Pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) yang dapat meningkatkan komunikasi matematika pada materi operasi pecahan di SMP Negeri 18 Malang / Risma Firda Diana

Main Author: Diana, Risma Firda
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15829/
Daftar Isi:
  • DianaRismaFirda.2013.PembelajaranKooperatifThinkPairShare(TPS)yangDapatMeningkatkanKomunikasiMatematikapadaMateriOperasiPecahandiSMPNegeri18Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.ErryHidayantoM.Si.KatakuncipembelajarankooperatifTPSkemampuankomunikasimatematikaBerdasarkanhasilobservasipenelitidiSMPN18MalangdiperolehinformasibahwahasiltesterakhirsiswamasihbelummemenuhiStandarKetuntasanMinimum(SKM).Salahsatupenyebabnyayaitupembelajarandikelasmasihmenggunakanmetodeekspositoriyangmembuatsiswacenderungpasif.Kepasifansiswaberimbaspadakomunikasimatematikasiswa.Siswamalubertanyaataupunmengutarakanpendapatsertakesulitanmengkonstruksendiripengetahuannya.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanrancanganpembelajaranyangdapatmembiasakansiswauntukmengkonstruksisendiripengetahuannyadanaktifdalamkegiatanpembelajaran.DalampenelitianinipenelitimenggunakanpembelajarankooperatifThinkPairShare(TPS)yangmelibatkansiswasecaraaktifdalamprosespembelajaran.PembelajarankooperatifTPSdiharapkandapatmeningkatkankomunikasimatematikasiswapadamaterioperasipecahan.Penelitianinibertujuanmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatifTPSyangdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematikapadamaterioperasipecahan.PembelajarankooperatifTPSdalampenelitianinimelaluitigatahap(1)TahapThinkyaitusiswamengerjakansoallatihanpadaLKSsecaraindividu(2)TahapPairyaitusiswasecaraberkelompok(1kelompok2orang)mendiskusikanhasilpekerjaanpadatahapThinksertamendiskusikansoaldiskusipadaLKS(3)TahapShareyaituperwakilankelompokmenyampaikanhasildiskusinyadidepankelas.DatakomunikasimatematikadiperolehdariskorpengerjaanLKSpadatahapThinkskorpengerjaanLKSpadatahapPairskortespadasetiapakhirsiklusdanhasilpengamatanaktivitassiswa.Peningkatankomunikasimatematikadalampenelitianiniditunjukkandengan(1)persentaseketuntasanklasikalskortesakhirsiklusIItelahmemenuhiSKMdanmengalamipeningkatandariskortesakhirsiklusI(persentaseketuntasanklasikalskortesakhirsiklusIadalah688%danpersentaseketuntasanklasikalskortesakhirsiklusIIadalah875%)(2)persentaseketuntasanklasikalskorpengerjaanLKStahapThinkdanPairsiklusIItelahmemenuhiSKMdanmengalamipeningkatandariskorpengerjaanLKStahapThinkdanPairsiklusI(persentaseketuntasanklasikalskorpengerjaanLKStahapThinksiklusIadalah5625%dansiklusIIadalah7965%.PersentaseketuntasanklasikalskorpengerjaanLKStahapPairpadasiklusIadalah7345%dansiklusIIadalah8905%)(3)hasilobservasiaktivitassiswadengankategoribaiksekalidanhasilcatatanlapangantelahmenunjukkanadanyapeningkatankomunikasi.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutmakadisimpulkanbahwapembelajarankooperatifTPSdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematikapadamaterioperasipecahandiSMPN18Malang.ABSTRACTDianaRismaFirda.2013.CooperativeLearningsThinkPairShare(TPS)isAbletoImproveCommunicationSkillinMathematicsforOperationsonFractionSubjectinSMPNegeri18Malang.MinithesisDepartmentofMathematicsEducationFacultyofMathematicsandScienceStateUniversityofMalang.MentorDrs.ErryHidayantoM.Si.KeywordscooperativelearningsTPScommunicationskillinmathematicsBasedontheresearcherobservationresultinSMPN18MalangitshowsthatthelatestexaminationresultofstudentsstillgetbelowminimumachievementstandardorstandartketuntasanminimumSKM.Oneofthemainreasonistheteachersstilluseexpositorymethodtodelivertheirsubjectwhichtendtomakestudentspassiveintheirlearningprocessorinotherwordstudentstoomuchrelyontheirteachertogetsubjectunderstanding.Thisproblemresultsinsuchlowstudentcommunicationskill.Studentsfeelafraidbothtoaskandtoexpresstheiropinionalsotheyfindithardtoconstructtheirownthought.Howeverinordertosolvethoseproblemsaspecialteachingmethodisneededtheonewhichenablesstudentstoeasilyconstructtheirownthoughtandactivelyparticipateinasubjectdiscussion.InthisstudyresearchersutilizeaThinkPairShareTPScooperativeteachingmethodtomakestudentsactivelyinvolvedintheirlearningprocess.Tpsisalsoexpectedtobeabletoenhancestudentmathcommunicationskillinfractionoperationtheory.ThegoalofresearchistodescribethestepsofcooperativelearningsTPSthatabletoimprovestudentscommunicationskillinmathematicsforoperationsonfractionsubject.CooperativelearningsTPSinthisresearchhasthreestages(1)thinkstagestudentsareaskedtosolveproblemsintheworksheetindividually(2)pairstagedividestudentsintopairstodiscusstheresultoftheirworksonthethinkstageanddiscussthediscussionproblemintheworksheet(3)sharestagesomepairsendtheirrepresentativetopresenttheresultofthediscussioninfrontoftheclass.Mathematicscommunicationsdatainthisresearchareobtainedfromthescoreofstudentsworksheetaccomplishmentonthethinkstagethescoreofstudentsworksheetaccomplishmentonthepairstagescoreofthetestinthefinalcycleandobservationresultofstudentsactivity.Theimprovementofstudentscommunicationskillinthisresearchisdepictedby(1)studentsclassicalpercentageinthefinaltestscoreofcycleIIhasbeenfilledSKMandithasbeenimprovedfromthefinaltestscoreofcycleI(classicalpercentageinthefinaltestscoreofcycleIis688%andclassicalpercentageinthefinaltestscoreofcycleIIis875%)(2)studentsclassicalpercentageinthescoreofstudentsworksheetinthethinkandpairstageofcycleIIhasbeenfilledSKMandithasbeenimprovedfromthescoreofstudentsworksheetinthethinkandpairstageofcycleI(classicalpercentagescoreofstudentsworksheetinthethinkstageofcycleIis5625%andinthecycleIIis7965%.ClassicalthoroughpercentagescoreofstudentsworksheetinthepairstageofcycleIis7345%andinthecycleIIis8905%)(3)observationresultofstudentsactivityinthecategoryverywellandtheresultofpostcriptorfieldnotehasbeenshownimprovementcommunicationskillinmathematics.ThusitcanbeconcludedthatcooperativelearningsTPSisabletoimprovecommunicationskillinmathematicsforOperationsonfractionsubjectinSMPNegeri18Malang.