Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) matematika dengan pendekatan saitifik pada pokok bahasan garis singgung lingkaran untuk SMP kelas VIII / Dwi Hidayanti

Main Author: Hidayanti, Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15863/
Daftar Isi:
  • HidayantiDwi.2014.PengembanganLembarKegiatanSiswa(LKS)MatematikadenganPendekatanSaintifikpadaPokokBahasanGarisSinggungLingkaranuntukSMPKelasVIII.SkripsiJurusanPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.TriHapsariUtamiM.Pd.KataKunciLembarKegiatanSiswa(LKS)GarisSinggungLingkaranPendekatanSaintifik1228812288122881228812288LembarKegiatanSiswa(LKS)merupakansalahsatubahanajaryangdigunakanolehgurudalampembelajarandikelas.LembarKegiatanSiswa(LKS)dapatmembantumengaktifkanpesertadidikdalampembelajaran.NamunLembarKegiatanSiswa(LKS)yangbiasadigunakandalampembelajarankebanyakanadalahdenganjenisLembarKegiatanSiswa(LKS)yangberfungsisebagaipenuntunbelajardanpenguatanyangberisiringkasanmateridansoallatihan.DengandemikianLembarKegiatanSiswa(LKS)tersebutdidugabelumbisamemfasilitasisiswauntukmembangunpemahamannyasecaramandiri.SelainituberdasarkanhasilwawancaradengandelapansiswakelasIXSMPN2Malanghanyasatusiswayangtidakmengalamikesulitantentangmaterigarissinggunglingkaran.Kebanyakansiswayangmengalamikesulitankarenamerekaluparumusmenentukanpanjangsegmengarissinggunglingkaransehinggadidugamerekahanyamenghafalrumusnyadankurangmemahamikonsepnya.1228812288122881228812288BerdasarkanuraiandiatastujuanpenelitiadalahinginmengembangkanLembarKegiatanSiswa(LKS)denganpendekatansaintifikpadamaterigarissinggunglingkaran.LembarKegiatanSiswa(LKS)denganpendekatansaintifikinimemfasilitasisiswauntukbelajarsecaralangsungdalammendapatkanpengetahuandanketerampilanpadamaterigarissinggunglingkaranmelaluikegiatanmengamatimenanyamengumpulkaninformasimengolahinformasidanmengkomunikasikan.Sehinggadengandemikiandiharapkansiswabisamembangunpemahamannyatentangkonsepgarissinggunglingkaransecaramandiri.1228812288122881228812288ModelpengembanganyangdigunakandalampenggembanganLembarKegiatanSiswa(LKS)iniadalahmodelpengembanganThiagarajanS.SemmelD.S.andSemmelM.I.(1974)yangterkenaldenganistilahmodel4D.Modelpengembangan4Diniterdiridariempattahapanyaitutahappendefinisian(define)tahapperancangan(design)tahappengembangan(develop)dantahappenyebaran(disseminate).Namunpengembangmemodifikasimodeltersebutmenjadi3Dsehinggatahappenyebaran(disseminate)tidakdilakukanolehpengembangkarenaketerbatasantenagadanbiaya.1228812288122881228812288BerdasarkanhasilujikevalidandanujikepraktisanyangdiuraikanpadaBabIVdiperolehhasilyaitu(1)skorkevalidansebesar354dengankriteriakevalidanvalid(2)skorkepraktisansebesar326dengankriteriakepraktisantinggi.JadisecarakeseluruhanLembarKegiatanSiswa(LKS)yangdikembangkandinyatakanvaliddanpraktis.WalaupundemikianuntukkesempurnaanLembarKegiatanSiswa(LKS)yangdihasilkanpengembangtetapmelakukanrevisiberdasarkansarandankomentaryangdiberikanolehparavalidatordansubyekujicobalapangan.