Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis problem solving untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang / Tiwi Nur Masita
Main Author: | Masita. Tiwi Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15852/ |
Daftar Isi:
- MasitaTiwiNur.2014.PenerapanPembelajaranKooperatifTipeSTADBerbasisProblemSolvingUntukMeningkatkanMotivasidanKemampuanMemecahkanMasalahSiswaKelasVIIISMPNegeri8Malang.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingProf.Dr.IpungYuwonoM.SM.ScKataKunciproblemsolvingSTADmotivasikemampuanmemecahkanmasalahPenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpembelajarankooperatiftipeSTADberbasisproblemsolvingyangdapatmeningkatkanmotivasidankemampuanmemecahkanmasalahsiswakelasVIIISMPNegeri8Malang.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganpenelitiantindakankelas.Penelitianinidianggapberhasilapabilamemenuhiindikatorkeberhasilanyangditunjukkansebagaiberikut.1)Minimallembarobservasimotivasisiswamenunjukkansiswadalamkategoritermotivasi.2)Minimal75%siswamemperolehnilailebihatausamadengan80.PembelajarankooperatiftipeSTADberbasisproblemsolvingadalahsuatupembelajarandalammemecahkanmasalahsesuaidengantahapanproblemsolvingyangdisetingsecarakooperatiftipeSTAD.SiswasecaraberkelompokakanmemecahkanmasalahdalamLembarKerjaSiswa(LKS)permasalahandiLKSdiselesaikanmenggunakantahapanproblemsolvingyaitumemahamimasalahpenyusunanrencanapelaksanaanrencanadanevaluasi.Gurumengevaluasisiswasecaraindividudanmemberikanrekognisikepadakelompokdenganskortertinggi.Skorkelompokdiperolehdarihasilevaluasisecaraindividu.Datapenelitianmenunjukkanbahwamotivasidankemampuanmemecahkanmasalahsiswamengalamipeningkatan.Motivasisiswadiukurmenggunakanlembarobservasimotivasi.HasilobservasimotivasisiswadalamkegiatanpembelajaranmelaluipembelajarankooperatiftipeSTADberbasisproblemsolvingmenunjukkansiswadalamkategorisangattermotivasidanmengalamipeningkatansebesar6.22%.Kemampuanmemecahkanmasalahsiswadiukurdenganmenggunakantessetiapakhirsiklus.Persentaseketuntasanbelajarsiswamengalamipeningkatansebesar4691%.Data-datayangdiperolehdarihasilpenelitiandianalisissecarakualitatifdankuantitatif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwasecaraumumpembelajarankooperatiftipeSTADberbasisproblemsolvingdapatmeningkatkanmotivasidankemampuanmemecahkanmasalahsiswakelasVIII-BSMPNegeri8Malang.Kendalayangmasihdihadapiadalahpengelolaanwaktuyangkurangbaikdankurangnyakemampuansiswadalammenarikkesimpulan.DengandemikiandisarankanbagigurumatapelajaranmetematikayanginginmenggunakanpembelajarankooperatiftipeSTADberbasisproblemsolvinginiuntuklebihtelitidalampembagianwaktudanmemperhatikanpekerjaansiswadalampenarikankesimpulan.