Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan kontekstual pada materi aritmetika sosial untuk SMP kelas VII semester 1 / Tri Novitasari
Main Author: | Novitasari, Tri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15783/ |
Daftar Isi:
- KatakunciLKSaritmetikasosialkontekstualBerdasarkanwawancarasecarainformaltehadapsiswaSMPN3PorongdanSMPN1GempoldapatdiketahuibahwamerekamengalamikesulitanpadamateriAritmetikaSosial.Guruhanyamenjelaskanrumus-rumussajasehinggaketikasiswadihadapkanpadasebuahpermasalahanAritmetikaSosialmerekamenjadikebingunganuntukmenyelesaikanmasalahtersebut.LKSyangadasaatinimasihberuparingkasanmateridankumpulansoalsaja.SelainituberdasarkanhasilwawancaraterhadapguruSMPN1GempoltampilanLKSyangdisajikandalamLKSkurangmenarikdankurangmenuntunsiswauntukmenemukansendiriintidarimateriyangdisajikan.UntukmengatasihaltersebutdiperlukanadanyaLKSdenganpendekatankontekstualsehinggadiharapkansiswalebihmampumemahamimateriaritmetikasosial.TujuanyangingindicapaimelaluipenelitianiniadalahmenghasilkanlembarkerjasiswadenganpendekatankontekstualuntukSMPkelasVIIsemester1.PengembanganLKSaritmetikasosialmengacupada4langkahdari10langkahpenelitiandanpengembanganmenurutBorgdanGallyaitupenelitiandanpengumpulandataperancanganpengembangandraftprodukdanujicoba.UjicobadilaksanakandiSMPN1Gempoldengansubjekujicobasebanyak9orangsiswa.Hasilvalidasidanujicobadilapanganmenunjukkanresponyangpositif.SehinggaLKSyangdihasilkandapatdigunakandiSMPdalampembelajaranmateriaritmetikasosial.Selainituhasilvalidasidanujicobadilapangantelahmemenuhikriteriakevalidan.KevalidanLKSyangdikembangkanadalah34ataumasukdalamkategorisangatvalid.HasilevaluasisubjekujicobaseluruhnyamemenuhiSKMyangditentukanyaitu75.KarenaujicobayangdilakukandalampengembanganmasihpadakelompokkecilmakadisarankankepadapengembangyanglainuntukmengujicobakanLKSinikepadasiswadalamkelompokyanglebihbesar.