Penerapan pembelajaran kontekstual-REACT untuk meningkatkan hasil belajar materi aljabar bagi siswa kelas VII SMP Brawijaya Smart School / Septi Lusiana

Main Author: Lusiana, Septi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15849/
Daftar Isi:
  • LusianaSepti.2014.PenerapanPembelajaranKontekstual-REACTuntukMeningkatkanHasilBelajarMateriAljabarbagiSiswaKelasVIIdiSMPBrawijayaSmartSchool.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.EtyTejoDwiCahyowatiM.PdKataKunciREACTHasilbelajarBerdasarkanobservasipenulispadasiswakelasVII-DdiSMPBrawijayaSmartSchooldiketahuibahwahasilbelajarsiswatergolongrendahhanya46.2%dari26siswayangtuntasbelajar.Kemudiandalamprosespembelajarangurutidakmenerapkanmetodeataumodelpembelajaranyangbermacam-macam.Metodeekspositoriatauceramahmenjadipilihanutamagurudalampelaksanaankegiatanpembelajaranmatematikadidalamkelas.SelanjutnyaberdasarkanwawancarakepadapengajarkelasVII-DSMPBrawijayaSmartSchoolprosesbelajarmatematikasiswadiSMPBrawijayaSmartSchoolkelasVII-Dkurangbaik.Dalamprosespembelajaransiswahanyamengikutipenjelasangurudantidakpahammengenaikonsepyangdiajarkan.Siswahanyamenghafalrumusdanlangkah-langkahdalammengerjakansoalsehinggaapabiladiberisoallainsiswatidakbisamengerjakan.12288122881228812288Untukmengatasimasalahdiatasdiperlukanmetodebelajaryangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Dengandemikianpenelitimencobauntukmelakukanpenelitiandengantujuanuntukmengetahuilangkah-langkahpembelajarandenganstrategiREACTyangdapatmeningkatkanhasilbelajarmaterialjabarbagisiswakelasVII-DdiSMPBrawijayaSmartSchool.Penelitianinimendeskripsikantentanglangkah-langkahpembelajarankontekstualREACTyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVII-DSMPBrawijayaSmartSchoolpadamaterialjabar.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangberjalandalam2siklusdansetiapsiklusmemuatempattahapyaituperencanaantindakanpengamatandanrefleksi.