Rancangan pembelajaran materi perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan pendekatan scientific model penemuan terbimbing untuk siswa SMP / Iva Nurmawanti

Main Author: Nurmawanti, Iva
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15825/
Daftar Isi:
  • NurmawantiIva.2013.RancanganPembelajaranMateriPerbandinganSenilaidanBerbalikNilaidenganPendekatanScientificModelPenemuanTerbimbinguntukSiswaSMP.SkripsiProgramStudiPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.SaptiWahyuningsihM.Si.Katakuncirancanganpembelajaranpendekatanscientificmodelpenemuanterbimbing.Rancanganpembelajaranmerupakankomponenyangsangatpentingdalamprosespembelajaranyangdikembangkanuntukmenghasilkanperencanaanpembelajaranyangbaik.Rancanganpembelajaranyangtidakbaikakanmenghasilkanperencanaanpembelajaranyangtidakbaikpula.Sehinggahaltersebutakanmegakibatkanataumenghasilkanpembelajaranyangtidakbaiktidakefisiendankurangmotivasiyangpadagilirannyaberdampaksangatseriusuntukjangkawaktuyanglama.Pendekatanyangdigunakandalamuntukmenghasilkanpembelajaranyangbaikadalahpendekatanscientific.Pendekatantersebutmerupakansalahsatupendekatanpembelajaranyangdigunakansesuaidengankurikulum2013.Untukmendukungterlaksanyapembelajarandenganpendekatanscientificmodelpembelajaranyangdapatdigunakanadalahmodelpenemuanterbimbing.MetodeyangdigunakandalammengembangakanrancanganpembelajaraniniadalahmetodeResearchandDevelopment(RD).Metodetersebutdimodifikasisehinggatahapan-tahapandalampengembanganrancanganpembelajaraniniadalahmenentukanpotensidanmasalahmengumpulkaninformasimendesainrancanganpembelajaranmelakukanvalidasirancanganpembelajaranrevisimelakukanujicobakelompokkecilrevisiproduksidrafakhirrancanganpembelajaran.RancanganpembelajaranyangtelahdisusunkemudiandivalidasiolehtigavalidatorsatuvalidatorahliyaitudosenmatematikaUMdanduavalidatorpraktisiyaitugurumatematikaSMP.BerdasarkanhasilvalidasidaritigavalidatordiperolehtingkatkevalidanrancanganpembelajaranyaituRPPsebesar97395%danLKSsebesar99275%.Berdasarkanhasiltersebutmakarancanganpembelajaranyangdikembangakanmemilikikriteriasangatvalid.Rancanganpembelajaranyangsudahvalidkemudiandiujicobakanpadakelompokkeciluntukmelihatketerlaksanaanrancanganpembelajaranyangdikembangkan.Berdasarkanhasilujicobadiperolehhasilbahwarancanganpembelajarandapatterlaksanadenganbaiksesuaidenganperencanaan.Berdasarkantanggapansiswadapatdisimpulkanpembelajarandapatmemotivasibelajarsiswamembantusiswamemahamimateriyangdipelajaridenganbaikdanmenjadikansiswamandiri.Berdasarkanperolehanskorkuis10siswapadapertemuanI100%siswamendapatkannilai70sedangkanpadapertemuanII90%siswamendapatkannilai880570dan10%siswamendapatkannilai