Penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Brawijaya Smart School (BSS) / Imama Wahidah

Main Author: Wahidah, Imama
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15776/
Daftar Isi:
  • KataKunciStrategiThinkTalkWrite(TTW)HasilBelajarHimpunanMelaluiobservasiawaldiperolehinformasibahwahasilulanganharianmaterisebelumnyadiperolehpresentaseketuntasansiswakelasVIICpadamatapelajaranmatematikaadalah54%siswadari35siswasehinggahasilbelajarsiswadapatdikatakanmasihrendah.Halinididugakarenapembelajaranyangditerapkanguruyangsedangdiamatimasihcenderungbersifatteacher-centereddenganmenggunakanfaslitasLCDyangmenyebabkansiswakurangaktifdalamkegiatanpembelajaran.Untukmengatasimasalahtersebutmakasalahsatualternatifyangdipilihadalahmenerapkanstrategiyangmenuntunsiswauntukmenemukansolusidaripermasalahanyangmempunyaiefektransferlebihbaikbagihasilbelajarsiswa.OlehkarenaitudipilihlahstrategiThinkTalkWrite(TTW).Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajaranmatematikadenganmenggunakanstrategiThinkTalkWrite(TTW)yangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIICdiSMPBSS.Penelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiantindakankelas(PTK).MateripadapenelitianiniadalahmaterihimpunansubbabdiagramvenndanPenggunaankonsephimpunandalamdiagramvenn.Prosespelaksanaanpembelajarandiawalidenganpemberianmasalahkepadasiswakemudiandilanjutkanmemintasiswauntukmenuliskanidedankesulitannyadalamcatatankecil.KegiataninidisebutThink.KemudiangurumengorganisasikansiswauntukberkelompokdalammenyelesaikanpermasalahansetelahitusiswamempresentasikanhasildiskusinyakepadatemansatukelastahapinidisebutTalk.TahapterakhirpadastrategiiniadalahmembimbingsiswauntukmenuliskesimpulandarikegiatanThinkdanTalk.HasilpenelitiantindakankelasinimenunjukkanbahwapresentasebanyaksiswayangtuntasbelajarpadasiklusIadalah69%sedangkanpadasiklusII828%.Hasilbelajartersebutdidukungpuladenganhasilobservasiaktivitassiswayangtermasukdalamkategoribaikdenganskor8025sedangkanpadasiklusIItermasukdalamkategorisangatbaikdenganskor875.SelainituhasilobservasiaktivitasgurupadasiklusItermasukdalamkategoribaikdenganskor829sedangkanpadasiklusIItermasukdalamkategorisangatbaikdenganskor866.Dengandemikiandapatdikatakanbahwalangkah-langkahpembelajaranstrategiThinkTalkWrite(TTW)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadenganketuntasansiswayanglebihdari80%dantelahmemenuhiindikatorkeberhasilanaktivitassiswadanaktivitasguruyangminimaltermasukdalamkategoribaik.Darihasilpenelitiandiatasdiharapkanstrategiinidapatmenjadipilihangurumatematikauntukdigunakandalampembelajarandemimeningkatkanhasilbelajarsiswa.Strategiinijugadiharapkandapatmenjadipertimbanganbagisekolahuntukditerapkandalampembelajaranselanjutnya.Selanjutnyauntukpenelitiselanjutnyadiharapkandapatmengembangkanstrategiini.