Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 20 Malang / Hikmatul Faizah Muyassaroh
Main Author: | Muyassaroh, Hikmatul Faizah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15823/ |
Daftar Isi:
- MuyassarohHikmatulFaizah.2013.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeTeamsGamesTournamentuntukMeningkatkanPrestasiBelajarMatematikaSiswaKelasVIIISMPN20Malang.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.AskuryM.PdKataKuncikooperatifTeamsGamesTournament(TGT)prestasibelajarBerlatarbelakangrendahnyaprestasibelajarsiswayangdiketahuiolehpenelitisaatmelakukanPPLmembuatpenelitibermaksuduntukmengadakanpenelitiandengantujuanmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajaranTGTyangdapatmeningkatkanprestasibelajarsiswakelasVIIISMPN20MalangpadamateriSistemPersamaanLinearDuaVariabel.ObjekpenelitianadalahsiswakelasVIIICdiSMPN20MalangsemestergasalTahunAjaran2013/2014denganjumlahsiswa36orang.PenelitiandilaksanakanpadabulanSeptember-November2013.LokasipenelitianadalahdiSMPN20MalangyangberalamatkandiJalanRadenTumenggungSuryo38Malang.JenispenelitianiniadalahPTKdimanadatayangadaberupadatakualitatifdandatakuantitatif.Datakualitatifdianalisismelaluitigatahapyaitumereduksidatamenyajikandatadanmemverifikasidata.Sedangkandatakuantitatifdihitungmenggunakanpersentase.Penelitianiniterdiridariduasiklusmasing-masingsiklus2kalipertemuan.Langkah-langkahpembelajaranyangditerapkanolehpenelitisaatmenggunakanmodelTGTmengacupadaKahfi(20114)yaituadalah(a)mengajargurumenjelaskantentangmateriyangakandipelajarisecaraglobal(b)belajarkelompokgurumembagisiswamenjadi9kelompokheterogendansiswamengerjakanLKSyangtelahdibagikanolehguru(c)turnamengurumembagisiswamenjadi9kelompokhomogenuntukmengerjakankartusoaldengantingkatkesulitanyangberbedayangtelahdibagikanolehgurupadasetiapmeja(d)penghargaankelaspenghargaandiberikankepadakelompokyangmengumpulkanskortertinggidan(e)refleksisiswasecaraindividudimintauntukmengerjakantesindividuuntukmengetahuisejauhmanapemahamanmerekatentangmateriyangtelahdipelajari.Berdasarkanhasilanalisisdatadiperolehbahwaterjadipeningkatanprestasibelajarsiswa.PadasiklusIpersentasenilaibelajarklasikalsiswasebesar72%.Sedangkanpersentasenilaiyangditetapkanadalah75%sehinggabelummemenuhikriteriakeberhasilan.PadasiklusIIsetelahdilakukantindakanpersentasenilaibelajarklasikalsiswameningkatmenjadi89%sehinggakriteriakeberhasilantelahtercapai.