Pengembangan modul pembelajaran pokok bahasan himpunan untuk siswa SMP kelas VII yang mengacu pada masalah kontekstual / Yulianus Pekpekay

Main Author: Pekpekay, Yulianus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15832/
Daftar Isi:
  • PekpekayYulianus.2014.PengembanganModulPembelajaranPokokBahasanHimpunanuntukSiswaSMPKelasVIIyangMengacupadaMasalahKontekstual.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.HerySusantoM.Si.KatakunciModulPembelajaranhimpunanMasalahKontekstual.Modulmerupakansuatupaketbahanajaryangdisusunsecarasistematisdanmemuatserangkaianaktivitasbelajarmandiriagarsiswamampumencapaitujuanpembelajaranyangtelahditerapkansecarakhususdanjelas.Adapuntujuanpenggembanganmodulyangdilakukanpenulisadalahuntukmenghasilkanmodulpembelajarankhususpokokbahasanhimpunan.Modulhimpunanyangdikembangkaniniberdasarkankurikulum2006danMengacuPadaMasalahKontekstual.MaterihimpunaninimerupakansalahsatubahankajianSiswaSMPKelasVIIsemester2.ModuliniterdiridariEmpatunitkegiatanyaitu(1)Pengertianhimpunan(2)HimpunanKosongdanHimpunansemestaDiagramVenn(3)himpunanbagiandan(4)IrisanGabunganSelisihdanKomplemenpadahimpunan.Masingmasingunitmemuatkegiatanbelajaryangakanmengantarkansiswadalammemahamikonsephimpunan.Untukmeningkatkankualitasmodulpenulismelakukanvalidasiisi.Padavalidasiinidiperolehpenilaiankomentardansarandariparavalidatormodul.Penilaiankomentardansarantersebutdigunakansebagaibahanrevisimodulselanjutnya.PadavalidasiinidilibatkanlimavalidatoryaituduadosenmatematikadantigagurumatematikaSMP.Berdasarkandatapenilaianhasilvalidasidiperolehbahwamodulpembelajaranyangdikembangkanadalahvalid.Akantetapirevisiterhadapmodulmasihtetapdilakukansesuaidengankomentardansarandariparavalidator.Kelebiahanmodulyangdikembangkanyaitumaterisesuaidengankurikulum2013dankegiatanbelajaryangdisajikanbersifatrealistiksehinggadapatmembuatsiswalebihaktifdanpembelajaranhimpunanlebihbermakna.Adapunkelemahanyaitumodulinibelumdiajucobakankepadasiswa.Dengandemikiandisarankanbagipengembangselanjutnyauntumengujicobakanmodulinidapatdigunakansebagaibahanajaralternatifdandapatdimodifikasikansesuaidengankondisisekolah.