Analisis kesalahan menyelesaikan soal cerita SPLDV (Sistem Persamaan Linear Dua variabel) dan scaffoldingnya berdasarkan tahapan analisis kesalahan Newman pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang / Puspita Rahayuningsih

Main Author: Rahayuningsih, Puspita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15873/
Daftar Isi:
  • RahayuningsihPuspita.2014.AnalisisKesalahanMenyelesaikanSoalCeritaSPLDV(SistemPersamaanLinearDuaVariabel)danScaffoldingnyaBerdasarkanTahapanAnalisisKesalahanNewmanPadaSiswaKelasVIIISMPNegeri2Malang.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Abd.QoharM.TKatakunciAnalisisKesalahanNewmanSoalCeritaSPLDVPemberianScaffolding.12288122881228812288Soalceritadianggapsebagiansiswasulituntukdipahamidandiselesaikan.Karenahalitubanyaksiswamelakukankesalahandalammenyelesaikansoalcerita.BerdasarkanpadateknikyangdikenalkanolehAnneNewman(1977)tahapananalisisyangdigunakanuntukmenemukankesalahansiswadalammenyelesaikansoalceritameliputilimatahapanyaitu(1)membaca(reading)(2)memahami(comprehension)(3)transformasi(transformation)(4)kemampuanproses(processskill)(5)penulisanjawaban(encoding).Olehkarenaitukesalahan-kesalahanyangdilakukansiswadijabarkanberdasarkantahapanNewmantersebut.SedangakanmenurutVygotskyprosesbelajarterjadipadasaatsiswaberadadalamZoneofProximalDevelopment(ZPD)yaitujarakantaratingkatanperkembanganaktualyangpotensialyangditandaimelaluipemecahanmasalahsecaramandiridantingkatperkembanganpotensialyangditandaimelaluipemecahanmasalahdenganbantuanorangdewasa.OlehkarenaitupemberianbantuanberupascaffoldingsangattepatdiberikanketikasiswaberadapadaZPDuntukmengatasikesalahanyangdilakukansiswapadatiaptahapanberdasarkantahapanNewman.12288122881228812288PenelitianiniadalahpenelitiandeskriptifkualitatifyangdilakukandiSMPNegeri2Malang.Penelitianinidilaksanakanuntukmengajikesalahansiswadalammenyelesaikansoalceritadanupayamembantunyamenggunakanscaffolding.Soalceritayangdigunakanadalahtigasoalyangterkaitdenganmaterisistempersamaanlinearduavariabel.Tigasoaltersebutterdiridarisoalyangmemilikikriteriamudahsedangdansulit.PemberianscaffoldingdalampenelitianinimengacupadatigatingkatscaffoldingyangdikemukakanAnghileri(2006).Hasilpenelitianmenemukanbahwakesalahansiswadalammenyelesaikansoalceritamaterisistempersamaanlinearduavariabelterletakpada(1)pemahaman(comprehension)yaitudalammenentukanapayangdiketahuidanditanyakan(2)transformasi(transformation)yaitupadamenentukanpemisalanmenyusunpersamaandanmenentukanmetodeyangakandigunakan(3)kemampuanproses(processskill)yaitudalammengoprasikanbilanganatauvariabelsecaramatematisdankesalahandalamtahapanuntukmenemukanjawaban(4)menuliskanjawaban(encoding)yaitupadapenulisanketeranganbilanganyangsesuaidenganapayangdiinginkanolehsoal.Upayayangdilakukanuntukmengatasikesalahan-kesalahantersebutadalahdenganpemberianpenjelasan(explaining)pengecekankembali(reviewing)danmembangunkembalipemahaman(restructuring)padakesalahantahappemahaman(comprehension).Sedangkanuntukkesalahantahaptransformasi(transformation)upayayangdilakukanyaitudenganpengecekankembali(reviewing)membangunpemahaman(restructuring)danjugameningkatkandayapikir(Developingconceptualthingking).Pemberianpengecekankembali(reviewing)danjugamembangunkembalipemahaman(restructuring)masihdilakukansebagaiupayapadakesalahanpadatahapkemampuanproses(processskill)sedangkankesalahantahappenulisanjawaban(encoding)upayayangdilakukanadalahdalampengecekankembali(reviewing).UpayapemberianbantuantersebutmerujukpadatingkatanscaffoldingyangdikemukakanolehAnghileri(2006)levelduadanleveltiga.SedangkanprosedurpemberianscaffoldingnyaadalahmengikutitahapananalisisNewman.