Pengembangan bahan ajar berbasis realistic mathematic education untuk membangun kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VIII pada materi fungsi / Taufiq Hidayanto

Main Author: Hidayanto, Taufiq
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15787/
Daftar Isi:
  • KatakuncibahanajarrealisticmathematiceducationkomunikasimatematisfungsiKomunikasimatematismerupakankemampuanpenyampaianideatauga-gasanbaiksecaralisanvisualmaupundalambentuktertulisdenganmengguna-kanistilahmatematikadanberbagairepresentasiyangsesuaisertamemperhatikankaidah-kaidahmatematika.Faktadilapanganmenunjukkanbahwakemampuankomunikasimatematissiswatergolongmasihlemah.Bahanajarsangatlahdiperlukankarenasiswadapatmembangunkemampuankomunikasimatematisnyamelaluiaktivitas-aktivitasdidalambahanajar.Namunbahanajaryangberedardipasaranbelummemenuhikarakterkonstruktivistikdankurangmendorongsiswadalammembangunkemampuankomunikasimatematisnya.Olehkarenaituperludisusundandikembangkanbahanajaryangberkualitasmenurutkriteriatertentu.Bahanajaryangakandikembangkanmenggunakansalahsatupendekatanpembelajaranyangakanmenggiringsiswamemahamikonsepmatematikadenganmengkontruksisendirimelaluipengetahuansebelumnyayangberhubungandengankehidupansehari-harinyasertamemberikesempatansiswauntukmembangunkemampuankomunikasimatematisnya.TujuanpenelitiandanpengembanganadalahuntukmenghasilkanbahanajarberbasisRealisticMathematicEducationyangvaliddanefektifsehinggadapatdigunakanuntukmembangunkemampuankomunikasimatematissiswapadasubmaterimemahamirelasidanfungsisertamenentukannilaifungsi.Bahanajaryangdikembangkanberbentuklembaraktivitassiswa(LKS).Modelpengembanganbahanajarpadapenelitianinimengacupadamodel4-DyangdikembangkanolehThiagarajan(1974)yangtelahdimodifikasi.Modifikasiyangdilakukanadalahsebagaiberikut1)penyederhanaanmodelyangsebelumnyaterdapatempattahapmenjaditigatahapansajayaitupendefinisian(define)perancangan(design)danpengembangan(develop)halinidilakukankarenaketerbatasanwaktusertabiaya2)tidaksemuatahapanpadamodel4-DdigunakankarenadisesuaikandengankebutuhanpengembanganbahanajaryangberupaLKS.BerdasarkanhasilvalidasidanhasilujicobaprodukyangtelahdiuraikanpadababIVsecarakeseluruhanprodukbahanajaryangdikembangkandinyatakanvalidmenurutpenilaianvalidatordanberkriteriaefektifberdasarkananalisishasilujicobakepadasiswa.Jadidapatdisimpulkanbahwabahanajaryangdikembangkanlayakdigunakanuntukmembangunkemampuankomunikasimatematissiswapadamaterifungsi.Disarankankepadapengembang-pengembanglainnyauntukmengujicobakanbahanajarinikepadasiswadalamkelompokyanglebihbesardanmenerapkantigaprinsipdanlimakarakteristikRMEdenganmemperhatikankaraktersiswalokalsebagaicalonpengguna.