Pembelajaran strategi polya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada soal cerita matematika materi volume kubus dan balok kelas VIII H SMPN 20 Malang / Masrurotul Ainyah Haz
Main Author: | Haz, Masrurotul Ainyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15851/ |
Daftar Isi:
- HazMasrurotulAinyah.2014.PembelajaranStrategiPolyauntukMeningkatkanKemampuanSiswadalamMemecahkanMasalahpadaSoalCeritaMatematikaMateriVolumeKubusdanBalokKelasVIIIHSMPN20Malang.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SisworoM.Si.KataKunciStrategiPolyameningkatkankemampuanmemecahkanmasalahsoalceritaBerdasarkanobservasiawaldiketahuibahwasiswakelasVIIIHSMPN20Malangmasihmengalamikesulitandalammemecahkanmasalahpadasoalcerita.Haliniditunjukkandengankemampuanawalsiswadalammenyelesaikansoalceritamasihrendah.KetuntasanklasikalkelasVIIIHhanyamencapai1667%.Halinidiakibatkansiswatidakterbiasadalammenyelesaikansoalcerita.SalahsatucarayangdapatdigunakanuntukmelatihsiswadalammenyelesaikansoalceritaadalahdenganmengunakanstrategiPolya.StrategiPolyamerupakansalahsatucarapemecahanmasalahyangdikembangkanolehPolya.Polyamendaftarempattahapandalammemecahkanmasalahyaitumemahamimasalahmenyusunrencanamelaksanakanrencanadanmemeriksakembali.12288122881228812288Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajaranstrategiPolyayangdapatmeningkatkankemampuansiswadalammemecahkanmasalahpadasoalceritamatematikamaterivolumekubusdanbalokkelasVIIIHSMPN20Malang.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangdilakukandiSMPN20MalangdansubyekpenelitiannyaadalahsiswakelasVIIIHsemestergenaptahunajaran2013/2014.Datayangdikumpulkandalampenelitianinimeliputi1)hasilobservasiselamaprosespembelajaranyangberpedomanpadalembarobservasi2)hasilcatatanlapangandan3)hasiltesakhirsiklus.