Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen pada pokok bahasan turunan dengan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Turnament (TGT) / Denis Purnama Sari
Main Author: | Sari, Denis Purnama |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15807/ |
Daftar Isi:
- SariDenisPurnama.2013.PeningkatankeaktifandanhasilbelajarsiswakelasXIIPS2SMAnegeri1TurenpadapokokbahasanturunandenganpembelajarankooperatiftipeTeamGameTurnamen(TGT).SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.RustantoRahardiM.Si.KataKunciKeaktifanhasilbelajarpeningkatankeaktifanpeningkatanhasilbelajarTeamGameTurnamen(TGT).BerdasarkanhasilwawancaradengangurumatematikakelasXIIPS2dapatdisimpulkanbahwaprosesbelajarmengajarmasihberjalansatuarahdankelasmasihdidominasiolehbeberapasiswasaja.Adanyaprosesbelajarmengajarsepertiinimenjadikansiswakurangaktifdalammemahamikonsepsehinggapemahamankonsepsiswatidaktercapaidanhasilbelajarsiswarendah.Padahasilbelajarsiswamaterisebelumnyaterdapat8dari34siswayangdapatmencapaiSKBM.Untukituperluditerapkanpembelajaranyangmelibatkansiswasecaraaktifdanmampumengkonstruksipengetahuannyasertadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.SalahsatupembelajarankooperatifyangdapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswaadalahTeamGameTurnamen(TGT).PenelitianinimendiskripsikanpeningkatankeaktifandanhasilbelajarsiswakelasXIIPS2SMANegeriITurenpadamateriturunanfungsialjabardenganmenggunakanpembelajarankooperatiftipeTGT.PelaksanaanpembelajarankooperatiftipeTGTdilaksanakanmelalui5tahapyaitu1)presentasikelasgurumenjelaskanmaterisecaragarisbesardanmemberikanpraktikterbimbingkepadasiswa2)timmembentukkelompokyangterdiridari4-5siswadengankemampuanyangheterogen3)gamesiswamendiskusikanlembarkerjakelompokdanmempresentasikanhasildiskusi4)turnamensiswadengankemampuansamadisetiapmejaturnamenmengerjakansoalkuisdan5)penghargaankelompok.SiklusIdalampenelitianinidilaksanakandalamtigakalipertemuanan.Hasilpenelitiantindakankelasinimenunjukkanbahwapadasiklus1terdapat7941%siswayangkeaktifanyatermasukdalamkriteriabaikdansangatbaik.BerdasarkankriteriakeberhasilanpenelitianmakakelasXIIPS2dapatdikatakanaktif.Walaupundemikianhasilbelajarsiswamasihrendah.Dari34siswahanya2942%siswayangdapatmencapainilaiSKBM.Hasilbelajaryangmasihrendahinidisebabkankarenakeaktifansiswayangkurangefektifsiswahanyaaktifsecarafisiktanpamelibatkankeaktifanmentalnya.SiklusIIdilaksanakandalamduakalipertemuan.HasilpenelitianpadasiklusIImenunjukkanterjadipeningkatankeaktifandanhasilbelajarsiswa.HalinidapatdilihatselamaprosespembelajarankeaktifansemuasiswatermasukdalamkriteriabaikdansangatbaiksehinggakelasXIIPS2dapatdikatakanaktif.Dari34siswaterdapat8235%siswayangmedapatmencapainilaiSKBM.BerdasarkankriteriakeberhasilanpenelitianmakaprosespembelajaranyangdilaksanakanpadasiklusIIdapatdikatakanberhasildanmencapaiketuntasanbelajarsecaraklasikal.