Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-B SMP BSS Malang pada materi aritmatika sosial / Muji Sunarti

Main Author: Sunarti, Muji
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15858/
Daftar Isi:
  • SunartiMuji.2014.PenerapanProblemBasedLearning(PBL)untukMeningkatanHasilBelajarSiswaKelasVII-BSMPBSSMalangPadaMateriAritmatikaSosial.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.CholisSadijahM.PdM.A.KataKunciproblembasedlearninghasilbelajar.HasilbelajarsiswakelasVII-BSMPBSSMalangbelummemenuhistandarketuntasanyangditetapkan.Haltersebutditunjukkanolehhasilulanganmatematikadenganpersentaseketuntasansecaraklasikalsebesar.Berdasarkanhasiltersebutpembelajarandikatakanbelumberhasilkarenabelummencapaikriteriaketuntasansecaraklasikalminimalyaitu.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanmetodepembelajaranyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadandapatmengukursikapsiswadalampembelajaran.PembelajaranyangditerapkandalampenelitianiniadalahpembelajarandenganpendekatanProblemBasedLearning(PBL).Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikantentanglangkah-langkahpembelajarandenganpendekatanProblemBasedLearning(PBL)yangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVII-BSMPBSSMalangpadamateriaritmatikasosial.12288122881228812288PenelitianinimenggunakandesainPenelitianTindakanKelas(PTK).Datapenelitianyangdikumpulkandalampenelitianinimeliputi1)hasilobservasiaktivitasgurudansiswaselamaprosespembelajaranyangberpedomanpadalembarobservasi2)hasilpengamatannilairata-ratasikapsiswaselamaprosespembelajarandan3)hasiltesakhirsiklus.Berdasarkanpenelitiantersebutlangkah-langkahpenerapanpendekatanProblemBasedLearning(PBL)yaitu(1)orientasisiswapadamasalah(2)mengorganisasisiswa(3)membimbingpenyelidikanindividualdankelompok(4)menyajikandanmengembangkanhasilkaryadan(5)menganalisisdanmengevaluasiprosespemecahanmasalah.Datapenelitianmenunjukkanhasilbelajarsiswamengalamipeningkatan.HasilpenelitianpadasiklusImenunjukkankategoriaktivitasguruBaikkategoriaktivitassiswaBaiksertakategorinilairata-ratasikapsiswaCukupdanpersentaseketuntasantesakhirsiklussecaraklasikaladalahsedangkanpadasiklusIIkategoriaktivitasguruSangatBaikdankategoriaktivitassiswaSangatBaiksertakategorinilairata-ratasikapsiswaBaikdanpersentaseketuntasantesakhirsiklusadalah