Pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk menunjang pembelajaran pada materi pecahan di SMP kelas VII / Fajar Setyatama

Main Author: Setyatama, Fajar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15658/
Daftar Isi:
  • RINGKASANSetyatamaFajar.2018.PengembanganMediaPembelajaranBerbasisAndroiduntukMenunjangpembelajaranpadaMateriPecahanuntukSMPKelasVII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DwiyanaPh.D(II)DarmawanSatyanandaS.TM.T.KataKuncimediapembelajaranAndroidbilanganpecahanMatematikaadalahsalahsatumatapelajaranSekolahMenengahPertama/MadrasahTsanawiyahtetapisiswakesulitandalammemahamikonsepbelajarmatematika.BerdasarkanhasilwawancarakepadabeberapasiswakelasVIISMPPGRI01SingosariMalangdiperolehbahwasiswacenderungkesulitandalambilanganpecahan.WalaupunbilanganpecahantelahdikenalsejaktingkatSekolahDasar.Penyampaiantelahdilakukandenganberbagaicaradiantaranyadenganmenggunakanmediapembelajaranberbasisandroid.Seiringberkembangnyapengetahuandanteknologiprosespenyampaiandapatdilakukandenganmemanfaatkanalatbergerak(smartphone)denganmembuatmediapembelajaranflashyangberbasisandroid.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengembangkanaplikasiAndroidberupamediapembelajaranmandiriyangvalidpraktisdanefektifuntukmenunjangpemahamansiswaketikadidalamataudiluarkelastentangpemahamanoperasipecahanpadamateripecahandiSMPkelasVII.JenispenelitianadalahpenelitianpengembanganuntukmengembangkanmediapembelajaranberbasisAndroidpadamateribilanganpecahan.PengembanganyangdilakukanmengacupadamodelpengembanganPlomp.Produkdivalidasiolehahlimateridanahlimedia.Selainituprodukdiujicobakankepadapenggunayaitu9siswaSMPuntukmengetahuikepraktisandankeefektifanproduk.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahteknikanalisisdariHobri.Teknikanalisisdataterdiridariteknikanalisisdataujikevalidanteknikanalisisdataujikepraktisandanteknikanalisisdataujikeefektifanpadamediapembelajaran.Berdasarkanhasilanalisisdatapadaujikevalidandiperolehnilaivalidasidariahlimateriyaitu314danvalidasidariahlimediayaitu306makaprodukdikategorikanvalid.Berdasarkanhasilanalisisdatapadaujikepraktisandiperolehnilairata-ratadaripenggunaadalah365makaprodukdikategorikanpraktis.Berdasarkanhasilanalisisdatapadaujikeefektifandiperoleh89%penggunamendapatkannilaidiatasstandarketuntasanminmummakaprodukdikategorikanefektif.Olehkarenaitumediapembelajaranyangdikembangkanmemenuhikriteriakevalidankepraktisandankeefektifan.