Pengembangan lembar kerja siswa dengan pendekatan inkuiri terbimbing pada pokok bahasan faktorisasi aljabar untuk kelas VIII SMP / Irma Retna Ayuningrum
Main Author: | Ayuningrum, Irma Retna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15800/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPengembanganLKSInkuiriTerbimbingFaktorisasiAljabarLembarKerjaSiswa(LKS)merupakansalahsatusumberbelajar.BerdasarkansurveiSMPNegeri8MalangmenggunakanLKSuntukmenunjangpembelajarandalampelaksanaankurikulumnya.LKSmatematikayangberedardisekolahbersifatdrill.ObservasipadabulanJulisampaiSeptember2012yangdilakukanpadasuatukelasVIIIdisekolahtersebutmenunjukkanbahwaLKStidakpernahdigunakanolehguru.GurupengajarmenyampaikanbahwaLKSyangadakurangmenarikminatbelajarsiswadankualitasisinyarendahkarenahanyaberisikumpulansoalyangtidakvariatif.Sementaraituberdasarkandatanilaihasilulanganhariansiswalebihdari80%siswadikelastersebutmengalamikesulitanmenuntaskankompetensidasarfaktorisasialjabar.PenelitimendapatkandatapustakapadabeberapapenelitiansebelumnyaLKSdenganpendekataninkuiriterbimbingmampumembantusiswamemahamikonsepmatematikadalamberbagaipokokbahasan.BerdasarkanhaltersebutpenelitibermaksudmengembangkanLKSyangvaliddanpraktisdenganpendekataninkuiriterbimbingpadapokokbahasanfaktorisasialjabar.ModelPengembanganyangdigunakanadalahModel4-DmilikThiagarajan.Terdapatempattahapandalammodelpengembanganiniyaitupendefinisianperancanganpengembangandanpenyebaran.Tahapkeempatyaitupenyebarantidakdilaksanakantetapidimasukkansebagaisaranpemanfaatandanpengembanganlebihlanjut.LKSdikembangkandenganmenggunakanenamkarakteristikpendekataninkuiriterbimbingyangdirumuskanolehKuhlthaudanRossTodd.PenelitiandanPengembangandilaksanakansejakbulanJanuarisampaiMaret.KegiatanvalidasiLKSdilakukanolehsatuorangdosendansatuoranggurumatematikaSMP.UjicobaprodukLKSdilakukanterhadapempatsiswakelasVIIISMPNegeri8yangdipilihberdasarkanjeniskelamindantingkatkemampuanmatematisdikelasnyasertaduaorangsiswaSMPIslamMaarif2Malangyangdipilihsecaraacak.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahlembarvalidasidanangketsiswa.SetelahdilakukananalisisdataberdasarkankriteriakevalidanyangdiadaptasidariArikuntodantingkatkepraktisanyangdiadaptasidariHobrihasilpenelitiandanpengembanganmenunjukkanbahwaLKSyangdikembangkanvaliddanpraktisdenganprosentasekevalidan8515%danrata-rataskorkepraktisan326.NamunkeefektifanLKSdalammembantusiswamenuntaskankompetensidasarfaktorisasialjabarbelumdapatdiketahuikarenaujicobadilaksanakandalamkelompokkecilyangtelahmenempuhmateritersebut.OlehkarenaitudiharapkanakanadapenelitianlebihlanjutpadakelompokbesaruntukmengetahuitingkatkeefektifanLKS.