Penerapan pembelajaran kontekstual-REACT untuk meningkatkan hasil belajar materi aljabar bagi siswa kelas VII SMP Brawijaya Smart School / Septi Lusiana
Main Author: | Lusiana, Septi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15849/ |
Daftar Isi:
- LusianaSepti.2014.PenerapanPembelajaranKontekstual-REACTuntukMeningkatkanHasilBelajarMateriAljabarbagiSiswaKelasVIIdiSMPBrawijayaSmartSchool.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.EtyTejoDwiCahyowatiM.PdKataKunciREACTHasilbelajarBerdasarkanobservasipenulispadasiswakelasVII-DdiSMPBrawijayaSmartSchooldiketahuibahwahasilbelajarsiswatergolongrendahhanya46.2%dari26siswayangtuntasbelajar.Kemudiandalamprosespembelajarangurutidakmenerapkanmetodeataumodelpembelajaranyangbermacam-macam.Metodeekspositoriatauceramahmenjadipilihanutamagurudalampelaksanaankegiatanpembelajaranmatematikadidalamkelas.SelanjutnyaberdasarkanwawancarakepadapengajarkelasVII-DSMPBrawijayaSmartSchoolprosesbelajarmatematikasiswadiSMPBrawijayaSmartSchoolkelasVII-Dkurangbaik.Dalamprosespembelajaransiswahanyamengikutipenjelasangurudantidakpahammengenaikonsepyangdiajarkan.Siswahanyamenghafalrumusdanlangkah-langkahdalammengerjakansoalsehinggaapabiladiberisoallainsiswatidakbisamengerjakan.12288122881228812288Untukmengatasimasalahdiatasdiperlukanmetodebelajaryangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Dengandemikianpenelitimencobauntukmelakukanpenelitiandengantujuanuntukmengetahuilangkah-langkahpembelajarandenganstrategiREACTyangdapatmeningkatkanhasilbelajarmaterialjabarbagisiswakelasVII-DdiSMPBrawijayaSmartSchool.Penelitianinimendeskripsikantentanglangkah-langkahpembelajarankontekstualREACTyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVII-DSMPBrawijayaSmartSchoolpadamaterialjabar.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangberjalandalam2siklusdansetiapsiklusmemuatempattahapyaituperencanaantindakanpengamatandanrefleksi.