Pengembangan lembar kerja siswa dengan pendekatan inkuiri terbimbing pada pokok bahasan faktorisasi aljabar untuk kelas VIII SMP / Irma Retna Ayuningrum

Main Author: Ayuningrum, Irma Retna
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15800/
Daftar Isi:
  • KataKunciPengembanganLKSInkuiriTerbimbingFaktorisasiAljabarLembarKerjaSiswa(LKS)merupakansalahsatusumberbelajar.BerdasarkansurveiSMPNegeri8MalangmenggunakanLKSuntukmenunjangpembelajarandalampelaksanaankurikulumnya.LKSmatematikayangberedardisekolahbersifatdrill.ObservasipadabulanJulisampaiSeptember2012yangdilakukanpadasuatukelasVIIIdisekolahtersebutmenunjukkanbahwaLKStidakpernahdigunakanolehguru.GurupengajarmenyampaikanbahwaLKSyangadakurangmenarikminatbelajarsiswadankualitasisinyarendahkarenahanyaberisikumpulansoalyangtidakvariatif.Sementaraituberdasarkandatanilaihasilulanganhariansiswalebihdari80%siswadikelastersebutmengalamikesulitanmenuntaskankompetensidasarfaktorisasialjabar.PenelitimendapatkandatapustakapadabeberapapenelitiansebelumnyaLKSdenganpendekataninkuiriterbimbingmampumembantusiswamemahamikonsepmatematikadalamberbagaipokokbahasan.BerdasarkanhaltersebutpenelitibermaksudmengembangkanLKSyangvaliddanpraktisdenganpendekataninkuiriterbimbingpadapokokbahasanfaktorisasialjabar.ModelPengembanganyangdigunakanadalahModel4-DmilikThiagarajan.Terdapatempattahapandalammodelpengembanganiniyaitupendefinisianperancanganpengembangandanpenyebaran.Tahapkeempatyaitupenyebarantidakdilaksanakantetapidimasukkansebagaisaranpemanfaatandanpengembanganlebihlanjut.LKSdikembangkandenganmenggunakanenamkarakteristikpendekataninkuiriterbimbingyangdirumuskanolehKuhlthaudanRossTodd.PenelitiandanPengembangandilaksanakansejakbulanJanuarisampaiMaret.KegiatanvalidasiLKSdilakukanolehsatuorangdosendansatuoranggurumatematikaSMP.UjicobaprodukLKSdilakukanterhadapempatsiswakelasVIIISMPNegeri8yangdipilihberdasarkanjeniskelamindantingkatkemampuanmatematisdikelasnyasertaduaorangsiswaSMPIslamMaarif2Malangyangdipilihsecaraacak.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahlembarvalidasidanangketsiswa.SetelahdilakukananalisisdataberdasarkankriteriakevalidanyangdiadaptasidariArikuntodantingkatkepraktisanyangdiadaptasidariHobrihasilpenelitiandanpengembanganmenunjukkanbahwaLKSyangdikembangkanvaliddanpraktisdenganprosentasekevalidan8515%danrata-rataskorkepraktisan326.NamunkeefektifanLKSdalammembantusiswamenuntaskankompetensidasarfaktorisasialjabarbelumdapatdiketahuikarenaujicobadilaksanakandalamkelompokkecilyangtelahmenempuhmateritersebut.OlehkarenaitudiharapkanakanadapenelitianlebihlanjutpadakelompokbesaruntukmengetahuitingkatkeefektifanLKS.