Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar materi teorema Pythagoras pada siswa kelas VIII SMP negeri 1 Malang / Galuh Maulidiyah

Main Author: Maulidiyah, Galuh
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15870/
Daftar Isi:
  • MaulidiyahGaluh.2014.PenerapanModelPembelajaranCooperativeScriptuntukmeningkatkanKeaktifandanHasilBelajarMateriTeoremaPythagoraspadaSiswaKelasVIIISMPNegeri1Malang.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SriMulyatiM.Pd.KataKunciCooperativeScriptakitivitassiswahasilbelajarTeoremaPythagorasSMP122881228812288BerdasarkandatayangdiperolehdiketahuisiswakelasVIIIHSMPNegeri1MalangmemilikiaktivitasdanhasilbelajarTeoremaPythagorasyangmasihkurang.MasalahinimemotivasipenelitiuntukmelakukanupayaperbaikandenganmenerapkanmodelpembelajaranCooperativeScript.PenelitianinibertujuanmendiskripsikanprosespembelajarankooperatifmodelcooperativescriptyangdapatmeningkatkanaktifitasdanhasilbelajarpokokbahasanTeoremaPythagoraspadasiswakelasVIIISMPNegeri1Malang.12288122881228812288JenispenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIIIHSMPNegeri1Malang.Penelitiandilakukanpadatanggal27November2013sampai7Desember2013.PokokbahasandalampenelitianiniadalahTeoremaPythagoras.Analisisdatadiperolehdaridatanilaisiswapadaujiansebelumnyahasilvalidasihasilobservasidannilaiteshasilbelajarsiswa.12288122881228812288DatatemuanpenelitianmenunjukkanbahwapadasiklusIpersentasekeberhasilanaktivitasbelajarsiswasebesar85%dansudahmemenuhikriteriakeberhasilanyangdiharapkanyaitu70%.SedangkanpersentaseketuntasanbelajarsiswapadasiklusIsebesar7333%dansudahmemenuhikriteriaketuntasanbelajaryangdiharapkanyaitu70%.PadasiklusIIpersentaseaktivitasbelajarsiswasebesar100%sedangkanpersentaseketuntasanbelajarsiswasebesar90%sehinggapembelajarandenganmodelpembelajarancooperativescriptdikatakandapatmeningkatkanaktifitasdanhasilbelajarsiswa.Padapenelitianinilangkah-langkahCooperativeScriptyangdapatmeningkatkanaktifitasdanhasilbelajarsiswayaitu(a)Moodpenelitimembagisiswaberkelompoksecaraberpasangandanmembuatkesepakatansiapayangpertamakalimenjadipembicaraawaldanpendengar(b)UnderstandsiswamengerjakanLKSTeoremaPythagorasdarigurusecaraindividu(c)RecallsiswayangberperansebagaipembicaramenjelaskansalahsatuhasilpekerjaannyadariLKSTeoremaPythagoraskepadapasangannya(d)Detectsiswayangberperansebagaipendengarmendengarkanmenyimakmengoreksidanmemberikansaranterhadappenjelasanpembicara(e)ElaboratekegiatansiswabertukarperanpembicaraawalmenjadipendengarsedangkanpendengarmenjadipembicaradanpembicaramenjelaskanhasilpekerjaannyaatauLKSTeoremaPythagorasyangbelumdidiskusikandenganpasangannya(f)ReviewsalahsatukelompokmempresentasikandanmendiskusikankeduaLKSTeoremaPythagorasyangsudahdikerjakan.