Pengembangan modul pembelajaran pokok bahasan himpunan untuk siswa SMP kelas VII yang mengacu pada masalah kontekstual / Yulianus Pekpekay
Main Author: | Pekpekay, Yulianus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15832/ |
Daftar Isi:
- PekpekayYulianus.2014.PengembanganModulPembelajaranPokokBahasanHimpunanuntukSiswaSMPKelasVIIyangMengacupadaMasalahKontekstual.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.HerySusantoM.Si.KatakunciModulPembelajaranhimpunanMasalahKontekstual.Modulmerupakansuatupaketbahanajaryangdisusunsecarasistematisdanmemuatserangkaianaktivitasbelajarmandiriagarsiswamampumencapaitujuanpembelajaranyangtelahditerapkansecarakhususdanjelas.Adapuntujuanpenggembanganmodulyangdilakukanpenulisadalahuntukmenghasilkanmodulpembelajarankhususpokokbahasanhimpunan.Modulhimpunanyangdikembangkaniniberdasarkankurikulum2006danMengacuPadaMasalahKontekstual.MaterihimpunaninimerupakansalahsatubahankajianSiswaSMPKelasVIIsemester2.ModuliniterdiridariEmpatunitkegiatanyaitu(1)Pengertianhimpunan(2)HimpunanKosongdanHimpunansemestaDiagramVenn(3)himpunanbagiandan(4)IrisanGabunganSelisihdanKomplemenpadahimpunan.Masingmasingunitmemuatkegiatanbelajaryangakanmengantarkansiswadalammemahamikonsephimpunan.Untukmeningkatkankualitasmodulpenulismelakukanvalidasiisi.Padavalidasiinidiperolehpenilaiankomentardansarandariparavalidatormodul.Penilaiankomentardansarantersebutdigunakansebagaibahanrevisimodulselanjutnya.PadavalidasiinidilibatkanlimavalidatoryaituduadosenmatematikadantigagurumatematikaSMP.Berdasarkandatapenilaianhasilvalidasidiperolehbahwamodulpembelajaranyangdikembangkanadalahvalid.Akantetapirevisiterhadapmodulmasihtetapdilakukansesuaidengankomentardansarandariparavalidator.Kelebiahanmodulyangdikembangkanyaitumaterisesuaidengankurikulum2013dankegiatanbelajaryangdisajikanbersifatrealistiksehinggadapatmembuatsiswalebihaktifdanpembelajaranhimpunanlebihbermakna.Adapunkelemahanyaitumodulinibelumdiajucobakankepadasiswa.Dengandemikiandisarankanbagipengembangselanjutnyauntumengujicobakanmodulinidapatdigunakansebagaibahanajaralternatifdandapatdimodifikasikansesuaidengankondisisekolah.