Diagnosis kesulitan dalam penyelesaian masalah garis singgung lingkaran dan remedial menggunakan scaffolding pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Malang / Siti Ulun Nuha
Main Author: | Nuha, Siti Ulun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15847/ |
Daftar Isi:
- NuhaSitiUlun.2014.DiagnosisKesulitanDalamPenyelesaianMasalahGarisSinggungLingkaranDanRemedialMenggunakanScaffoldingPadaSiswaKelasVIIIDSMPNegeri1Malang.SkripsiJurusanPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.SantiIrawatiM.SiPh.D.KataKunciDiagnosisKesulitanPenyelesaianMasalahGarisSinggungLingkaranRemedialScaffolding.122881228812288122881228812288122881228812288BerdasarkanKTSPmaterigeometridipelajarisiswaSMPpadatiaptingkatankelas.Penyelesaianmasalahgarissinggunglingkaranmembutuhkankonseplainantaralainaljabar.Faktanyaparasiswaseringmengalamikesulitandalammenyelesaikanmasalahtersebut.Guruperlumendiagnosiskesulitansiswaterlebihdulusebagaipertimbangandalammemberikanremedial.Remedialmenggunakanscaffoldingmerupakanstrategiyangsesuaikarenamendukungpelayanansiswaberdasarkankemampuansiswasecaraindividu.12288122881228812288Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendiagnosiskesulitan-kesulitanyangdialamiolehsiswakelasVIIIDSMPNegeri1MalangdalammenyelesaikanpermasalahangarissinggunglingkaranberdasarkantahapanPolyadan(2)mendeskripsikanbentukscaffoldingyangdigunakandalamremedialsebagaiupayamengatasikesulitansiswatersebut.1228812288122881228812288Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifyangmenggunakanpendekatankualitatif.SubjekpenelitianiniadalahtujuhsiswadarikelasVIIIDSMPNegeri1MalangyangdalamtesdiagnosisnilainyadibawahKKM(80).Remedialyangdilakukanadalahmelakukanscaffoldingkemudianmemberitesulang.1228812288122881228812288Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwakesulitansiswadalammenyelesaikanmasalahgarissinggunglingkaranterletakpada(1)tahapmemahamimasalahyaitukesulitandalammenentukaninformasiyangdiketahuidanditanyakan(2)tahapmenentukanrencanapenyelesaianyaitukesulitandalammenyusunstrategiyangtepatuntukmenyelesaikansoal(3)tahapmelaksanakanrencanayaitukesulitandalammenentukanrumusyangtepatdanmelakukankomputasidenganbenar(4)tahapmemeriksakembaliyaitukesulitandalammelakukanlangkahmundurpenyelesaiansoaldanmenyimpulkanjawabanakhiryangmerupakanjawabandariapayangditanyakansoal.Scaffoldingyangdilakukanuntukmengatasikesulitan-kesulitantersebutmerujukpadalevel-levelscaffoldingAnghileri(2006)yaitulevel1)environmentalprovisionsdenganmemintasiswaberkolaborasidengansiswalainuntuksalingmerefleksijawabansebelumsiswamengerjakanulangsoaltesdiagnosis.Level2)explainingreviewingandrestructuring.menjelaskandenganmengajukanpertanyaanarahanagarsiswamemahamimasalahdenganbenarmengulasdenganmemintasiswamerefleksijawabannyadanmemperbaikijawabantersebutmembangunkembalidenganmengajukanpertanyaanarahanagarsiswadapatmenyusunjawabanyanglebihtepatlevel3)developingconceptualthinkingmisalnyamemintasiswamencaricaralaindalammenemukaninformasiyangdiinginkan.Berdasarkanhasiltessetelahscaffoldingscaffoldingtersebutmampumengatasikesulitansiswadalammenyelesaikanmasalahgarissinggunglingkaran.