Penerapan model pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan segitiga siswa kelas VII-C SMP Negeri 2 Kepanjen / Widiya Pakartining Kawedar
Main Author: | Kawedar, Widiya Pakartining |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15797/ |
Daftar Isi:
- KawedarWidiyaPakartining.2013.PenerapanModelPembelajaranReciprocalTeachingUntukMeningkatkanHasilBelajarMatematikapadaPokokBahasanSegitigaSiswaKelasVII-CSMPNegeri2Kepanjen.SkripsiProgramStudiPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.AbdulQoharM.TKatakuncimodelpembelajaranReciprocalTeachinghasilbelajar.Paradigmapendidikansaatinimengalamiperubahan.Salahsatuakibatnyaprosespembelajaranjugaberubah.Prosespembelajarantidaklagiberpusatpadagurumelainkanberpusatpadasiswadimanasiswaterlibatlangsunguntukmenggalipengetahuanbaru.Untukitudiperlukansuatuvariasimodelpembelajaranyangsesuaiagarsiswamerasanyamanuntukmengikutikegiatanpembelajaran.PadasaatwawancaradengangurumatematikaSMPNegeri2Kepanjenpembelajaranuntukpokokbahasansegitigamenggunakanmetodeceramah.Siswatidakmemperhatikanketikagurusedangmenjelaskanmateridanketikadilakukanevaluasibanyaksiswayangtidakberhasilmendapatkanhasilbelajaryangmaksimal.Haliniditunjukkandenganprosentasesiswayangmendapatkannilaiulanganmatematikanilainyadiatas75hanya445%.MelaluimodelpembelajaranReciprocalTeachinginipenelitibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswa.PenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangdilaksanakandikelasVII-CSMPNegeri2KepanjenpadamateriSegitiga.Penelitianinidilakukandalamduasiklusyangmasing-masingmelaluiempattahapanyaitu(1)tahapperencanaan(2)tahappelaksanaan(3)tahapobservasi(4)tahaprefleksi.