Pengembangan bahan ajar keliling dan luas segiempat dengan pendekatan kontekstual untuk siswa kelas VII SMP / Amus Marlay
Main Author: | Marlay, Amus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15831/ |
Daftar Isi:
- MarlayAmus.2013.PengembanganBahanAjarKelilingdanLuasSegiempatDenganPendekatanKontekstualUntukSiswaSMPKelasVII.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUnivesitasNegeriMalang.PembimbingDr.SisworoM.Si.KataKunciPengembanganBahanAjarPendekatanKontekstualkelilingdanLuasSegiempat.Pengembanganbahanajaradalahsuatupaketbahanajaryangdisusunsecarasistematisdanmemuatserangkaianaktivitasbelajarmandiriagarsiswamampumencapaitujuanpembelajaranyangtelahditetapkan.Denganbahanajarsiswadapatbelajarmenurutkecepatandancaranyamasing-masingsertamenggunakanteknikyangberbeda-bedauntukmemecahkanmasalah.Denganadanyabahanajarsiswaakanlebihmudahdalammemahamimateri.Kegiatanpengembanganyangdilakukanbertujuanuntukmenghasilkanbahanajarpokokbahasankelilingdanluassegiempat.BerdasarkanKurikulumTingkatSatuanPendidikanmaterikelilingdanluassegiempatmerupakansalahsatumaterisiswaSMPkelasVIIsemesterII.Pendekatanpembelajaranyangdigunakandalampenulisanbahanajariniadalahpendekatankontekstual.Pendekatankontekstualadalahpendekatandimanasiswamenemukansendirirumusdanmenghubungkanpengalaman-pengalamansebelumnyasertabenda-bendadisekitarnyadenganmateripembelajaran.Bahanajaryangdikembangkantelahdivalidasisebagaipijakanuntukmelakukanrevisibahanajar.BahanajardivalidasiolehsatuorangdosenmatematikaUniversitasNegeriMalang.Hasilvalidasimenunjukanbahwabahanajaryangdikembangkanvalid.Kelebihanbahanajaryangdikembangkandenganpendekatankontekstualyaitu(1)Pembelajaranmenjadilebihbermaknadanriil.Artinyasiswadituntutuntukdapatmenangkaphubunganantarapengalamanbelajardisekolahdengankehidupannyata.Halinisangatpentingsebabdengandapatmengorelasikanmateriyangditemukandengankehidupannyatabukansajabagisiswamateriituakanberfungsisecarafungsionalakantetapimateriyangdipelajarinyaakantertanameratdalammemorisiswasehinggatidakakanmudahdilupakan(2)PembelajaranlebihproduktifdanmampumenumbuhkanpenguatankonsepkepadasiswakarenametodepembelajaranCTLmenganutalirankonstruktivismedimanaseorangsiswadituntununtukmenemukanpengetahuannyasendiri.Melaluilandasanfilosofiskonstruktivismesiswadiharapkanbelajarmelaluimengalamibukanmenghafal(3)Kontekstualadalahmodelpembelajaranyangmenekankanpadaaktivitassiswasecarapenuhbaikfisikmaupunmental(4))KelasdalampembelajaranKontekstualbukansebagaitempatuntukmemperolehinformasiakantetapisebagaitempatuntukmengujidatahasiltemuanmerekadilapangan(5)Materipelajarandapatditemukansendiriolehsiswabukanhasilpemberiandariguru(6)PenerapanpembelajaranKontekstualdapatmenciptakansuasanapembelajaranyangbermakna.Adapunbeberapasaranyangdikemukakanyaitu(1)pengembanganbahanajariniterbataspadamaterikelilingdanluassegiempatolehkarenaitudiharapkanadatindaklanjutpengembanganbahanajaruntukmateriyanglain(2)disarankankepadapengembang-pengembanglainnyauntukmengujicobakanbahanajarinikepadasiswadalamkelompokbesar/satukelasagardapatmengetahuitingkatkeefektifannya(3)diharapkanguruSekolahMenengahPertamamencobamenggunakanprodukpengembanganbahanajarinidalampembelajaranuntukmenerapkanKurikulumTingkatSatuanPendidikan(4)Gurudapatmengembangkanbahanajarsesuaidengankondisisekolahyangada.DewanPengujiDr.CholisSadijahM.PdM.APengujiUtamaNIP19610407.1987012.001Dr.SisworoM.SiPengujiILatifahMustofaL.S.SiM.PdPengujiIINIP19670408.1993021.001NIP19850816.2010122.005