Pengembangan bahan ajar berbasis realistic mathematic education untuk membangun kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VIII pada materi fungsi / Taufiq Hidayanto
Main Author: | Hidayanto, Taufiq |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15787/ |
Daftar Isi:
- KatakuncibahanajarrealisticmathematiceducationkomunikasimatematisfungsiKomunikasimatematismerupakankemampuanpenyampaianideatauga-gasanbaiksecaralisanvisualmaupundalambentuktertulisdenganmengguna-kanistilahmatematikadanberbagairepresentasiyangsesuaisertamemperhatikankaidah-kaidahmatematika.Faktadilapanganmenunjukkanbahwakemampuankomunikasimatematissiswatergolongmasihlemah.Bahanajarsangatlahdiperlukankarenasiswadapatmembangunkemampuankomunikasimatematisnyamelaluiaktivitas-aktivitasdidalambahanajar.Namunbahanajaryangberedardipasaranbelummemenuhikarakterkonstruktivistikdankurangmendorongsiswadalammembangunkemampuankomunikasimatematisnya.Olehkarenaituperludisusundandikembangkanbahanajaryangberkualitasmenurutkriteriatertentu.Bahanajaryangakandikembangkanmenggunakansalahsatupendekatanpembelajaranyangakanmenggiringsiswamemahamikonsepmatematikadenganmengkontruksisendirimelaluipengetahuansebelumnyayangberhubungandengankehidupansehari-harinyasertamemberikesempatansiswauntukmembangunkemampuankomunikasimatematisnya.TujuanpenelitiandanpengembanganadalahuntukmenghasilkanbahanajarberbasisRealisticMathematicEducationyangvaliddanefektifsehinggadapatdigunakanuntukmembangunkemampuankomunikasimatematissiswapadasubmaterimemahamirelasidanfungsisertamenentukannilaifungsi.Bahanajaryangdikembangkanberbentuklembaraktivitassiswa(LKS).Modelpengembanganbahanajarpadapenelitianinimengacupadamodel4-DyangdikembangkanolehThiagarajan(1974)yangtelahdimodifikasi.Modifikasiyangdilakukanadalahsebagaiberikut1)penyederhanaanmodelyangsebelumnyaterdapatempattahapmenjaditigatahapansajayaitupendefinisian(define)perancangan(design)danpengembangan(develop)halinidilakukankarenaketerbatasanwaktusertabiaya2)tidaksemuatahapanpadamodel4-DdigunakankarenadisesuaikandengankebutuhanpengembanganbahanajaryangberupaLKS.BerdasarkanhasilvalidasidanhasilujicobaprodukyangtelahdiuraikanpadababIVsecarakeseluruhanprodukbahanajaryangdikembangkandinyatakanvalidmenurutpenilaianvalidatordanberkriteriaefektifberdasarkananalisishasilujicobakepadasiswa.Jadidapatdisimpulkanbahwabahanajaryangdikembangkanlayakdigunakanuntukmembangunkemampuankomunikasimatematissiswapadamaterifungsi.Disarankankepadapengembang-pengembanglainnyauntukmengujicobakanbahanajarinikepadasiswadalamkelompokyanglebihbesardanmenerapkantigaprinsipdanlimakarakteristikRMEdenganmemperhatikankaraktersiswalokalsebagaicalonpengguna.