Pengembangan lembar kerja siswa untuk pembelajaran yang menggunakan model Group Investigation pada materi relasi dan fungsi / Furintasari Setya Astuti

Main Author: Astuti, Furintasari Setya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/15812/
Daftar Isi:
  • AstutiFurintasariSetya.2013.PengembanganLembarKerjaSiswaUntukPembelajaranyangMenggunakanModelGroupInvestigationpadaMateriRelasidanFungsi.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SriMulyatiM.PdKataKunciLKSgroupinvestigationrelasidanfungsiBerdasarkanhasilobservasiyangdilakukandikelasVIIIMTsNegeri1ParonternyataisiLKSyangdigunakanmasihberuparangkumanmatericontohsoaldanlatihansoal.Latihansoalcenderungmemilikitipeyangsamadarisoalsebelumnyabahkanadayangmengulangsoalsebelumnya.HalinidiakuisendiriolehsiswasehinggaLKSyangdigunakanmenjadisangatmembosankanjikaharusmenyelesaikansoalyangdiberikan.Beberapasiswajugamengatakankurangmemahamimaksudmateridansoal-soalyangdisajikandanterkadangmalasmengerjakanseluruhlatihankarenasalahsatualasannyapenyajianLKSyangmonotondankurangmenarik.Olehkarenaitudiperlukanlembarkerjasiswayangmendukungdalamprosesbelajarmengajar.Lembarkerjayangdikembangkantentusajayangdapatmembuatsiswamudahuntukmemahamisuatumateri.Salahsatucontohnyaadalahmaterirelasidanfungsi.Siswamengalamikesulitandalamhalperbedaanrelasidanfungsi.Salahsatucarayangdapatdigunakanmenggunakanmodelgroupinvestigation.Siswadimintamenyelidikikonseprelasidanfungsidengancaramengumpulkaninformasiyangadadisekitarkemudianmenganalisisdanmenyimpulkanhasilpenyelidikan.Olehkarenaitutujuandaripengembanganiniadalahmenghasilkanlembarkerjasiswamenggunakanmodelgroupinvestigationpadamaterirelasidanfungsi.Pengembanganlembarkerjasiswainimerujukpadaprosedurpengembanganyangmeliputi(1)analisissituasiawal(2)pengembanganLKS(3)penulisanLKSdan(4)penilaianLKS.LKShasilpengembangandivalidasioleh3validatoryangterdiridari1dosenmatematikadan2gurumatematikaMTsNegeri1Paron.SetelahituLKSdiujicobakankepada9siswakelasVIIIMTsNegeri1Paron.Berdasarkanhasilvalidasiahlidiperolehpersentasesebesar88%danangketsiswadiperolehpersentasesebesar87%.Karenahasilvalidasiahlidanangketsiswalebihdariatausamadengan75%makalembarkerjayangdikembangkandikatakanvaliddanpraktis.SelainituberdasarkanhasilujicobakelompokkecilsiswadapatmengerjakancekpemahamanyangdiberikandenganperolehannilaiyangtelahmemenuhiSKMyangditentukanyaitulebihdariatausamadengan75.DengandemikianberdasarkanhasildarivalidasiahliiiangketsiswadanujicobakelompokkecildapatdisimpulkanbahwaLKSyangdikembangkantelahmemenuhiaspekvalidpraktisdanefektif.LembarkerjasiswahasilpengembanganinidiharapkandapatditerapkanpadaprosespembelajarandikelasVIIIsecaraluastidakhanyaterbataspadakelompokkecil.Karenalembarkerjahasilpengembanganiniterbataspadamaterirelasidanfungsisajamakadiharapkanadanyapengembanganlembarkerjasiswadenganmodelpembelajarangroupinvestigationpadamaterilain.SelainitupadalembarvalidasibelummencakupkeseluruhanpenilaianLKSsehinggadiharapkanpadapengembanganselanjutnyalembarvalidasidapatmencakupkeseluruhanpenilaianLKS.DisampingitupenilaiankeefektifanLKShanyadiukurmenurutketuntasanhasilbelajarsiswasehinggadiharapkanpadapengembanganselanjutnyapenilaiankeefektifanLKSjugamenilaiaktivitassiswadangurusertakemampuangurudalammengelolapembelajaran.