Penerapan model Student Team Achievement Division (STAD) dengan strategi REACT untuk meningkatkan pemahaman teorema Pythagoras siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Malang / Fimmatur Rizka Ardina
Main Author: | Ardina, Fimmatur Rizka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15859/ |
Daftar Isi:
- ArdinaFimmaturRizka.2014.PenerapanModelStudentTeamAchievementDivison(STAD)denganStrategiREACTuntukMeningkatkanPemahamanTeoremaPythagorasSiswaKelasVIIICSMPMuhammadiyah1Malang.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.SukoriyantoM.Si.KataKunciREACTSTADPemahamanSiswaTeoremaPythagorasBerdasarkanobservasidanwawancaraawalyangdilakukandiSMPMuhammadiyah1Malangdiketahuibahwasebagianbesarprosespembelajaranmasihmenggunakanmetodeceramah.Halinimembuatsiswacenderungpasifdidalamkelas.Untukmengatasihaltersebutdiperlukanmetodebelajaryangdapatmeningkatkanpemahamansiswa.PembelajaranyangakanditerapkandalampenelitianiniadalahmodelStudentTeamAchievementDivison(STAD)denganstrategiREACT(RelatingExperiencingApplyingCooperatingTransferring).Penelitianinimendiskripsikanlangkah-langkahpembelajarandenganmenerapkanmodelStudentTeamAchievementDivison(STAD)denganstrategiREACT(RelatingExperiencingApplyingCooperatingTransferring)yangdapatmeningkatkanpemahamanTeoremaPythagorassiswakelasVIIICSMPMuhammdiyah1Malang.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangberlangsungdalam2siklus.Datayangdikumpulkandalampenelitianinimeliputi1)hasilobservasiselamaprosespembelajaranyangberpedomanpadalembarobservasi2)hasilcatatanlapangan3)hasiltessiklus.12288122881228812288Datapenelitianmenunjukkanbahwahasilnilaitessiswamengalamipeningkatan.HalinidapatdilihatdaripeningkatanpersentasesiswayanglulusSKBM(StandarKetuntasanBelajarMinimal)yangditetapkansekolahyaitupadasiklusIsebesar80%danpadasiklusIIsebesar88%siswakelasVIIICmemperolehnilailebihdariatausamadengan75.BerdasarkanhasilrefleksisiklusIpenelitimemutuskanuntukmelanjutkanpenelitiansiklusIIsebagaisiklusperbaikan.PenelitiansiklusIItelahmemenuhikriteriakeberhasilankarenarata-ratahasilobservasiaktivitassiswatelahmemperolehpersentase87%dandatahasiltestulismenunjukkanpeningkatansehinggapersentasemenjadi88%siswakelasVIIICmemperolehnilailebihdariatausamadengan75.12288122881228812288Berdasarkanpenelitiantersebutlangkah-langkahpenerapanstrategiREACTdengansettingStudentTeamAchievementDivison(STAD)yaitu1)penyajiankelasgurume-reviewmateriyangtelahdipelajaridanmenghubungkan(relating)denganmateriyangakandipelajaridenganmenggunakanpermasalahandalamkehidupansehari-hari2)diskusikelassecaraberkelompok(cooperating)siswamelakukankegiatanyangadadalamLKS(experiencing)danmengaplikasikanhasiltemuanuntukmenyelesaikanpermasalahan(applying)3)kuissiswamenggunakanilmuyangtelahdidapatuntukmenyelesaikanmasalahterkaitmateri(transferring)4)skorkemajuanindividualskoriniakandijumlahkandengananggotakelompoklaindalamsatukelompok5)pemberianrewardgurumemberikanrewarduntukkelompokyangmemperolehjumlahskorkemajuanindividualterbanyak.