Pembelajaran kooperatif think pair share menggunakan media kertas manila untuk memahamkan konsep kubus dan balok siswa kelas VIII-G SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Ayu Ismi Hanifah

Main Author: Hanifah, Ayu Ismi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15855/
Daftar Isi:
  • HanifahAyuIsmi.2014.PenerapanKooperatifThinkPairShareMenggunakanMediaKertasManilaUntukMemahamkanKonsepKubusdanBalokSiswaKelasVIII-GSMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalang.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)IndriatiNurulHidayahS.PdM.Si.KataKuncikooperatifThinkPairSharemediamemahamkanBerdasarkanobservasiawaldiketahuibahwasiswakelasVIII-GSMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangmasihmengalamikesulitandalammemahamikonsepkubusdanbalok.Faktanyadarihasiltesmasihbanyaksiswayangbelummemahamimacam-macambentukjaring-jaringkubusdanbalok.Selainitudariobservasidikelasmenunjukkanbahwasiswaterlihatmerasabosandantidakmemperhatikanguru.SalahsatucarayangdigunakanuntukmemahamkankonsepsuatumateriyaitudenganmenerapkanpembelajarankooperatifThinkPairShare.PembelajarankooperatifThinkPairSharemerupakansuatupembelajarankooperatifmelaluitigatahapyaituthink(berpikir)pair(berpasangan)danshare(berbagi).SelainitudenganmengkombinasikanpembelajarankooperatifThinkPairSharemenggunakanmediadapatmembantumempermudahdalammemahamkansuatukonsep.12288122881228812288Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatifThinkPairSharemenggunakanmediakertasmanilauntukmemahamkankonsepkubusdanbaloksiswakelasVIII-GSMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalang.Dalampenelitianinisiswadapatdikatakanmemahamikonsepkubusdanbalokapabilamemenuhikriteria(1)menyatakanulangsebuahkonsep(2)memberikancontohdannoncontohdan(3)mengaplikasikanalgoritmauntukpemecahanmasalah.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangdilakukandiSMPLaboratoriumUMdansubjekpenelitiannyaadalahsiswakelasVIII-Gsemestergenaptahunajaran2013/2014.Datayangdikumpulkandalampenelitianinimeliputihasilobservasiaktivitasgurudansiswaselamaprosespembelajaranyangberpedomanpadalembarobservasihasilcatatanlapangandanhasiltesakhirsiklus.12288122881228812288DatapenelitianinimenunjukkanbahwapembelajarankooperatifThinkPairSharemenggunakanmediakertasmaniladapatmeningkatkanpemahamankonsepsiswa.Dalampenelitianinipemahamankonsepsiswadilihatdarihasiltesakhirsiklus.Dapatdiketahuibahwapemahamankonsepsiswameningkat.HaliniditunjukkandenganmeningkatnyatesakhirpadasiklusIkesiklusIIdimanapersentasehasiltessiklusImencapai7619%dansiklusIImencapai100%.Hasilinimenunjukkanbahwaterjadipeningkatansebesar2381%.12288122881228812288SelainituhasilobservasiaktivitassiswadangurudarisiklusIkesiklusIImeningkat.HasilobservasiaktivitassiswapadasiklusIadalah303dengankriteriasangatbaikdanpadasiklusIIadalah343dengankriteriasangatbaik.SedangkanaktivitasgurupadasiklusIadalah331dengankriteriasangatbaikdanpadasiklusIIadalah346dengankriteriasangatbaik.