Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) matematika dengan pendekatan saitifik pada pokok bahasan garis singgung lingkaran untuk SMP kelas VIII / Dwi Hidayanti
Main Author: | Hidayanti, Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15863/ |
Daftar Isi:
- HidayantiDwi.2014.PengembanganLembarKegiatanSiswa(LKS)MatematikadenganPendekatanSaintifikpadaPokokBahasanGarisSinggungLingkaranuntukSMPKelasVIII.SkripsiJurusanPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.TriHapsariUtamiM.Pd.KataKunciLembarKegiatanSiswa(LKS)GarisSinggungLingkaranPendekatanSaintifik1228812288122881228812288LembarKegiatanSiswa(LKS)merupakansalahsatubahanajaryangdigunakanolehgurudalampembelajarandikelas.LembarKegiatanSiswa(LKS)dapatmembantumengaktifkanpesertadidikdalampembelajaran.NamunLembarKegiatanSiswa(LKS)yangbiasadigunakandalampembelajarankebanyakanadalahdenganjenisLembarKegiatanSiswa(LKS)yangberfungsisebagaipenuntunbelajardanpenguatanyangberisiringkasanmateridansoallatihan.DengandemikianLembarKegiatanSiswa(LKS)tersebutdidugabelumbisamemfasilitasisiswauntukmembangunpemahamannyasecaramandiri.SelainituberdasarkanhasilwawancaradengandelapansiswakelasIXSMPN2Malanghanyasatusiswayangtidakmengalamikesulitantentangmaterigarissinggunglingkaran.Kebanyakansiswayangmengalamikesulitankarenamerekaluparumusmenentukanpanjangsegmengarissinggunglingkaransehinggadidugamerekahanyamenghafalrumusnyadankurangmemahamikonsepnya.1228812288122881228812288BerdasarkanuraiandiatastujuanpenelitiadalahinginmengembangkanLembarKegiatanSiswa(LKS)denganpendekatansaintifikpadamaterigarissinggunglingkaran.LembarKegiatanSiswa(LKS)denganpendekatansaintifikinimemfasilitasisiswauntukbelajarsecaralangsungdalammendapatkanpengetahuandanketerampilanpadamaterigarissinggunglingkaranmelaluikegiatanmengamatimenanyamengumpulkaninformasimengolahinformasidanmengkomunikasikan.Sehinggadengandemikiandiharapkansiswabisamembangunpemahamannyatentangkonsepgarissinggunglingkaransecaramandiri.1228812288122881228812288ModelpengembanganyangdigunakandalampenggembanganLembarKegiatanSiswa(LKS)iniadalahmodelpengembanganThiagarajanS.SemmelD.S.andSemmelM.I.(1974)yangterkenaldenganistilahmodel4D.Modelpengembangan4Diniterdiridariempattahapanyaitutahappendefinisian(define)tahapperancangan(design)tahappengembangan(develop)dantahappenyebaran(disseminate).Namunpengembangmemodifikasimodeltersebutmenjadi3Dsehinggatahappenyebaran(disseminate)tidakdilakukanolehpengembangkarenaketerbatasantenagadanbiaya.1228812288122881228812288BerdasarkanhasilujikevalidandanujikepraktisanyangdiuraikanpadaBabIVdiperolehhasilyaitu(1)skorkevalidansebesar354dengankriteriakevalidanvalid(2)skorkepraktisansebesar326dengankriteriakepraktisantinggi.JadisecarakeseluruhanLembarKegiatanSiswa(LKS)yangdikembangkandinyatakanvaliddanpraktis.WalaupundemikianuntukkesempurnaanLembarKegiatanSiswa(LKS)yangdihasilkanpengembangtetapmelakukanrevisiberdasarkansarandankomentaryangdiberikanolehparavalidatordansubyekujicobalapangan.