Pengembangan lembar kerja siswa untuk pembelajaran yang menggunakan model Group Investigation pada materi relasi dan fungsi / Furintasari Setya Astuti
Main Author: | Astuti, Furintasari Setya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15812/ |
Daftar Isi:
- AstutiFurintasariSetya.2013.PengembanganLembarKerjaSiswaUntukPembelajaranyangMenggunakanModelGroupInvestigationpadaMateriRelasidanFungsi.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SriMulyatiM.PdKataKunciLKSgroupinvestigationrelasidanfungsiBerdasarkanhasilobservasiyangdilakukandikelasVIIIMTsNegeri1ParonternyataisiLKSyangdigunakanmasihberuparangkumanmatericontohsoaldanlatihansoal.Latihansoalcenderungmemilikitipeyangsamadarisoalsebelumnyabahkanadayangmengulangsoalsebelumnya.HalinidiakuisendiriolehsiswasehinggaLKSyangdigunakanmenjadisangatmembosankanjikaharusmenyelesaikansoalyangdiberikan.Beberapasiswajugamengatakankurangmemahamimaksudmateridansoal-soalyangdisajikandanterkadangmalasmengerjakanseluruhlatihankarenasalahsatualasannyapenyajianLKSyangmonotondankurangmenarik.Olehkarenaitudiperlukanlembarkerjasiswayangmendukungdalamprosesbelajarmengajar.Lembarkerjayangdikembangkantentusajayangdapatmembuatsiswamudahuntukmemahamisuatumateri.Salahsatucontohnyaadalahmaterirelasidanfungsi.Siswamengalamikesulitandalamhalperbedaanrelasidanfungsi.Salahsatucarayangdapatdigunakanmenggunakanmodelgroupinvestigation.Siswadimintamenyelidikikonseprelasidanfungsidengancaramengumpulkaninformasiyangadadisekitarkemudianmenganalisisdanmenyimpulkanhasilpenyelidikan.Olehkarenaitutujuandaripengembanganiniadalahmenghasilkanlembarkerjasiswamenggunakanmodelgroupinvestigationpadamaterirelasidanfungsi.Pengembanganlembarkerjasiswainimerujukpadaprosedurpengembanganyangmeliputi(1)analisissituasiawal(2)pengembanganLKS(3)penulisanLKSdan(4)penilaianLKS.LKShasilpengembangandivalidasioleh3validatoryangterdiridari1dosenmatematikadan2gurumatematikaMTsNegeri1Paron.SetelahituLKSdiujicobakankepada9siswakelasVIIIMTsNegeri1Paron.Berdasarkanhasilvalidasiahlidiperolehpersentasesebesar88%danangketsiswadiperolehpersentasesebesar87%.Karenahasilvalidasiahlidanangketsiswalebihdariatausamadengan75%makalembarkerjayangdikembangkandikatakanvaliddanpraktis.SelainituberdasarkanhasilujicobakelompokkecilsiswadapatmengerjakancekpemahamanyangdiberikandenganperolehannilaiyangtelahmemenuhiSKMyangditentukanyaitulebihdariatausamadengan75.DengandemikianberdasarkanhasildarivalidasiahliiiangketsiswadanujicobakelompokkecildapatdisimpulkanbahwaLKSyangdikembangkantelahmemenuhiaspekvalidpraktisdanefektif.LembarkerjasiswahasilpengembanganinidiharapkandapatditerapkanpadaprosespembelajarandikelasVIIIsecaraluastidakhanyaterbataspadakelompokkecil.Karenalembarkerjahasilpengembanganiniterbataspadamaterirelasidanfungsisajamakadiharapkanadanyapengembanganlembarkerjasiswadenganmodelpembelajarangroupinvestigationpadamaterilain.SelainitupadalembarvalidasibelummencakupkeseluruhanpenilaianLKSsehinggadiharapkanpadapengembanganselanjutnyalembarvalidasidapatmencakupkeseluruhanpenilaianLKS.DisampingitupenilaiankeefektifanLKShanyadiukurmenurutketuntasanhasilbelajarsiswasehinggadiharapkanpadapengembanganselanjutnyapenilaiankeefektifanLKSjugamenilaiaktivitassiswadangurusertakemampuangurudalammengelolapembelajaran.