Penerapan metode penemuan terbimbing (guided discovery) untuk meningkatkan kemampuan penyelidikan pada materi teorema Pythagoras bagi siswa kelas VIII-C SMPN 1 Malang / Intan Maskurin

Main Author: Maskurin, Intan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15868/
Daftar Isi:
  • MaskurinIntan.2014.PenerapanMetodePenemuanTerbimbing(GuidedDiscovery)untukMeningkatkanKemampuanPenyelidikanpadaTeoremaPythagorasBagiSiswaKelasVIII-CSMPN1Malang.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.AskuryS.Pd.KataKuncipenemuanterbimbingkemampuanpenyelidikan12288122881228812288BerdasarkanobservasipendahuluansertawawancarakepadagurupengajarmatematikakelasVIII-CdiSMPN1Malangdiketahuibahwadalamprosespembelajaranjarangditerapkanmetodeyangbervariasi.Metodeceramahmasihmenjadipilihanutamabeliaudalampelaksanaankegiatanpembelajaranmatematikadidalamkelasyangmengakibatkansiswapasif.Selainitumasalahutamayangditemukanyaitukemampuanpenyelidikansiswamasihkurang.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanmetodepembelajaranyangdapatmeningkatkankemampuanpenyelidikansiswa.Metodepembelajaranyangditerapkandalampenelitianiniadalahpenemuanterbimbing.12288122881228812288Penelitianinidimaksudkanmendeskripsikantentanglangkah-langkahpembelajaranmetodepenemuanterbimbingyangdapatmeningkatkankemampuanpenyelidikanpadateoremaPythagorasbagisiswakelasVIII-CSMPN1Malang.Aktivitaspenemuansiswadilakukandengandiskusikelompokagarsiswadapatsalingbertukarpikirandalamprosesmelakukanpenyelidikanuntukmenemukanhalbaru.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangberjalandalamduasiklus.Datayangdikumpulkandalampenelitianinimeliputi1)hasilobservasiselamaprosespembelajaranyangberpedomanpadalembarobservasiaktivitasgurudansiswa2)hasilcatatanlapangan3)hasiltesakhirsiklusdan4)hasilangketsiswa.12288122881228812288Datapenelitianmenunjukkanbahwakemampuanpenyelidikansiswamengalamipeningkatan.HalinidapatdilihatdaripeningkatanpersentasesiswayanglulusSKBM(StandarKetuntasanBelajarMinimal)yangditetapkansekolahpadasiklusIdansiklusIIberturut-turutyaitu7667%dan8667%siswakelasVIII-Cmemperolehnilailebihdariatausamadengan80.Berdasarkanpenelitiantersebutlangkah-langkahpenerapanmetodepenemuanterbimbingyaitu(1)pemberianmasalahgurumembagikanLKSyangberisimasalahyangharusdipahamiolehsiswa(2)latihanpengembangansiswabersamakelompoknyaberdiskusiuntukmengumpulkandatadarimasalahyangdisediakandanmengumpulkaninformasiyangdiperlukanuntukmenyelesaikanmasalahtersebutdenganbimbinganguru(3)penyusunandatasiswabersamakelompoknyaberdiskusiuntukmenyusuninformasiyangtelahdikumpulkandandigunakanuntukmenyelesaikanmasalahpadaLKSdenganbimbinganguru(4)penambahandatasiswadiberikandatatambahanbiladiperlukanuntukdiolahdengandatasebelumnyaagarmemperolehinformasibaru(5)membuatprediksisiswamembuatprediksijawabanberdasarkanhasildiskusikelompok(6)pemeriksaanhasilsiswamelakukanpresentasiuntukmemeriksahasildiskusimerekadengantemansekelasyangkemudiankebenaranprediksiitudikonfirmasiolehguru(7)pengorganisasiankembalisiswamemberikankesimpulandariapayangtelahdipelajarikemudiandilanjutkandenganlatihansoal.