Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) materi kesebangunan dan kekongruenan bangun datar menggunakan masalah kontekstual untuk siswa kelas IX SMPN 15 Malang / Miftahur Rohmah

Main Author: Rohmah, Miftahur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15809/
Daftar Isi:
  • RohmahMiftahur.2013.PengembanganLembarKerjaSiswa(LKS)MateriKesebangunanDanKekongruenanBangunDatarMenggunakanMasalahKontekstualUntukSiswaKelasIXSMPN15Malang.SkripsiJurusanPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.EtyTejoDwiCahyowatiM.Pd.KataKunciLembarKerjaSiswa(LKS)MasalahKontekstualKesebangunandanKekongruenan.12288122881228812288Matematikamerupakanpelajaranyangdirasasulitdanabstrakolehsiswa.Sehinggapendekatanyangmenggunakanmasalahkontekstualyangmengaitkanmaterimatematikadengankehidupansehari-hariyangdekatdengansiswaakanmempermudahsiswamempelajarimaterimatematikadanmenuntunsiswauntukmenemukansuatukonsepdarihasilpemikirannyasendiri.Sehinggakonseptersebutdapatselaludiingatolehsiswadansiswadapatmenggunakandalamkehidupansehari-hari.12288122881228812288Pengembanganlembarkerjasiswainimerujukpadaprosedurpengembanganyangmeliputi(1)analisissituasiawal(2)pengembanganrancanganLKS(3)penyusunanLKSdan(4)penilaianLKS.LKSdivalidasioleh3validatoryangterdiridari1dosenmatematikadan2gurumatematikaSMP.SetelahituLKSdiujicobakankepada6siswakelasIXSMP.12288122881228812288Berdasarkanhasilvalidasiahlidiperolehpersentaseaspekkontekstual88%aspekpraktis86%danaspekefektif85%.SelainituberdasarkanhasilujicobakelompokkecilsiswadapatmengerjakanseluruhLKSyangdiberikandenganperolehanrata-ratanilai88.DengandemikianLKSyangdikembangkandapatdinyatakanvalidkarenatelahmemenuhiaspekkontektualpraktisdanefektifsertatelahdisusunsesuaidengankemampuansiswa.SaranuntukpengembanganLKSselanjutnyadiharapkanmengembangkanLKSkontekstualpadamaterilainnya.SelainitudiharapkanLKShasilpengembanganiniditerapkanpadaprosesbelajarmengajarsiswakelasIXSMP.