Penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Brawijaya Smart School (BSS) / Imama Wahidah
Main Author: | Wahidah, Imama |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15776/ |
Daftar Isi:
- KataKunciStrategiThinkTalkWrite(TTW)HasilBelajarHimpunanMelaluiobservasiawaldiperolehinformasibahwahasilulanganharianmaterisebelumnyadiperolehpresentaseketuntasansiswakelasVIICpadamatapelajaranmatematikaadalah54%siswadari35siswasehinggahasilbelajarsiswadapatdikatakanmasihrendah.Halinididugakarenapembelajaranyangditerapkanguruyangsedangdiamatimasihcenderungbersifatteacher-centereddenganmenggunakanfaslitasLCDyangmenyebabkansiswakurangaktifdalamkegiatanpembelajaran.Untukmengatasimasalahtersebutmakasalahsatualternatifyangdipilihadalahmenerapkanstrategiyangmenuntunsiswauntukmenemukansolusidaripermasalahanyangmempunyaiefektransferlebihbaikbagihasilbelajarsiswa.OlehkarenaitudipilihlahstrategiThinkTalkWrite(TTW).Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajaranmatematikadenganmenggunakanstrategiThinkTalkWrite(TTW)yangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIICdiSMPBSS.Penelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiantindakankelas(PTK).MateripadapenelitianiniadalahmaterihimpunansubbabdiagramvenndanPenggunaankonsephimpunandalamdiagramvenn.Prosespelaksanaanpembelajarandiawalidenganpemberianmasalahkepadasiswakemudiandilanjutkanmemintasiswauntukmenuliskanidedankesulitannyadalamcatatankecil.KegiataninidisebutThink.KemudiangurumengorganisasikansiswauntukberkelompokdalammenyelesaikanpermasalahansetelahitusiswamempresentasikanhasildiskusinyakepadatemansatukelastahapinidisebutTalk.TahapterakhirpadastrategiiniadalahmembimbingsiswauntukmenuliskesimpulandarikegiatanThinkdanTalk.HasilpenelitiantindakankelasinimenunjukkanbahwapresentasebanyaksiswayangtuntasbelajarpadasiklusIadalah69%sedangkanpadasiklusII828%.Hasilbelajartersebutdidukungpuladenganhasilobservasiaktivitassiswayangtermasukdalamkategoribaikdenganskor8025sedangkanpadasiklusIItermasukdalamkategorisangatbaikdenganskor875.SelainituhasilobservasiaktivitasgurupadasiklusItermasukdalamkategoribaikdenganskor829sedangkanpadasiklusIItermasukdalamkategorisangatbaikdenganskor866.Dengandemikiandapatdikatakanbahwalangkah-langkahpembelajaranstrategiThinkTalkWrite(TTW)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadenganketuntasansiswayanglebihdari80%dantelahmemenuhiindikatorkeberhasilanaktivitassiswadanaktivitasguruyangminimaltermasukdalamkategoribaik.Darihasilpenelitiandiatasdiharapkanstrategiinidapatmenjadipilihangurumatematikauntukdigunakandalampembelajarandemimeningkatkanhasilbelajarsiswa.Strategiinijugadiharapkandapatmenjadipertimbanganbagisekolahuntukditerapkandalampembelajaranselanjutnya.Selanjutnyauntukpenelitiselanjutnyadiharapkandapatmengembangkanstrategiini.