Proses berpikir kritis siswa bergaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan masalah matematika dan scaffoldingnya / Dana Yuli Christiyanto
Main Author: | Christiyanto, Dana Yuli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15655/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANChristiyantoDanaYuli.2018.ProsesBerpikirKritisSiswaBergayaKognitifReflektifdalamMenyelesaikanMasalahMatematikadanScaffoldingnya.TesisJurusanPendidikanMatematikaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.rer.nat.IMadeSulandraM.Si.(2)Dr.RustantoRahardiM.Si.KataKunciprosesberpikirkritisgayakognitifreflektifscaffoldingBerpikirkritismerupakansuatuketerampilanyangpentinguntukdimilikiolehsetiapsiswa.Berpikirkritisdapatdirangsangdenganmemberikansuatupermasalahankepadasiswa.Denganmemilikiketerampilanberpikirkritisdiharapkandapatmeningkatkankompetensimatematikasiswa.Berdasarkanobservasiawalmenunjukkanbahwamayoritassiswamelakukanbeberapakesalahan-kesalahanberpikiryangmengakibatkantidakdapatmenyelesaikanmasalahdenganbenarsiswadikatakantidakberpikirkritisdalammenyelesaikanmasalah.Scaffoldingmerupakansuatucarayangdapatdigunakanuntukmembantusiswaagardapatmelakukanprosesberpikirkritisdenganbenar.Selainitupertimbanganlainyangperludikajiadalahgayakognitifsiswayangjugamempengaruhiprosesberpikirkritis.Salahsatugayakognitifyangdimilikiolehsiswaadalahgayakognitifreflektif.PenelitianinidilakukandikelasVIII(6.i.4)SMPN5Malangdengantujuanuntukmendeskripsikanprosesberpikirkritissiswareflektifdalammenyelesaikanmasalahmatematikadanscaffolding-nya.Subjekdalampenelitianiniadalahempatsiswabergayakognitifreflektifyangtidakberpikirkritisdalammenyelesaikanmasalah.Prosesberpikirkritissubjekdianalisisdandideskripsikanberdasarkanenamkriteriaberpikirkritisyaitufocusreasoninferencesituationclaritydanoverview.Olehkarenaitupenelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdeskriptif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaprosesberpikirkritiskeempatsubjekbergayareflektifdalammenyelesaikansoal1yaknisebagaiberikut(1)padakriteriafocusmemahamipermasalahandanmemahamipertanyaanpadasoalyangberkaitandengansistempersamaanlinearduavariabelsertamembuatpemisalandenganmenggunakanvariabel119909dan119910119901dan119889(2)padalangkahmembuatmodelmatematikabelummenggunakanalasanyangrelevan(reason)denganinformasiyangterterapadasoal(3)kesimpulan(inference)yangdiberikansalahmeskipunalasanyangdigunakantepatdalammemilihmetodepenyelesaian(4)padakriteriasituationsiswatidakmengetahuisituasidenganbaik(5)tidakmemberikankejelasaan(clarity)maksuddalampenulisanjawabansepertipemisalanyangdibuatsalahprosedurperhitungantidakruntut(6)untukoverviewtidakmelakukanpeninjauankembalisecaramenyeluruhdarijawabanyangdiperolehbahkanadayangtidakmeninjauhasilyangdiperoleh.Secaragarisbesarscaffoldingyangmampumembantuprosesberpikirkritissiswareflektifantaralain(1)memintasiswauntukmembacasoalsecaralebihtelitimemahamihubunganantarkalimatsertamenjelaskankembali(2)memintasiswauntukmenjelaskanketerkaitanmodelmatematikadengansoal(3)memintasiswauntukmembuatmodelmatematikayangtepat(4)memintasiswauntukmelihatkembaliperhitunganyangtelahdilakukan(5)memintasiswauntukmenjelaskankembalipemisalanyangdibuat(6)memberikanpertanyaan-pertanyaanyangmenyelidik/menggalipemahaman(7)menanyakanalasandarijawabanyangdihasilkan(8)memintasiswauntukmenghubungkanjawabanyangdihasilkandenganpermasalahanawal.Prosesberpikirkritissiswabergayareflektifdalammenyelesaikansoal2(setelahpemberianscaffolding)yaknisebagaiberikut(1)padakriteriafocussiswamemahamipermasalahandanmemahamipertanyaanpadasoalyangberkaitandengansistempersamaanlinearduavariabelsertamembuatpemisalandenganmenggunakanvariabel119909dan119910119901dan119889(2)padalangkahmembuatmodelmatematikamenggunakanalasanyangrelevan(reason)denganinformasiyangterterapadasoal(3)kesimpulanyangdibuat(inference)sesuaidengantujuansoaldanalasanyangdigunakantepat(4)padakriteriasituationsiswamengetahuisituasidenganbaik(5)memberikankejelasaan(clarity)maksuddalampenulisanjawabandanadayangmasihsalahdalammembuatpemisalanyangtepat(6)untukoverviewmelakukanpeninjauankembalijawabanyangdiperoleh.