Pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk menunjang pembelajaran pada materi pecahan di SMP kelas VII / Fajar Setyatama
Main Author: | Setyatama, Fajar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15658/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANSetyatamaFajar.2018.PengembanganMediaPembelajaranBerbasisAndroiduntukMenunjangpembelajaranpadaMateriPecahanuntukSMPKelasVII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DwiyanaPh.D(II)DarmawanSatyanandaS.TM.T.KataKuncimediapembelajaranAndroidbilanganpecahanMatematikaadalahsalahsatumatapelajaranSekolahMenengahPertama/MadrasahTsanawiyahtetapisiswakesulitandalammemahamikonsepbelajarmatematika.BerdasarkanhasilwawancarakepadabeberapasiswakelasVIISMPPGRI01SingosariMalangdiperolehbahwasiswacenderungkesulitandalambilanganpecahan.WalaupunbilanganpecahantelahdikenalsejaktingkatSekolahDasar.Penyampaiantelahdilakukandenganberbagaicaradiantaranyadenganmenggunakanmediapembelajaranberbasisandroid.Seiringberkembangnyapengetahuandanteknologiprosespenyampaiandapatdilakukandenganmemanfaatkanalatbergerak(smartphone)denganmembuatmediapembelajaranflashyangberbasisandroid.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengembangkanaplikasiAndroidberupamediapembelajaranmandiriyangvalidpraktisdanefektifuntukmenunjangpemahamansiswaketikadidalamataudiluarkelastentangpemahamanoperasipecahanpadamateripecahandiSMPkelasVII.JenispenelitianadalahpenelitianpengembanganuntukmengembangkanmediapembelajaranberbasisAndroidpadamateribilanganpecahan.PengembanganyangdilakukanmengacupadamodelpengembanganPlomp.Produkdivalidasiolehahlimateridanahlimedia.Selainituprodukdiujicobakankepadapenggunayaitu9siswaSMPuntukmengetahuikepraktisandankeefektifanproduk.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahteknikanalisisdariHobri.Teknikanalisisdataterdiridariteknikanalisisdataujikevalidanteknikanalisisdataujikepraktisandanteknikanalisisdataujikeefektifanpadamediapembelajaran.Berdasarkanhasilanalisisdatapadaujikevalidandiperolehnilaivalidasidariahlimateriyaitu314danvalidasidariahlimediayaitu306makaprodukdikategorikanvalid.Berdasarkanhasilanalisisdatapadaujikepraktisandiperolehnilairata-ratadaripenggunaadalah365makaprodukdikategorikanpraktis.Berdasarkanhasilanalisisdatapadaujikeefektifandiperoleh89%penggunamendapatkannilaidiatasstandarketuntasanminmummakaprodukdikategorikanefektif.Olehkarenaitumediapembelajaranyangdikembangkanmemenuhikriteriakevalidankepraktisandankeefektifan.