Perbedaan kecerdasan emosional anak Taman Kanak-Kanak (TK) yang berlatar belakang Play Group dan yang tidak berlatar belakang Play Group / oleh Dwi Nur Aini
Main Author: | Dwi Nur Aini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/1566/ |
Daftar Isi:
- Kecerdasanemosionalanakperludikembangkansecaraoptimalagarmerekaberkembangmenjadisumberdayamanusiayangunggulterlebihlagidiusialimatahunpertamaanakkarenapadausiaempattahunanaktelahmencapaiseparuhdarikemampuankecerdasannyadanpadausiadelapantahunanakmencapai80%kemampuankecerdasannya.Setelahusiadelapantahuntanpamelihatbentukpendidikandanlingkunganyangdiperolehkemampuankecerdasannyahanyadapatdiubahsebanyak20%(Beck199424).Untukitudiperlukanpelayananbimbinganolehgurupadausiatersebutagarperkembangankecerdasananakdapatberkembangsecaraoptimal.Playgroupsecaratidaklangsungmembantuanak-anakberbenahdiridalamsikapmaupuntindak-tanduknyasehari-hariuntukkepentingankelompok.DengandemikianmenjelaskankemungkinankemudahandalammelakukanpenyesuaianbagianakTKyangberlatarbelakangplaygroupdibandingkandengananakTKyangtidakberlatarbelakangplaygroup.Tujuanyangingindicapaidalampenelitianiniadalahuntuk(1)mengetahuigambarankecerdasanemosionalanakTKyangberlatarbelakangplaygroupdiTKPetrokimiaGresik(2)mengetahuigambarankecerdasanemosionalanakTKyangtidakberlatarbelakangplaygroupdiTKPetrokimiaGresik(3)mengetahuiadatidaknyaperbedaankecerdasanemosionalanakTKyangberlatarbelakangplaygroupdananakTKyangtidakberlatarbelakangplaygroupdiTKPetrokimiaGresik.Rancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkomparatif.PopulasidalampenelitianiniadalahanakTKPetrokimiaGresikkelasA.Berdasarkanpopulasipenelitianmakadiambilsampelpenelitian.PengambilansampeldilakukandenganmengambilsebagiandaripopulasiyangsesuaidengantujuanpenelitianataupurposivesampleyaituanakdidikkelasA5TKPetrokimiaGresiktahunpelajaran2005/2006yangterdiridari12oranganakberlatarbelakangplaygroupdan12oranganakyangtidakberlatarbelakangplaygroup.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanmetodeobservasipartisipan.DatahasilobservasidirekamdalamlembarcatatandanpenilaiankecerdasanemosionalanakTK.Berdasarkandatayangdiperolehmakapengolahandanpenyajianhasilpenelitiandibuatdalambentukdeskripsikemudiandijelaskandenganmenggunakanhistogram.DenganmenggunakanmetodedeskriptifpenelitianiniberusahamenyajikangambaranobjektifkemampuankecerdasanemosionalanakTKkemudianditarikkesimpulanperbedaankecerdasanemosionalantaraanakTKyangberlatarbelakangplaygroupdanyangtidakberlatarbelakangplaygroup.SecaraaspektualsesuaidengantujuanyangtelahdirumuskanhasilpenelitianiniadalahanakTKPetrokimiaGresikkelasAyangberlatarbelakangplaygroupdanyangtidakberlatarbelakangplaygroupkurangmampumengenaliemosidirinyacukupmampumengelolaemosidirimampumemotivasidirinyakurangmampumengenaliemosioranglainkurangmampumembinahubungandenganoranglain.DengandemikianhasilpenelitiantersebutmenunjukkanbahwatidakadaperbedaankecerdasanemosionalanakTKyangberlatarbelakangplaygroupdanyangtidakberlatarbelakangplaygroup.BerdasarkanhasilpenelitiansaranyangperludikemukakandalampenelitianiniyaituhendaknyaguruTKlebihmengidentifikasilatarbelakangkeluargaanakdidiklewatwawancaraawaldenganorangtuaanakdidikpadasaatpenerimaanmuridbarusebagaiupayamemahamikarakteristiktiapanakdidiknyaagarpengembangankecerdasanemosionalanakdidiknyadapatberkembangsecaraoptimal.Selainitugurujugadiharapkanbisamemberikanlatihan-latihanyangbisameningkatkankecerdasananakbaikkecerdasanintelektualemosionaldanspiritual.BagiKonselorTKyangakanmembimbinganakdidikuntukdapatmengembangkanpotensianakdidiksecaraoptimaldiharapmampubekerjasamadengangurukelasdalammembantuanakdidikmenyelesaikanmasalahdenganmenggunakanpendekatandanmetodeyangtepatsehinggatidakmenghambatperkembangananakdidikpadawaktu-waktuyangakandatang.Bagipenelitiselanjutnyayangakanmengadakanpenelitiansejenishendaknyamengambilsampelyanglebihrepresentatifdanmenggunakaninstrumensebagaialatpengumpuldatayangtepat.Selainituhendaknyadalammengadakanpenelitianjugamenambahkanbeberapavariabelyanglainyangjugaberpengaruhdalampengembangankecerdasanemosionalanaksepertipolaasuhhubunganantaranggotakeluargakurikulumsekolahdanlain-lain.