Penerapan model pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan segitiga siswa kelas VII-C SMP Negeri 2 Kepanjen / Widiya Pakartining Kawedar

Main Author: Kawedar, Widiya Pakartining
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15797/
Daftar Isi:
  • KawedarWidiyaPakartining.2013.PenerapanModelPembelajaranReciprocalTeachingUntukMeningkatkanHasilBelajarMatematikapadaPokokBahasanSegitigaSiswaKelasVII-CSMPNegeri2Kepanjen.SkripsiProgramStudiPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.AbdulQoharM.TKatakuncimodelpembelajaranReciprocalTeachinghasilbelajar.Paradigmapendidikansaatinimengalamiperubahan.Salahsatuakibatnyaprosespembelajaranjugaberubah.Prosespembelajarantidaklagiberpusatpadagurumelainkanberpusatpadasiswadimanasiswaterlibatlangsunguntukmenggalipengetahuanbaru.Untukitudiperlukansuatuvariasimodelpembelajaranyangsesuaiagarsiswamerasanyamanuntukmengikutikegiatanpembelajaran.PadasaatwawancaradengangurumatematikaSMPNegeri2Kepanjenpembelajaranuntukpokokbahasansegitigamenggunakanmetodeceramah.Siswatidakmemperhatikanketikagurusedangmenjelaskanmateridanketikadilakukanevaluasibanyaksiswayangtidakberhasilmendapatkanhasilbelajaryangmaksimal.Haliniditunjukkandenganprosentasesiswayangmendapatkannilaiulanganmatematikanilainyadiatas75hanya445%.MelaluimodelpembelajaranReciprocalTeachinginipenelitibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswa.PenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangdilaksanakandikelasVII-CSMPNegeri2KepanjenpadamateriSegitiga.Penelitianinidilakukandalamduasiklusyangmasing-masingmelaluiempattahapanyaitu(1)tahapperencanaan(2)tahappelaksanaan(3)tahapobservasi(4)tahaprefleksi.