Pengembangan media pembelajaran manipulatif imajinatif pada materi pecahan bentuk aljabar kelas VIII SMP / Eka Ratna Anjanuarti Latifah
Main Author: | Latifah, Eka Ratna Anjanuarti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15861/ |
Daftar Isi:
- LatifahEkaRatnaAnjanuarti.2014.PengembanganMediaPembelajaranManipulatifImajinatifpadaMateriPecahanBentukAljabarKelasVIIISMP.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingIndriatiNurulHidayahS.PdM.Si.KataKuncimediapembelajaranPetualanganIchimanipulatifimajinatifpemahamankonseppecahanbentukaljabar122881228812288Dalamprosespembelajaranmendapatkanpengalamanlangsungketikamempelajarimateriakanmembantusiswauntukmemahamimateritersebut.Khususnyauntukmempelajarimateriyangbersifatabstraksepertipecahanbentukaljabar.Siswadapatmemperolehpengalamanlangsungmelaluipenggunaanmediapembelajaranpadaprosespembelajaran.Salahsatumediapembelajaranyangdapatdikembangkanuntukmembantusiswamemilikipengalamanlangsungdalamprosespembelajaranadalahbendamanipulatif.DalampenelitianpengembanganinibendamanipulatifyangdikembangkanberupapermainanyangdiberinamaPetualanganIchi.Permainaninidikembangkandengannaskahceritaimajinatifagarmembantusiswaberpikirsecaraabstrakdenganbendakonkret.122881228812288PermainanPetualanganIchidikembangkanuntukpemahamankonsepsiswapadamateripecahanbentukaljabar.Berdasarkankriteriapemahamankonsepmediapembelajaraninidiharapkandapatmembantusiswauntukmenuliskandefinisipecahanbentukaljabardengankatakatamerekasendirimemberikancontohdannoncontohpecahanbentukaljabardanmembandingkanpersamaansertaperbedaankeduanya.Pecahanbentukaljabardidefinisikansebagaipecahanyangmemilikipembilangdanpenyebutbentukaljabar.122881228812288PengembanganmediapembelajarandalampenelitianpengembanganinimenggunakanmetodepengembanganADDIEdengantahapanpengembanganAnalysis(analisis)Design(perencanaan)Development(pengembangan)Implementation(implementasi)danEvaluation(evaluasi).PadatahapananalisisdilakukananalisispermasalahanbesertasolusidilapanganberdasarkanPraktikPengalamanLapangan(PPL)penulisdiSMPNegeri20Malang.Padatahapanperencanaandilakukanperencanaandesainprodukperencanaankomponenprodukdanperencanaanpetunjukpenggunaanproduk.Daritahapanperencanaandiperolehprototypeprodukyangdirealisasikanmenjadiprodukpadatahapanpengembangan.Setelahitupadatahapanimplementasidilakukan2ujicobayakniujivaliditasdanujiefektifitas.Selainitupadatahapaninijugadilakukanpengisianangketolehsasaranpenggunaprodukmelaluiangketresponsiswa.Berdasarkanhasilpadatahapanimplementasidilakukantahapanevaluasiproduk.122881228812288SetelahmelakukansemuatahapanpengembangandihasilkanprodukberupamediapembelajaranpermainanPetualanganIchiuntukpemahamankonsepmateripecahanbentukaljabaryangmemenuhikriteriakevalidanvaliddankriteriakeefektifansangatefektif.JadidapatdisimpulkanbahwamediapembelajaranmanipulatifimajinatifberupapermainanPetualanganIchidapatdigunakansebagaialternatifsolusidalamprosespembelajaranuntukpemahamankonsepmateripecahanbentukaljabar.