Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika pada pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus/balok siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Malang / Reni Dian Saputri

Main Author: Saputri, Reni Dian
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15810/
Daftar Isi:
  • SaputriReniDian.2013.PembelajaranKooperatifTipeThinkPairShareuntukMeningkatkanKemampuanKomunikasiMatematikapadaPokokBahasanLuasPermukaandanVolumeKubusdanBalokSiswaKelasVIIIFSMPNegeri2Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.AskuryM.Pd.KatakuncikomunikasimatematikapembelajarankooperatiftipeThinkPairShare12288122881228812288Kemampuankomunikasimatematikamerupakanhalyangsangatpentingdanperluditingkatkandalampembelajaranmatematikakarenakomunikasibisamembantupembelajaransiswatentangkonsepmatematikaketikasiswamemerankansituasimenggambarmenggunakanobjekmemberikanlaporandanpenjelasanverbal.Kemampuankomunikasipadapenelitianinilebihditekankankepadakemampuankomunikasimatematikasiswadenganpikirannyasendiri.Indikatorkemampuankomunikasimatematikayangakandiukurpadapenelitianiniadalahkemampuansiswauntukmenyatakansuatumasalahdengansimbolgambardanmodelmatematikasertamenjelaskanidemasaahdanrelasimatematikasecaratertulis.12288122881228812288SalahsatutipepembelajarankooperatifyangmemenuhiindikatorkomunikasimatematikaadalahThinkPairShare(TPS).Modelpembelajaraninimampumeningkatkankemampuankomunikasimatematikasiswakarenapembelajaraninidifokuskanpadakemampuansiswa.Siswamelakukansuatuproseskomunikasimatematikasesuaidenganbahasaataupemahamannyasendiri.Padatahapthinkkemampuankomunikasimatematikapadatahapinisangatdiperlukanuntukmemahamimasalahdanmemunculkanidedalammenyelesaikanmasalahdanproseskomunikasipadatahapiniterjadiproseskomunikasiantarasiswadenganpikirannyasendiri.Padatahappairtahapinisangatmemerlukankomunikasimatematikasiswakarenasiswadituntutuntukmendiskusikanpermasalahanyangtelahdiberikansehinggadapatmenghasilkanjawabanbersamadalamkelompok.Sedangkanpadatahapsharekemampuankomunikasimatematikajugasangatdiperlukankarenapasangan-pasangantersebutberdiskusidengankelassecarakeseluruhan.12288122881228812288HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranThinkPairSharetelahdilaksanakandenganduasiklus.PadasetiappertemuanterdapattigatahapintiyangdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematikasiswakelasVIIIFSMPNegeri2Malangyaitutahapthinkpairdanshare.Tindakangurupadatahapthinkadalahguruberkelilinguntukmemastikanbahwasiswabenar-benarmemnculkanidenyasendiri.Padatahappairtindakanyangdilakukanolehguruadalahmemfokuskanmaterikegiatandiskusisehinggasetiappasangandapatmenghasilkanjawabanbersama.Sedangkantindakangurupadatahapshareadalahgurumemandukegiataniniagardiskusikelasdapatberjalandenganbaikdansiswalaindapatberpartisipasi.PeningkatantersebutditunjukkandaripeningkatanpelaksanaanpembelajarankooperatiftipeThinkPairShareyakni765%padasiklusImeningkatmenjadi866%padasiklusII.Kemampuankomunikasimatematikarata-ratasiswameningkatdari521%padasiklusImenjadi65%padasiklusII.