Penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan Problem Posing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngasem Kediri / Salwa Chayati

Main Author: Chayati, Salwa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15801/
Daftar Isi:
  • ChayatiSalwa.2013.PenerapanPembelajaranBerbasisMasalahdenganProblemPosinguntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKreatifSiswaKelasVIIISMPNegeri1NgasemKediri.SkripsiProgramStudiPendidikanMatematikaJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingProf.Dr.IpungYuwonoM.SM.Sc.KatakunciPembelajaranBerbasisMasalahProblemPosingkemampuanberpikirkreatifKemampuanberpikirkreatifmerupakansalahsatukemampuanyangdikehendakiolehduniakerja.Berdasarkanhasilwawancaradanobservasiyangdilaksanakandapatdiketahuibahwametodeyangdigunakanadalahceramahtanyajawabdanpemberiantugassehinggasiswamenjadipasifjarangmengajukanpendapatdanidenyasertatidakpercayadirimengerjakansoaldidepankelas.Siswaterbiasadiberikansoalpilihangandadalampembelajaran.Ketikasebagianbesarsiswadiberikansoaldengantipeyangberbedadariyangdicontohkanolehgurunyamerekakuranglancardalammengerjakannya.Darihasilobservasiawaldiperolehsebanyak11siswadari40siswacukupkreatifdalampelajaranmatematika.HalinimenunjukkanbahwakemampuanberpikirkreatifsiswakelasVIII-Brendah.Olehkarenaitudiperlukanpembelajaranalternatifyangbisameningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswa.SalahsatunyaadalahPembelajaranBerbasisMasalahdenganProblemPosing.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpenerapanPembelajaranBerbasisMasalahdenganProblemPosingyangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswa.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).Tahapanyangdigunakandalampenelitianadalahperencanaantindakanpengamatandanrefleksi.PenelitianinidilaksanakandiSMPNegeri1NgasemKediridengansubjeksiswakelasVIII-Byangberjumlah40siswa.Berdasarkanhasilpembahasandiperolehkesimpulansebagaiberikut.Langkah-langkahPembelajaranBerbasisMasalahdenganProblemPosingdilaksanakandalamenamtahap.Pertamapadatahaporientasisiswakepadamasalahdiawalidenganpenyampaiantujuanpemberianmasalahdanpertanyaantentangmateriprasyaratpemberianceritatentangpenggunaanmateripenyampaiannamakelompokdanaturanmain.Keduapadatahapmengorganisasisiswauntukbelajarinigurumemberikanlembarkegiatansiswayangberisikanpermasalahan.Siswamemahamimasalahpertamadanmenyebutkanapayangdiketahuidanditanyakan.Ketigapadatahapmembimbing/mengarahkansiswadalampenyelidikanindividualdankelompokinigurumembimbingsiswamenyelesaikanpermasalahan.Siswaberdiskusidengantemankelompoknyauntukmengaitkankonsep-konsepsebelumnya.Keempatpadatahapmengembangkandanmempresentasikanhasilkaryainisiswamembuatlaporandanmempresentasikannya.Kelimapadatahapmenganalisisdanmengevaluasiprosespemecahanmasalahinigurumenganalisisbersamasiswamengenaikonsepyangbarudiperolehdansiswamemberikankesimpulan.Gurumemberikanevaluasilangsung.Keenampadatahappengajuanmasalahinisiswasecaraberkelompokmembuatdanmenyelesaikansoal.Siswamempresentasikanhasilpekerjaan.Gurumemberikanasesmendansiswasecaraindividumembuatdanmenyelesaikansoal.Kriteriakemampuanberipikirkreatifmeliputikelancarankeluwesankebaruandanmemperinci.Penelitianiniterdiriatasduasiklus.Masing-masingsiklusterdiridari2pertemuan.PadapenelitianinikemampuanberpikirkreatifsiswameningkatdarisiklusIyanghanyamencapai525%atau21siswaberadapadakategoriminimalcukupkreatif(tingkat2)menjadi725%atau29siswapadasiklusII.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanPembelajaranBerbasisMasalahdenganProblemPosingdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswakelasVIIIBSMPNegeri1NgasemKediri.Gurumatematikadisarankanuntukmenggunakanpembelajaraninidalamprosesbelajarmatematika.Untukpenelitiselanjutnyadisarankanmengembangkanpembelajaraninipadamaterilain.Pengelolaanwaktulebihdiperhatikankembalikarenapembelajaraninimemerlukanwaktucukuplama.Penggunaanbahasayangdapatdipahamidenganbaikolehsiswadanpemberianmasalahsemenarikmungkin.Haltersebutdapatmembantuagarprosespembelajaranberjalandenganbaik.