Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan strategi REACT pada materi keliling dan luas lingkaran untuk siswa SMP kelas VIII / Prilyana Mukti Wirayanti

Main Author: Wirayanti, Prilyana Mukti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15846/
Daftar Isi:
  • PengembanganLembarKegiatanSiswa(LKS)denganStrategiREACTPadaMateriKelilingdanLuasLingkaranUntukSiswaSMPKelasVIII.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingIndriatiNurulHidayahS.PdM.Si.KatakuncilembarkegiatansiswastrategiREACTkelilingdanluaslingkaran.12288122881228812288BerdasarkanhasilobservasidanwawancaradengangurumatematikadiSMPBrawijayaSmartSchoolMalangLKSyangdigunakansaatinimasihberuparingkasanmateridanlatihan-latihansoalsehinggaLKShanyadigunakanuntuklatihansoalsaja.PadaLKSyangdigunakanterdapatkonsep-konsepyangsudahjadiyaituberuparumuskelilingdanluaslingkaran.SalahsatustrategipembelajaranyangdapatmembantusiswauntukmengkonstrukdanmenggunakanpengetahuandalammatematikaadalahstrategiREACT.12288122881228812288StrategiREACTterdiridariRelating(menghubungkan)Experiencing(mengalami)Applying(menerapkan)Cooperating(bekerjasama)danTransferring(mentransfer).LembarKegiatanSiswa(LKS)denganstrategiREACTadalahlembarkegiatansiswayangmenggunakanstrategiREACTsehinggaterdapatkegiatanRelatingExperiencingApplyingCooperatingdanTransferringdalamlembarkegiatansiswa.PenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanLembarKegiatanSiswa(LKS)denganstrategiREACTpadamaterikelilingdanluaslingkaranuntuksiswaSMPkelasVIII.12288122881228812288PengembanganLembarKegiatanSiswa(LKS)inimenggunakantahap-tahapmodelpengembanganThiagarajan.ModelThiagarajanterdiridariempattahapyaitu(1)tahappendefinisian(define)(2)tahapperancangan(design)(3)tahappengembangan(develop)dan(4)tahappenyebaran(disseminate).NamunpelaksanaanpenelitiandanpengembanganLembarKegiatanSiswa(LKS)inihanyasampaipadatahapketiga.12288122881228812288BerdasarkanhasilvalidasiLKSolehdosendanguruLKSyangdikembangkandinyatakanvaliddenganrata-ratapersentase95%danRPPdinyatakanvaliddenganrata-ratapersentase95%.UntukujikepraktisandiperolehbahwaLKSyangdikembangkanpraktisdenganrata-ratapersentase85%sedangkanhasilujikeefektifanmenunjukkanbahwasetiapsiswamemperolehnilaievaluasilebihdariatausamadengan75yangmerupakanKKM(KriteriaKetuntasanMinimal)sehinggaLKSyangdikembangkanefektifuntukdigunakandalamkegiatanpembelajaran.