Penerapan strategi brain based learning yang dapat meningkatkan keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran matematika kelas VII SMP Brawijaya Smart School Malang / Ulfa Luthfiana Al 'Azzy

Main Author: Al 'Azzy, Ulfa Luthfiana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15774/
Daftar Isi:
  • KatakunciBrainBasedLearningKeterampilanBerpikirTingkatTinggi.1228812288122881228812288DaridataobservasiawalpenelitiyangdilakukandenganmemberikansoalyangmenuntutsiswauntukmenggunakanketerampilanberpikirtingkattinggidiketahuibahwapadakelasVII-CSMPBSSMalangdarijumlahtotal36siswayangterampilmenggunakanketerampilanberpikirtingkattinggiada8siswa.Halinimenunjukkanbahwa78%siswabelummenggunakanketerampilanberpikirtingkattingginya.Didugahalinidisebabkankarenasiswadalampembelajarankesehariannyahanyadiberikansoalrutin.Gurujarangmemberikansoalyangmenuntutsiswamenggunakanketerampilanberpikirtingkattingginya.Masalahselanjutnyaadalahbagaimanacaramengajarkanketerampilanberpikirsecaraeksplisitdanmemadukannyadenganmateripembelajarankhususnyamatapelajaranmatematikayangdapatmembantuparasiswauntukmengembangkankemampuanberpikirnya.1228812288122881228812288Perludipahamibahwauntukmengembangkankemampuanberpikirtingkattinggisiswaguruperlumamahamikerjaalamiotaksiswauntukmenentukanmetodebelajaryangakandipilih.Metodeyangsesuaidengankerjaalamiotaksiswaakanmenumbuhkanrasasenangterhadappelajaranmatematikasertatidakmembuatsiswamerasatertekanuntukmempelajarihalbarubaginyaapalagidalampelajaranmatematika.OlehkarenaituuntukmeningkatkanketrampilanberpikirsiswakelasVII-Cpenelitimenerapkanpendekatanberbasiskemampuanotak(BrainBasedLearning)dalampembelajaranmatematika.Pendekatanberbasiskemampuanotak(BrainBasedLearning)adalahsuatupendekatanpembelajaranyangdiselaraskandengancaraotakyangdidesainsecaraalamiahuntukbelajar.1228812288122881228812288Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuitindakan-tindakanyangsesuaidenganpendekatanBrainBasedLearningdenganmengaktifkanotakkiridankanansiswasehinggasiswadapatmeningkatkanketerampilanberpikirtingkattinggisiswa.Penelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiantindakankelas(PTK).Datadiperolehdarihasilpengamatangurudanpengamatanobserverterhadaptindakanguruketikapembelajaranberlangsung.Datatersebutdianalisiskemudianselanjutnyadibahasdanpadaakhirnyaditarikkesimpulan.12288122881228812288122881228812288122881228812288122881228812288122881228812288122881228812288122881228812288122881228812288122881228812288122881228812288122881228812288122881228812288122881228812288HasilpenelitianyangdiperolehdaripelaksanaanstrategiBrainBasedLearningselama2siklusadalahtindakan-tindakanguruyangmeliputitindakanmenjelaskaninstruksibertanyamemberikanmediapembelajarandanmemberikanreward.Dimanatindakan-tindakantersebutdapatmeningkatkanketerampilanberpikirtingkattinggisiswa.Padasaatobservasiawalhanyaterdapat8siswayangmemilikiketerampilanberpikirtingkattinggibanyaknyasiswainimenunjukkanpadakelastesebutkaterampilanberpikirtingkattingginyatergolongkategorirendah.Padasiklus1meningkatmenjadi11siswadanmasihtergolongkategorirendah.Padasiklus2meningkatlagimenjadi16siswayangmemilikiketerampilanberpikirtingkattinggitergolongkategorisedang.