Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis problem solving untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang / Tiwi Nur Masita

Main Author: Masita. Tiwi Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15852/
Daftar Isi:
  • MasitaTiwiNur.2014.PenerapanPembelajaranKooperatifTipeSTADBerbasisProblemSolvingUntukMeningkatkanMotivasidanKemampuanMemecahkanMasalahSiswaKelasVIIISMPNegeri8Malang.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingProf.Dr.IpungYuwonoM.SM.ScKataKunciproblemsolvingSTADmotivasikemampuanmemecahkanmasalahPenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpembelajarankooperatiftipeSTADberbasisproblemsolvingyangdapatmeningkatkanmotivasidankemampuanmemecahkanmasalahsiswakelasVIIISMPNegeri8Malang.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganpenelitiantindakankelas.Penelitianinidianggapberhasilapabilamemenuhiindikatorkeberhasilanyangditunjukkansebagaiberikut.1)Minimallembarobservasimotivasisiswamenunjukkansiswadalamkategoritermotivasi.2)Minimal75%siswamemperolehnilailebihatausamadengan80.PembelajarankooperatiftipeSTADberbasisproblemsolvingadalahsuatupembelajarandalammemecahkanmasalahsesuaidengantahapanproblemsolvingyangdisetingsecarakooperatiftipeSTAD.SiswasecaraberkelompokakanmemecahkanmasalahdalamLembarKerjaSiswa(LKS)permasalahandiLKSdiselesaikanmenggunakantahapanproblemsolvingyaitumemahamimasalahpenyusunanrencanapelaksanaanrencanadanevaluasi.Gurumengevaluasisiswasecaraindividudanmemberikanrekognisikepadakelompokdenganskortertinggi.Skorkelompokdiperolehdarihasilevaluasisecaraindividu.Datapenelitianmenunjukkanbahwamotivasidankemampuanmemecahkanmasalahsiswamengalamipeningkatan.Motivasisiswadiukurmenggunakanlembarobservasimotivasi.HasilobservasimotivasisiswadalamkegiatanpembelajaranmelaluipembelajarankooperatiftipeSTADberbasisproblemsolvingmenunjukkansiswadalamkategorisangattermotivasidanmengalamipeningkatansebesar6.22%.Kemampuanmemecahkanmasalahsiswadiukurdenganmenggunakantessetiapakhirsiklus.Persentaseketuntasanbelajarsiswamengalamipeningkatansebesar4691%.Data-datayangdiperolehdarihasilpenelitiandianalisissecarakualitatifdankuantitatif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwasecaraumumpembelajarankooperatiftipeSTADberbasisproblemsolvingdapatmeningkatkanmotivasidankemampuanmemecahkanmasalahsiswakelasVIII-BSMPNegeri8Malang.Kendalayangmasihdihadapiadalahpengelolaanwaktuyangkurangbaikdankurangnyakemampuansiswadalammenarikkesimpulan.DengandemikiandisarankanbagigurumatapelajaranmetematikayanginginmenggunakanpembelajarankooperatiftipeSTADberbasisproblemsolvinginiuntuklebihtelitidalampembagianwaktudanmemperhatikanpekerjaansiswadalampenarikankesimpulan.