Perbedaan kecerdasan emosional anak Taman Kanak-Kanak (TK) yang berlatar belakang Play Group dan yang tidak berlatar belakang Play Group / oleh Dwi Nur Aini

Main Author: Dwi Nur Aini
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/1566/
Daftar Isi:
  • Kecerdasanemosionalanakperludikembangkansecaraoptimalagarmerekaberkembangmenjadisumberdayamanusiayangunggulterlebihlagidiusialimatahunpertamaanakkarenapadausiaempattahunanaktelahmencapaiseparuhdarikemampuankecerdasannyadanpadausiadelapantahunanakmencapai80%kemampuankecerdasannya.Setelahusiadelapantahuntanpamelihatbentukpendidikandanlingkunganyangdiperolehkemampuankecerdasannyahanyadapatdiubahsebanyak20%(Beck199424).Untukitudiperlukanpelayananbimbinganolehgurupadausiatersebutagarperkembangankecerdasananakdapatberkembangsecaraoptimal.Playgroupsecaratidaklangsungmembantuanak-anakberbenahdiridalamsikapmaupuntindak-tanduknyasehari-hariuntukkepentingankelompok.DengandemikianmenjelaskankemungkinankemudahandalammelakukanpenyesuaianbagianakTKyangberlatarbelakangplaygroupdibandingkandengananakTKyangtidakberlatarbelakangplaygroup.Tujuanyangingindicapaidalampenelitianiniadalahuntuk(1)mengetahuigambarankecerdasanemosionalanakTKyangberlatarbelakangplaygroupdiTKPetrokimiaGresik(2)mengetahuigambarankecerdasanemosionalanakTKyangtidakberlatarbelakangplaygroupdiTKPetrokimiaGresik(3)mengetahuiadatidaknyaperbedaankecerdasanemosionalanakTKyangberlatarbelakangplaygroupdananakTKyangtidakberlatarbelakangplaygroupdiTKPetrokimiaGresik.Rancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkomparatif.PopulasidalampenelitianiniadalahanakTKPetrokimiaGresikkelasA.Berdasarkanpopulasipenelitianmakadiambilsampelpenelitian.PengambilansampeldilakukandenganmengambilsebagiandaripopulasiyangsesuaidengantujuanpenelitianataupurposivesampleyaituanakdidikkelasA5TKPetrokimiaGresiktahunpelajaran2005/2006yangterdiridari12oranganakberlatarbelakangplaygroupdan12oranganakyangtidakberlatarbelakangplaygroup.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanmetodeobservasipartisipan.DatahasilobservasidirekamdalamlembarcatatandanpenilaiankecerdasanemosionalanakTK.Berdasarkandatayangdiperolehmakapengolahandanpenyajianhasilpenelitiandibuatdalambentukdeskripsikemudiandijelaskandenganmenggunakanhistogram.DenganmenggunakanmetodedeskriptifpenelitianiniberusahamenyajikangambaranobjektifkemampuankecerdasanemosionalanakTKkemudianditarikkesimpulanperbedaankecerdasanemosionalantaraanakTKyangberlatarbelakangplaygroupdanyangtidakberlatarbelakangplaygroup.SecaraaspektualsesuaidengantujuanyangtelahdirumuskanhasilpenelitianiniadalahanakTKPetrokimiaGresikkelasAyangberlatarbelakangplaygroupdanyangtidakberlatarbelakangplaygroupkurangmampumengenaliemosidirinyacukupmampumengelolaemosidirimampumemotivasidirinyakurangmampumengenaliemosioranglainkurangmampumembinahubungandenganoranglain.DengandemikianhasilpenelitiantersebutmenunjukkanbahwatidakadaperbedaankecerdasanemosionalanakTKyangberlatarbelakangplaygroupdanyangtidakberlatarbelakangplaygroup.BerdasarkanhasilpenelitiansaranyangperludikemukakandalampenelitianiniyaituhendaknyaguruTKlebihmengidentifikasilatarbelakangkeluargaanakdidiklewatwawancaraawaldenganorangtuaanakdidikpadasaatpenerimaanmuridbarusebagaiupayamemahamikarakteristiktiapanakdidiknyaagarpengembangankecerdasanemosionalanakdidiknyadapatberkembangsecaraoptimal.Selainitugurujugadiharapkanbisamemberikanlatihan-latihanyangbisameningkatkankecerdasananakbaikkecerdasanintelektualemosionaldanspiritual.BagiKonselorTKyangakanmembimbinganakdidikuntukdapatmengembangkanpotensianakdidiksecaraoptimaldiharapmampubekerjasamadengangurukelasdalammembantuanakdidikmenyelesaikanmasalahdenganmenggunakanpendekatandanmetodeyangtepatsehinggatidakmenghambatperkembangananakdidikpadawaktu-waktuyangakandatang.Bagipenelitiselanjutnyayangakanmengadakanpenelitiansejenishendaknyamengambilsampelyanglebihrepresentatifdanmenggunakaninstrumensebagaialatpengumpuldatayangtepat.Selainituhendaknyadalammengadakanpenelitianjugamenambahkanbeberapavariabelyanglainyangjugaberpengaruhdalampengembangankecerdasanemosionalanaksepertipolaasuhhubunganantaranggotakeluargakurikulumsekolahdanlain-lain.