Rancangan pembelajaran materi perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan pendekatan scientific model penemuan terbimbing untuk siswa SMP / Iva Nurmawanti
Main Author: | Nurmawanti, Iva |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15825/ |
Daftar Isi:
- NurmawantiIva.2013.RancanganPembelajaranMateriPerbandinganSenilaidanBerbalikNilaidenganPendekatanScientificModelPenemuanTerbimbinguntukSiswaSMP.SkripsiProgramStudiPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.SaptiWahyuningsihM.Si.Katakuncirancanganpembelajaranpendekatanscientificmodelpenemuanterbimbing.Rancanganpembelajaranmerupakankomponenyangsangatpentingdalamprosespembelajaranyangdikembangkanuntukmenghasilkanperencanaanpembelajaranyangbaik.Rancanganpembelajaranyangtidakbaikakanmenghasilkanperencanaanpembelajaranyangtidakbaikpula.Sehinggahaltersebutakanmegakibatkanataumenghasilkanpembelajaranyangtidakbaiktidakefisiendankurangmotivasiyangpadagilirannyaberdampaksangatseriusuntukjangkawaktuyanglama.Pendekatanyangdigunakandalamuntukmenghasilkanpembelajaranyangbaikadalahpendekatanscientific.Pendekatantersebutmerupakansalahsatupendekatanpembelajaranyangdigunakansesuaidengankurikulum2013.Untukmendukungterlaksanyapembelajarandenganpendekatanscientificmodelpembelajaranyangdapatdigunakanadalahmodelpenemuanterbimbing.MetodeyangdigunakandalammengembangakanrancanganpembelajaraniniadalahmetodeResearchandDevelopment(RD).Metodetersebutdimodifikasisehinggatahapan-tahapandalampengembanganrancanganpembelajaraniniadalahmenentukanpotensidanmasalahmengumpulkaninformasimendesainrancanganpembelajaranmelakukanvalidasirancanganpembelajaranrevisimelakukanujicobakelompokkecilrevisiproduksidrafakhirrancanganpembelajaran.RancanganpembelajaranyangtelahdisusunkemudiandivalidasiolehtigavalidatorsatuvalidatorahliyaitudosenmatematikaUMdanduavalidatorpraktisiyaitugurumatematikaSMP.BerdasarkanhasilvalidasidaritigavalidatordiperolehtingkatkevalidanrancanganpembelajaranyaituRPPsebesar97395%danLKSsebesar99275%.Berdasarkanhasiltersebutmakarancanganpembelajaranyangdikembangakanmemilikikriteriasangatvalid.Rancanganpembelajaranyangsudahvalidkemudiandiujicobakanpadakelompokkeciluntukmelihatketerlaksanaanrancanganpembelajaranyangdikembangkan.Berdasarkanhasilujicobadiperolehhasilbahwarancanganpembelajarandapatterlaksanadenganbaiksesuaidenganperencanaan.Berdasarkantanggapansiswadapatdisimpulkanpembelajarandapatmemotivasibelajarsiswamembantusiswamemahamimateriyangdipelajaridenganbaikdanmenjadikansiswamandiri.Berdasarkanperolehanskorkuis10siswapadapertemuanI100%siswamendapatkannilai70sedangkanpadapertemuanII90%siswamendapatkannilai880570dan10%siswamendapatkannilai