihitungsecaraklasikalmasukdalamkategorikreatif.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanuntukmenerapkanpembelajaranmodelCreativeProblemSolving(CPS)dalammembelajarkanmatematikadisekolahuntukmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswa.DalammenerapkanpembelajaranmodelCreativeProblemSolving(CPS)perludiperhatikanperencanaanalokasiwaktuyangbaik.