Persepsi pimpinan sekolah dan guru bidang studi tentang kinerja konselor di SMP Negeri se-ibukota Kabupaten Sumenep / Fena Suciati

Main Author: Fena Suciati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/1579/
Daftar Isi:
  • Keberadaanbimbingandankonselingdalamsetingpendidikankhususnyasekolahtelahmemilikilegalitasyangkuat.Dalampendidikanituterdapattigabidangyangsalingterkaityaituadministrasisupervisi(pimpinansekolah)pengajaran(gurubidangstudi)danbimbingankonseling(konselor).Ketigabidangtersebutsalingmenunjangsatusamalaindemitercapainyatujuanpendidikanyaituperkembanganindividusecaraoptimal.Dalammembantuperkembanganpesertadidikyangmerupakanindividuyangunikkonselortidakdapatbekerjasendirimelainkanmembutuhkankerjasamadarisemuapersonilsekolahdalambimbingan.Olehkarenaitudiharapkanpimpinansekolahdangurumemilikipersepsipositifterhadapkeberadaanpelayananbimbingankonselingdisekolah.Akantetapibanyakpimpinansekolahdanguruyangmenilainegatiftentangkinerjakonselor.Penyebabnyakarenamerekabelummengertidanpahamakantugas-tugaskonselordisekolahsehinggapersepsinegatiftersebutditunjukkandalambentukperilaku.Perilakunegatiftersebutakanberakibatpadakinerjakonselor.Pelaksanaanbimbingankonselingyangmengalamiketidaksesuaiandisekolahbukanlahkarenakonsepnyamelainkankonseloryangtidakberlatarpendidikanbimbingankonselingsehinggakinerjayangditampilkantidakoptimal.Misalnyasajasaatinibanyaksekolahmenambahjumlahkonselordenganmengangkatgurubidangstudiuntukmemenuhistandarpelayanankonseloryaitu1150.Padahalperananprofesionalyangditampilkanantarakonselordenganbidangpekerjaanituberbedayakniketerampilankeahliandanpengetahuannyadibidangbimbingankonseling.Olehsebabituprofesionalitaskinerjakonselorsangatdiperlukansebagaikuncisuksesnyakelancaranbimbingandankonselingdalammenjalankantugasdantanggungjawabnyamencapaitujuanpendidikandansemuaitudidukungolehpersepsipositifdaripersonilsekolahlainnya.TujuanpenelitianiniadalahmengetahuipersepsipimpinansekolahtentangkinerjakonselordiSMPNse-IbukotaKabupatenSumenepdanmengetahuipersepsigurubidangstuditentangkinerjakonselordiSMPNse-IbukotaKabupatenSumenep.Rancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptif.PopulasipenelitianadalahpimpinansekolahdangurubidangstudidiSMPNse-IbukotaKabupatenSumeneptahunpelajaran2006/2007sebanyak325orang.Sampelpenelitianditentukansebesar25%darijumlahpopulasijadi85orangmeliputipimpinansekolah(kepaladanwakakesiswaankurikulumsarana-prasaranadanhumas)25orangdangurubidangstudi60orang.Pimpinansekolahmenggunakansampeltotaldangurubidangstudimenggunakanproporsionalrandomsampling.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanangket.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahpersentase.Hasilyangdiperolehdaripenelitianinimenunjukkanbahwa(1)sangatbanyak(840%)pimpinansekolahSMPNse-IbukotaKabupatenSumenepyangmenilaikinerjakonselorsangatsesuaisedikitsekali(160%)yangmenilaisesuaidantidakadayangmenilaikurangsesuaimaupuntidaksesuai(2)sedikit(333%)gurubidangstudiyangmenilaikinerjakonselorsangatsesuaicukupbanyak(517%)yangmenilaisesuaidansedikitsekali(150%)yangmenilaikurangsesuaisedangkantidakadagurubidangstudiyangmenilaikinerjakonselortidaksesuaidenganketentuanyangberlakumaupunyangdiharapkanpersonilsekolah.Berdasarkanhaltersebutdisarankankepada(1)Kepalasekolahhendaknyamenjadikanpenelitianinisebagaimasukandalammemberikankebijakankepadakonselordalammenyediakansaranaprasaranatenagadanmengkoordinirsegenapkegiatanyangdiprogramkansehinggapelayananbimbingandankonselingmenjadiefektifdanefisien(2)Konselordiharapkanhasilpenelitianinidapatdijadikansebagaimasukanuntuklebihmensosialisasikanprogramkerjanyakepadasemuapersonilsekolahagarpersonilsekolahdapatmengetahuitugasnyamasing-masingdalammembantupelaksanaanlayananbimbingandankonseling(3)Guruhendaknyadapatlebihmeningkatkanhubungankerjasamadengankonselordalamhalpengajarankarenaprosesbelajarmengajarakandapatberjalandenganefektifapabilasiswatidakmempunyaimasalahyangmenggangguprosesbelajarnyadanperanbimbingankonselingditampilkandenganmemberikanpengajaranperbaikandanpemberianmateripengayaan(4)Penelitilanjutandiharapkanagarmenelitidenganmenggunakansampelyangkarakteristiknyaberbedamisalnyasekolahmenengahkejuruanselainitujugadengansampelyanglebihbesarmisalnyase-Kotamadyapenelitilanjutanjugadapatmenggunakanmetodeyanglebihspesifiksepertiobservasidanwawancaradanpedomankurikulumyangbaru.