Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII-A SMP Katolik Frateran Celaket 21 Malang / Tany Yunita Selviana

Main Author: Tany, Yunita Selviana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15813/
Daftar Isi:
  • TanyYunitaSelviana.2013.PenerapanProblemBasedLearning(PBL)untukMeningkatkanHasilBelajarSiswadiKelasVII-ASMPKatolikFrateranCelaket21Malang.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.TriHapsariUtamiM.Pd.KataKunciPenerapanProblemBasedLearning(PBL)HasilBelajar1228812288122881228812288DarihasilwawancaradanobservasiyangdilakukandikelasVII-ASMPKatolikFrateranCelaket21Malangdalamkegiatanpembelajarandikelasselamainihanyaberpusatpadaguruyangdilakukandenganmenggunakanmetodeceramahdanpemberiantugasdankondisikelasyangramaidangaduh.Halinimenyebabkansiswacenderungpasifdalambelajaryangmenyebabkanhasilbelajarsiswamenjaditidakmaksimal.Untukmengatasihalinidiperlukansuatuperubahandalamkegiatanpembelajaranyangdapatmembuatsiswaaktifdalamprosespembelajaransehinggahasilbelajarsiswabisamenjadilebihmaksimal.SalahsatupendekatanpembelajaranyangdapatdigunakanadalahProblemBasedLearning(PBL)suatupendekatanpembelajaranyangmenggunakanmasalahdunianyatasebagaikonteksbelajarbagisiswatentangcaraberpikirkritisdanketerampilanpemecahanmasalahyangmelibatkanmerekapadasituasinyata.1228812288122881228812288PenelitianinidilakukandiSMPKatolikFrateranCelaket21MalangkelasVII-Ayangberjumlah45siswa.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdenganduasiklusmasingmasingsiklusterdiridariduapertemuan.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenerapanProblemBasedLearning(PBL)yangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadikelasVII-ASMPKatolikFrateranCelaketMalang.1228812288122881228812288Prosespelaksanaanpembelajaranmelaluibeberapatahapanyaitu(1)orientasisiswadalammenghadapimasalahgurumenetapkansuatutindakanuntukmengurangirasaramaisiswaini.Selaingurumenegaskankepadasiswauntuktidakmembicarakanhallainselainmateriyangyangdibahasgurujugamenggunakansistempengurangannilaikepadasiswayangramaidikelasagarsiswasedikitmerasatermotivasiuntukbelajar(2)pengorganisasiansiswadalammelakukanpengamatanataustudisebelumpembelajarandimulaisiswatelahberkumpuldengankelompoksehinggaadapemaksimalanwaktudenganadanyaketuakelompokdapatmembantudalampengorganisasiansiswadalamkelompok(3)siswamelakukanpenelaahandaninvestigasipadakegiatankerjakelompokguruikutterjundalamlangsung(berkeliling)darikelompoksatukekelompokyanglainnyauntukmembimbingdengancaramemberipertanyaanpancinganagarmerekamaumemberikanpendapatnya.Untukmendukungprosesbelajardikelasgurujugamemberikannilaitambahanjikaadasiswayangberanibertanya.(4)mengembangkandanmempresentasikanhasilkaryadidukunggurudenganmemberikanpenghargaanbagikelompokyangmaupresentasidanmenjawabdenganbenar.dan(5)melakukananalisadanprosesevaluasiterhadappemecahanmasalahketikaadapenjelasanyangtidakdimengertisiswadipersilahkanuntukbertanyabaikkepadatemanyanglainatauguru.Sebagaitambahanmotivasiuntuksiswajikaadasiswayangbertanyamakaakanmendapattambahannilai.