Penerapan model cooperatif learning tipe circ untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi himpunan kelas VII SMP Negeri 13 Malang / Atik Yuliana
Main Author: | Yuliana, Atik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15780/ |
Daftar Isi:
- YulianaAtik.2013.PenerapanModelCooperativeLearningTipeCIRCuntukMeningkatkanKeterampilanSiswadalamMenyelesaikanSoalCeritaMateriHimpunanKelasVIISMPNegeri13Malang.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.SukoriyantoM.Si.KatakunciCooperativeLearningCIRCKeterampilanPenyelesaianSoalCerita12288122881228812288122881228812288BerdasarkanobservasidanwawancarayangdilakukandiSMPNegeri13Malangdiketahuibahwaketerampilansiswadalammenyelesaikansoalceritamasihrendah.Halinidisebabkansiswamengalamikesulitandalammemahamisoalyangterlihatdarikesalahansiswasaatmengubahbahasasoalmenjadibahasamatematika.Dalamsetiappembelajaransiswahanyamengerjakansoal-soaldibukupaketyanglangsungmelibatkanbilanganjarangberupasoalcerita.Rendahnyaketerampilansiswadalammenyelesaikansoalceritainiditunjukkandarihasilulanganhariansiswa.Berdasarkanhasilulanganhariandiketahuibahwa10siswamendapatkannilai880575(KKM)sedangkan29siswamendapatnilaidibawahKKM.Untukmengatasipermasalahantersebutmakaperludilakukanpenelitiantentangpenerapanpembelajaranyangdapatmeningkatkanketerampilansiswadalammenyelesaikansoalcerita.SalahsatupembelajaranyangdapatditerapkanyaitumodelCooperativeLearningtipeCIRC(CooperativeIntegratedReadingandComposition).12288122881228812288PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanrancangandanpelaksanaanpembelajaranmatematikadenganmenggunakanmodelpembelajaranCIRCdalammeningkatkanketerampilansiswamenyelesaikansoalceritakelasVII-BSMPNegeri13Malangpadamaterihimpunan.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiriatasduasiklus.Setiapsiklusmencakupempattahapyaituperencanaantindakanpengamatandanrefleksi.Pengumpulandatadalampenelitianinimenggunakantesdanobservasi.PenelitiandilaksanakanpadabulanFebruari2013dengansubyekpenelitianadalahsiswakelasVII-BSMPNegeri13Malangyangberjumlah38dari39siswa.12288122881228812288BerdasarkanhasilanalisisdiperolehhasilpenelitianmengenaipenerapanpembelajaranmodelCooperativeLearningtipeCIRCyangdapatmeningkatkanketerampilansiswadalammenyelesaikansoalceritayaitusiswadibagidalamkelompokkecilsecaraheterogenkemudiangurumembagikansoalceritayangdimuatdalamLKS.Siswaberdiskusibersamakelompokuntukmembacasoalmenafsirkanisisoalmembuatrencanapenyelesaianmenuliskanpenyelesaiandanmengecekhasilpenyelesaianapakahsudahsesuaidengansoal.Selanjutnyagurumemintaperwakilankelompokuntukmempresentasikanhasildiskusinyadidepankelassekaligusbersamasiswamelakukanevaluasidanmembuatkesimpulan.Setelahitudiadakankuis/tesuntukmengetahuiketerampilansiswadalammenyelesaikansoalceritasetelahpembelajaran.Hasiltesmenunjukkanbahwaketerampilansiswadalammenyelesaikansoalceritameningkat.