Pengembangan lembar kerja siswa pokok bahasan lingkaran untuk siswa SMP kelas VIII yang mengacu pada masalah realistik / Leisubun, Armin Ismail
Main Author: | Leisubun, Armin Ismail |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15828/ |
Daftar Isi:
- LeisubunArminIsmail.2013.PengembanganLembarKerjaSiswaPokokBahasanLingkaranUntukSiswaSMPKelasVIIIYangMengacuPadaMasalahRealistik.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.SukoriyantoM.Si.KataKunciPengembanganLKSLingkaranKelasVIIImengacupadamasalahrealistik.LKSmerupakansuatupaketbahanajaryangdisusunsecarasistematisdanmemuatserangkaianaktivitasbelajarmandiriagarsiswamampumencapaitujuanpembelajaranyangtelahditetapkansecarakhususdanjelas.AdapuntujuanpengembanganLKSyangdilakukanpenulisadalahuntukmenghasilkanLKSpembelajarankhususpokokbahasanlingkaranLembarKerjaSiswadenganmaterilingkaranyangdikembangkaniniberdasarkankurikulumKTSPdanmengacupadamasalahRealistik.MaterilingkaraninimerupakansalahsatubahankajiansiswaSMPkelasVIIIsemester2.LKSiniterdiridariduaunitkegiatanyaitu(1)MengenalLingkarandanBagian-Bagiannya(2)MenghitungBesaran-BesaranPadaLingkaran.Masing-masingunitmemuatkegiatanbelajaryangakanmengantarkansiswadalammemahamikonsepLingkaran.UntukmeningkatkankualitasLKSpenulismelakukanvalidasiisi.PadavalidasiinidiperolehpenilaiankomentardansarandarivalidatorLKS.PenilaiankomentardansarantersebutdigunakansebagaibahanrevisiLKSselanjutnya.PadavalidasiinimelibatkansatuvalidatoryaitusatudosenmatematikaJurusanMatematikaUniversitasNegeriMalang.BerdasarkandatapenilaianhasilvalidasidiperolehbahwaLKSpembelajaranyangdikembangkanadalahvalid.AkantetapirevisiterhadapLKSmasihdalamtahapdilakukansesuaidengankomentardansarandarivalidator.KelebihandariLKSyangdikembangkanyaitumateriyangdisajikansesuaidengankurikulumKTSPdanKegiatanbelajaryangdisajikanbersifatrealistiksehinggadapatmembuatsiswalebihaktifdanpembelajaranmatematikaolehsiswalebihbermakna.AdapunkelemahannyayaituLKSinibelumdiujicobakankepadasiswa.DengandemikiandisarankanbagipengembangselanjutnyauntukmengujicobakanLKSiniatauLKSyangdikembangkannyakepadasiswa.WalaupundemikianLKSinidapatdigunakansebagaibahanajaralternatifdandapatdimodifikasisesuaidenganpermintaandankondisisekolah.