Pengembangan media pembelajaran interaktif hands-on equations berbantu komputer pada materi persamaan linier satu variabel untuk siswa kelas VII / Fikriyaturrohmah
Main Author: | Fikriyaturrohmah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15802/ |
Daftar Isi:
- Fikriyaturrohmah.2013.PengembanganMediaPembelajaranInteraktifHands-onEquationsBerbantuKomputerpadaMateriPersamaanLinierSatuVariabeluntukSiswaKelasVII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.RiniNurhakikiM.Pd.KataKunciMediapembelajaraninteraktifpersamaanliniersatuvariabelHands-onEquations.Penggunaanmediapembelajaranakanmemudahkanmengajarkansuatukonsepyangabstrakmenjadilebihkonkritdenganmenggunakanobyek-obyekgambardanbendayangkonkrit.PengembanganmediainidiperlukanuntukmempermudahpemahamankonseppersamaanliniersatuvariabeldenganmediaHands-onEquationsyangmenggunakanneracadenganduasisiuntukmewakilikonseppersamaanpionuntukmewakilivariabeldankotakuntukmewakilibilangankonstanta.Sehinggadengandikembangkanmediapembelajaraninteraktifmenggunakanprogrammacromediaflashmateritersebutbisadisampaikansecarainteraktifdanmenyenangkandalamprosesbelajarmengajar.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmenghasilkanprogrammediapembelajaraninteraktifHands-OnEquationspadamateripersamaanliniersatuvariabeluntuksiswakelasVIISMP.Penelitianinimenggunakanmodelpengembanganproseduralyangterdiridarikegiatan(1)penyusunanrancanganyangterdiridari(a)identifikasikebutuhan(b)perumusantujuaninstruksional(c)mengumpulkanbahanreferensi(d)konsultasipadaahlimateridanahlimedia(2)penulisannaskahyangterdiridari(a)pembuatanbaganprogram(b)pembuatanstoryboardprogram(3)produksimediadan(4)evaluasiprogrammediayangberupa(a)membuatinstrumenpengumpulandata(b)validasiproduk(c)ujicobaprodukdan(d)revisidanmenghasilkanprodukakhir.Pengumpulandatamenggunakankuesioner(angket).Datayangdidapatkanberupadatakuantitatifdankulitatifdeskriptif.DatakuantitatifberasaldariujivalidasiprodukdariahlimateriahliPembelajaranBerbantuanKomputer(PBK)danujicobakelompokkecilpada6siswakelasVIyangbelummenempuhmateripersamaanliniersatuvariabel.Datakualitatifdeskriptifdiperolehdarikritikdansarandarivalidatordansubyekujicoba.Hasilujivalidasidanujicobaadalahsebagaiberikutmediayangdihasilkanmerupakanmediayangberkualitaskarenamemenuhikriteriavaliddanpraktissebagaimediapembelajaran.Halinidibuktikandarihasilperhitungansebagaiberikut(1)hasilvalidasimateridiperolehnilaiakhir7941%sehinggamediadikategorikanvalid(2)hasilvalidasimediadiperolehpersentase8333%sehinggamediadikategorikanvalid(3)hasilujicobakelompokkecilpada6siswadiperolehpersentase8542%sehinggamediadikatakansangatpraktis.Disarankankepadapengembangselanjutnyauntukmengembangkanmediapersamaanliniersatuvariabeldenganmenggunakansimulasineracayangbisadigerakkanolehsiswadanjugamengembangkanmediapadamateripertidaksamaanliniersatuvariabel.