Pengembangan bahan ajar matematika berbasis mind mapping pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Negeri 7 Malang / Hario Wisnu Dwi Buono Putro

Main Author: Putro, Hario Wisnu Dwi Buono
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15792/
Daftar Isi:
  • WisnuD.B.PHario.2013.PengembanganBahanAjarMatematikaBerbasisMindMappingPadaPokokBahasanSistemPersamaanLinearDuaVariabelKelasVIIISMPNegeri7Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanMatematika.JurusanMatematika.FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingIndriatiNurulHidayahS.PdM.Si.KataKunciBahanajarSistemPersamaanLinearDuaVariabelMindMapping.Peningkatankualitaspendidikandapatdicapaidenganmenciptakanterobosandalambidangpembelajaransalahsatunyaadalahdenganmenciptakanbahanajar.BerdasarkanpengamatanpenelitisaatPPLdiSMPNegeri7MalangdidapatkaninformasibahwatidaksedikitsiswayangkesulitandalammenyelesaikanmasalahmatematikapadapokokbahasanSistemPersamaanLinearDuaVariabel.HaltersebutdisebabkankarenakurangnyapemahamansiswatentangmateriSistemPersamaanLinearDuaVariabeldantidaktepatnyapenyajianbahanajaryangdigunakan.OlehkarenaitupenelitibermaksudmengembangkanbahanajarberbasisMindMappingpadapokokbahasanSistemPersamaanLinearDuaVariabeluntukmenyelesaikanpermasalahantersebut.BahanajarberbasisMindMappingadalahbahanajaryangmengajaksiswadalammemahamikonsepdanprosesyangdisusundenganmenggunakanteknikMindMapping.TujuandaripenelitianiniiniadalahmemahamiprosespengembanganbahanajarberbasisMindMappingsertamemahamibentukbahanajarberbasisMindMappingsiswaSMPpadapokokbahasanSistemPersamaanLinearDuaVariabel.PengembanganbahanajarinimemodifikasimodelpengembanganPlompyangterdiriatas(1)tahapinvestigasiawal(2)tahapproduksi(desaindanrealisasi)dan(3)tahaptesevaluasidanrevisi.Ujicobayangdilakukanpenelitiadalahujikevalidanyangdilakukanolehsatuorangdosendanduaoranggurumatematikasedangkanujikepraktisandanujikeefektifandilakukanoleh6orangsiswasebagaisubjekujicobadengankriteriayangtelahditentukan.Berdasarkananalisispengembangandidapatkanhasilyaitu(1)skorkevalidansebesar411dengankriteriakevalidanvalid(2)skorkepraktisan415dengantingkatkepraktisantinggidan(3)skorkeefektifan8621.Secarakeseluruhandapatdisimpulkanbahwabahanajaryangdikembangkandinyatakanvalidpraktisdanefektif.Walaupundemikiansebagaipenyempurnaanbahanajarpenelititetapmelakukanrevisiberdasarkansarandancatatanyangdiberikanolehdosengurudansiswa.