Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan kontekstual pada materi aritmetika sosial untuk SMP kelas VII semester 1 / Tri Novitasari

Main Author: Novitasari, Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15783/
Daftar Isi:
  • KatakunciLKSaritmetikasosialkontekstualBerdasarkanwawancarasecarainformaltehadapsiswaSMPN3PorongdanSMPN1GempoldapatdiketahuibahwamerekamengalamikesulitanpadamateriAritmetikaSosial.Guruhanyamenjelaskanrumus-rumussajasehinggaketikasiswadihadapkanpadasebuahpermasalahanAritmetikaSosialmerekamenjadikebingunganuntukmenyelesaikanmasalahtersebut.LKSyangadasaatinimasihberuparingkasanmateridankumpulansoalsaja.SelainituberdasarkanhasilwawancaraterhadapguruSMPN1GempoltampilanLKSyangdisajikandalamLKSkurangmenarikdankurangmenuntunsiswauntukmenemukansendiriintidarimateriyangdisajikan.UntukmengatasihaltersebutdiperlukanadanyaLKSdenganpendekatankontekstualsehinggadiharapkansiswalebihmampumemahamimateriaritmetikasosial.TujuanyangingindicapaimelaluipenelitianiniadalahmenghasilkanlembarkerjasiswadenganpendekatankontekstualuntukSMPkelasVIIsemester1.PengembanganLKSaritmetikasosialmengacupada4langkahdari10langkahpenelitiandanpengembanganmenurutBorgdanGallyaitupenelitiandanpengumpulandataperancanganpengembangandraftprodukdanujicoba.UjicobadilaksanakandiSMPN1Gempoldengansubjekujicobasebanyak9orangsiswa.Hasilvalidasidanujicobadilapanganmenunjukkanresponyangpositif.SehinggaLKSyangdihasilkandapatdigunakandiSMPdalampembelajaranmateriaritmetikasosial.Selainituhasilvalidasidanujicobadilapangantelahmemenuhikriteriakevalidan.KevalidanLKSyangdikembangkanadalah34ataumasukdalamkategorisangatvalid.HasilevaluasisubjekujicobaseluruhnyamemenuhiSKMyangditentukanyaitu75.KarenaujicobayangdilakukandalampengembanganmasihpadakelompokkecilmakadisarankankepadapengembangyanglainuntukmengujicobakanLKSinikepadasiswadalamkelompokyanglebihbesar.