Penerapan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII-H SMP Negeri 17 Malang pada materi garis singgung lingkaran / Matin Enggar Putri

Main Author: Putri, Matin Enggar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15790/
Daftar Isi:
  • KataKunciQuantumTeachingmotivasihasilbelajarsiswaBerdasarkanhasilobservasidanwawancaradenganguruMatematikaKelasVIIIdiSMPNegeri17Malangdiperolehbahwamotivasibelajarsiswaselamamengikutiprosespembelajaranmasihkuranghalinidapatdilihatdarikonsentrasisiswayangmudahterpecahdikarenakansiswacepatmerasabosan.SelainituPembelajaranselamainiterutamamaterigarissinggunglingkaranmasihmenggunakanmetodekonvensional.Halinimengakibatkansiswacenderungmenghafalrumusuntukmenentukanpanjanggarissinggunglingkaran.PenelitianinidilaksanakandiSMPNegeri17MalangdengansubjeksiswakelasVIII-Htahunajaran2012/2013yangberjumlah31siswa.JenispenelitianinitermasukPenelitianTindakanKelas.Dalampenelitianinimendeskripsikanlangkah-langkahpenerapanmodelpembelajaranQuantumTeachingyangdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswapadamaterigarissinggunglingkaran.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwalangkah-langkahmodelpembelajaranQuantumTeachingyangdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswayaitu(1)Tumbuhkangurumemberikanpertanyaan-pertanyaansingkatyangberhubungandenganmateriyangakandipelajaridenganbantuanmedia(2)AlamigurumembimbingsiswamemperolehsuatukonsepmelaluiLKSyangdiberikan(3)NamaisiswaberdiskusiuntukmenyelesaikanLKSdanmelaluiLKSsiswaakanmemperolehkonsepyangakandipelajari(4)Demonstrasikansiswadiberikesempatanuntukmempresentasikanhasildiskusinya(5)Ulangisiswamengulangikonsepyangtelahdipelajaridenganpengerjaansoaldenganmediapermainan(6)Rayakangurumemberikanpenghargaanberupatepuktanganpoinatauhadiahkepadasiswayangaktifdalampembelajaran.BerdasarkanhasilanalisisdatamenunjukkanskormotivasisiswasiklusIrata-rata278termasukdalamtarafkeberhasilancukupbaikdanpadasiklusIIdenganskorhasilmotivasibelajarsiswasebesar341termasukdalamkategorisangatbaik.SedangkanhasilbelajarsiswapadasiklusImenunjukkanpersentasekeberhasilansebesar5667%darikeseluruhansiswa.HasilbelajarpadasiklusIImempunyaipersentasekeberhasilan80%darikeseluruhansiswa.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdiperolehbahwapenerapanmodelpembelajaranQuantumTeachingdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasVIII-HSMPNegeri17Malangpadamaterigarissinggunglingkaran.