Diagnosis kesulitan dalam penyelesaian masalah garis singgung lingkaran dan remedial menggunakan scaffolding pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Malang / Siti Ulun Nuha

Main Author: Nuha, Siti Ulun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15847/
Daftar Isi:
  • NuhaSitiUlun.2014.DiagnosisKesulitanDalamPenyelesaianMasalahGarisSinggungLingkaranDanRemedialMenggunakanScaffoldingPadaSiswaKelasVIIIDSMPNegeri1Malang.SkripsiJurusanPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.SantiIrawatiM.SiPh.D.KataKunciDiagnosisKesulitanPenyelesaianMasalahGarisSinggungLingkaranRemedialScaffolding.122881228812288122881228812288122881228812288BerdasarkanKTSPmaterigeometridipelajarisiswaSMPpadatiaptingkatankelas.Penyelesaianmasalahgarissinggunglingkaranmembutuhkankonseplainantaralainaljabar.Faktanyaparasiswaseringmengalamikesulitandalammenyelesaikanmasalahtersebut.Guruperlumendiagnosiskesulitansiswaterlebihdulusebagaipertimbangandalammemberikanremedial.Remedialmenggunakanscaffoldingmerupakanstrategiyangsesuaikarenamendukungpelayanansiswaberdasarkankemampuansiswasecaraindividu.12288122881228812288Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendiagnosiskesulitan-kesulitanyangdialamiolehsiswakelasVIIIDSMPNegeri1MalangdalammenyelesaikanpermasalahangarissinggunglingkaranberdasarkantahapanPolyadan(2)mendeskripsikanbentukscaffoldingyangdigunakandalamremedialsebagaiupayamengatasikesulitansiswatersebut.1228812288122881228812288Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifyangmenggunakanpendekatankualitatif.SubjekpenelitianiniadalahtujuhsiswadarikelasVIIIDSMPNegeri1MalangyangdalamtesdiagnosisnilainyadibawahKKM(80).Remedialyangdilakukanadalahmelakukanscaffoldingkemudianmemberitesulang.1228812288122881228812288Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwakesulitansiswadalammenyelesaikanmasalahgarissinggunglingkaranterletakpada(1)tahapmemahamimasalahyaitukesulitandalammenentukaninformasiyangdiketahuidanditanyakan(2)tahapmenentukanrencanapenyelesaianyaitukesulitandalammenyusunstrategiyangtepatuntukmenyelesaikansoal(3)tahapmelaksanakanrencanayaitukesulitandalammenentukanrumusyangtepatdanmelakukankomputasidenganbenar(4)tahapmemeriksakembaliyaitukesulitandalammelakukanlangkahmundurpenyelesaiansoaldanmenyimpulkanjawabanakhiryangmerupakanjawabandariapayangditanyakansoal.Scaffoldingyangdilakukanuntukmengatasikesulitan-kesulitantersebutmerujukpadalevel-levelscaffoldingAnghileri(2006)yaitulevel1)environmentalprovisionsdenganmemintasiswaberkolaborasidengansiswalainuntuksalingmerefleksijawabansebelumsiswamengerjakanulangsoaltesdiagnosis.Level2)explainingreviewingandrestructuring.menjelaskandenganmengajukanpertanyaanarahanagarsiswamemahamimasalahdenganbenarmengulasdenganmemintasiswamerefleksijawabannyadanmemperbaikijawabantersebutmembangunkembalidenganmengajukanpertanyaanarahanagarsiswadapatmenyusunjawabanyanglebihtepatlevel3)developingconceptualthinkingmisalnyamemintasiswamencaricaralaindalammenemukaninformasiyangdiinginkan.Berdasarkanhasiltessetelahscaffoldingscaffoldingtersebutmampumengatasikesulitansiswadalammenyelesaikanmasalahgarissinggunglingkaran.