Penerapan model Student Team Achievement Division (STAD) dengan strategi REACT untuk meningkatkan pemahaman teorema Pythagoras siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Malang / Fimmatur Rizka Ardina

Main Author: Ardina, Fimmatur Rizka
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15859/
Daftar Isi:
  • ArdinaFimmaturRizka.2014.PenerapanModelStudentTeamAchievementDivison(STAD)denganStrategiREACTuntukMeningkatkanPemahamanTeoremaPythagorasSiswaKelasVIIICSMPMuhammadiyah1Malang.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.SukoriyantoM.Si.KataKunciREACTSTADPemahamanSiswaTeoremaPythagorasBerdasarkanobservasidanwawancaraawalyangdilakukandiSMPMuhammadiyah1Malangdiketahuibahwasebagianbesarprosespembelajaranmasihmenggunakanmetodeceramah.Halinimembuatsiswacenderungpasifdidalamkelas.Untukmengatasihaltersebutdiperlukanmetodebelajaryangdapatmeningkatkanpemahamansiswa.PembelajaranyangakanditerapkandalampenelitianiniadalahmodelStudentTeamAchievementDivison(STAD)denganstrategiREACT(RelatingExperiencingApplyingCooperatingTransferring).Penelitianinimendiskripsikanlangkah-langkahpembelajarandenganmenerapkanmodelStudentTeamAchievementDivison(STAD)denganstrategiREACT(RelatingExperiencingApplyingCooperatingTransferring)yangdapatmeningkatkanpemahamanTeoremaPythagorassiswakelasVIIICSMPMuhammdiyah1Malang.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangberlangsungdalam2siklus.Datayangdikumpulkandalampenelitianinimeliputi1)hasilobservasiselamaprosespembelajaranyangberpedomanpadalembarobservasi2)hasilcatatanlapangan3)hasiltessiklus.12288122881228812288Datapenelitianmenunjukkanbahwahasilnilaitessiswamengalamipeningkatan.HalinidapatdilihatdaripeningkatanpersentasesiswayanglulusSKBM(StandarKetuntasanBelajarMinimal)yangditetapkansekolahyaitupadasiklusIsebesar80%danpadasiklusIIsebesar88%siswakelasVIIICmemperolehnilailebihdariatausamadengan75.BerdasarkanhasilrefleksisiklusIpenelitimemutuskanuntukmelanjutkanpenelitiansiklusIIsebagaisiklusperbaikan.PenelitiansiklusIItelahmemenuhikriteriakeberhasilankarenarata-ratahasilobservasiaktivitassiswatelahmemperolehpersentase87%dandatahasiltestulismenunjukkanpeningkatansehinggapersentasemenjadi88%siswakelasVIIICmemperolehnilailebihdariatausamadengan75.12288122881228812288Berdasarkanpenelitiantersebutlangkah-langkahpenerapanstrategiREACTdengansettingStudentTeamAchievementDivison(STAD)yaitu1)penyajiankelasgurume-reviewmateriyangtelahdipelajaridanmenghubungkan(relating)denganmateriyangakandipelajaridenganmenggunakanpermasalahandalamkehidupansehari-hari2)diskusikelassecaraberkelompok(cooperating)siswamelakukankegiatanyangadadalamLKS(experiencing)danmengaplikasikanhasiltemuanuntukmenyelesaikanpermasalahan(applying)3)kuissiswamenggunakanilmuyangtelahdidapatuntukmenyelesaikanmasalahterkaitmateri(transferring)4)skorkemajuanindividualskoriniakandijumlahkandengananggotakelompoklaindalamsatukelompok5)pemberianrewardgurumemberikanrewarduntukkelompokyangmemperolehjumlahskorkemajuanindividualterbanyak.