Pengembangan lembar kerja siswa pokok bahasan lingkaran untuk siswa SMP kelas VIII yang mengacu pada masalah realistik / Leisubun, Armin Ismail

Main Author: Leisubun, Armin Ismail
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15828/
Daftar Isi:
  • LeisubunArminIsmail.2013.PengembanganLembarKerjaSiswaPokokBahasanLingkaranUntukSiswaSMPKelasVIIIYangMengacuPadaMasalahRealistik.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.SukoriyantoM.Si.KataKunciPengembanganLKSLingkaranKelasVIIImengacupadamasalahrealistik.LKSmerupakansuatupaketbahanajaryangdisusunsecarasistematisdanmemuatserangkaianaktivitasbelajarmandiriagarsiswamampumencapaitujuanpembelajaranyangtelahditetapkansecarakhususdanjelas.AdapuntujuanpengembanganLKSyangdilakukanpenulisadalahuntukmenghasilkanLKSpembelajarankhususpokokbahasanlingkaranLembarKerjaSiswadenganmaterilingkaranyangdikembangkaniniberdasarkankurikulumKTSPdanmengacupadamasalahRealistik.MaterilingkaraninimerupakansalahsatubahankajiansiswaSMPkelasVIIIsemester2.LKSiniterdiridariduaunitkegiatanyaitu(1)MengenalLingkarandanBagian-Bagiannya(2)MenghitungBesaran-BesaranPadaLingkaran.Masing-masingunitmemuatkegiatanbelajaryangakanmengantarkansiswadalammemahamikonsepLingkaran.UntukmeningkatkankualitasLKSpenulismelakukanvalidasiisi.PadavalidasiinidiperolehpenilaiankomentardansarandarivalidatorLKS.PenilaiankomentardansarantersebutdigunakansebagaibahanrevisiLKSselanjutnya.PadavalidasiinimelibatkansatuvalidatoryaitusatudosenmatematikaJurusanMatematikaUniversitasNegeriMalang.BerdasarkandatapenilaianhasilvalidasidiperolehbahwaLKSpembelajaranyangdikembangkanadalahvalid.AkantetapirevisiterhadapLKSmasihdalamtahapdilakukansesuaidengankomentardansarandarivalidator.KelebihandariLKSyangdikembangkanyaitumateriyangdisajikansesuaidengankurikulumKTSPdanKegiatanbelajaryangdisajikanbersifatrealistiksehinggadapatmembuatsiswalebihaktifdanpembelajaranmatematikaolehsiswalebihbermakna.AdapunkelemahannyayaituLKSinibelumdiujicobakankepadasiswa.DengandemikiandisarankanbagipengembangselanjutnyauntukmengujicobakanLKSiniatauLKSyangdikembangkannyakepadasiswa.WalaupundemikianLKSinidapatdigunakansebagaibahanajaralternatifdandapatdimodifikasisesuaidenganpermintaandankondisisekolah.