Pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah untuk siswa SMP kelas VII yang mengacu pada kemampuan komunikasi matematika tentang pokok bahasan himpunan / Mihel Gelandjidjinay

Main Author: Galandjidjinay, Mihel
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15834/
Daftar Isi:
  • GalandjindjinayMihel.2003.PengembanganModulPembelajaranBerbasisMasalahUntukSiswaSMPKelasVIIYangMengacuPadaKemampuanKomunikasiMatematikaTentangPokokBahasanHimpunan.SkripsiProgramStudiPendidikanMatemaikaFMIPANegeriMalang.PembimbingDrs.EddyBudionoM.Pd.KataKuncimodulberbasismasalahuntukkemampuankomunikasiPokokbahasanhimpunanPerkembanganilmupengetahuanteknolgidaninformasiyangsemakinpesatmenurutadanyaperubahandanperkembangandisegalabidangtermasukdalamduniapendidikan.Sehubungandenganhalitudalampelaksanaanprosesbelajarmengajargurudituntutuntukmeggunakanberbagaimacamstategipembelajaranyangmengaktifkaninteraksiantargurudansiswasiswadengansiswasertasiswadenganlingkunganya.Salahsatumodelpembelajaranyangsesuaidengantujuantesebutadalahmodelpembelajaranberbasismasalahyaitupendekatanpengajaranyangmenggunakanmasalahdunianyatasebagaisuatukonteksbagisiswauntukbelajartentangcaraberpikirkritisdanketrampilanpemecahanmasalahsertauntukmemperolehpengetahuandankonsepyangesensialdarimateripembelajaran.DalammemahamikonsephimpunankelasVIISMPLabNegeriMalangpadamateriirisandarihimpunanAdanhimpunanBadalahhimpunanyanganggotanyamerupakanhimpunanAsekaligusanggotahimpunanB.prosesPelaksanaanpembelajarandiawalidenganorientasisiswakepadamasalahselanjutnyagurumengorganisasisiswauntukbelajardanmembimbingdalammenyelidikiindividualmaupunkelompokkemudiandiakhiridenganpenyajianhasilkaryadanevaluasisertarefleksi.