Pembelajaran strategi polya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada soal cerita matematika materi volume kubus dan balok kelas VIII H SMPN 20 Malang / Masrurotul Ainyah Haz

Main Author: Haz, Masrurotul Ainyah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15851/
Daftar Isi:
  • HazMasrurotulAinyah.2014.PembelajaranStrategiPolyauntukMeningkatkanKemampuanSiswadalamMemecahkanMasalahpadaSoalCeritaMatematikaMateriVolumeKubusdanBalokKelasVIIIHSMPN20Malang.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SisworoM.Si.KataKunciStrategiPolyameningkatkankemampuanmemecahkanmasalahsoalceritaBerdasarkanobservasiawaldiketahuibahwasiswakelasVIIIHSMPN20Malangmasihmengalamikesulitandalammemecahkanmasalahpadasoalcerita.Haliniditunjukkandengankemampuanawalsiswadalammenyelesaikansoalceritamasihrendah.KetuntasanklasikalkelasVIIIHhanyamencapai1667%.Halinidiakibatkansiswatidakterbiasadalammenyelesaikansoalcerita.SalahsatucarayangdapatdigunakanuntukmelatihsiswadalammenyelesaikansoalceritaadalahdenganmengunakanstrategiPolya.StrategiPolyamerupakansalahsatucarapemecahanmasalahyangdikembangkanolehPolya.Polyamendaftarempattahapandalammemecahkanmasalahyaitumemahamimasalahmenyusunrencanamelaksanakanrencanadanmemeriksakembali.12288122881228812288Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajaranstrategiPolyayangdapatmeningkatkankemampuansiswadalammemecahkanmasalahpadasoalceritamatematikamaterivolumekubusdanbalokkelasVIIIHSMPN20Malang.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangdilakukandiSMPN20MalangdansubyekpenelitiannyaadalahsiswakelasVIIIHsemestergenaptahunajaran2013/2014.Datayangdikumpulkandalampenelitianinimeliputi1)hasilobservasiselamaprosespembelajaranyangberpedomanpadalembarobservasi2)hasilcatatanlapangandan3)hasiltesakhirsiklus.