Pengembangan instrumen diagnostik three-tier untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMP pada konsep cahaya / Laili Mufidatu Salamah
Main Author: | Salamah, Laili Mufidatu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15648/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSalamahLailiMufidatu.2017.PengembanganInstrumenDiagnostikThree-TieruntukMengidentifikasiMiskonsepsiSiswaSMPpadaKonsepCahaya.SkripsiProgramStudiPendidikanIPAFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.ArifHidayatM.Si.(2)ErniYuliantiS.Pd.M.Pd.KataKunciinstrumendiagnostikthreetiermiskonsepsicahayaPenilaianhasilbelajarbertujuanuntukmengetahuidanmemperbaikipencapaiankompetensisiswa.Perbaikanpencapaiankompetensidapatdilakukandenganmengidentifikasikekurangansiswasalahsatunyamengidentifikasisejauhmanasiswamemahamikonsepdalampembelajaran.Gurudapatmengetahuikonsepyangtelahdipahamisiswaataukonsepyangmiskonsepsimaupunkonsepyangbelumdipahamisiswadengananalisisjawabansiswamenggunakaninstrumendiagnostikthree-tier.Setelahmengetahuikekurangansiswagurudapatmelakukanpendekatanataustrategiyangsesuaiuntukmengarahkansiswakekonsepyangbenar.Ketidakpahamanyangtidakdiperbaikiakantergabungmenjadisuatustrukturkognitifterpaduyangakanmengganggudimateriselanjutnya.Konsepsisiswayangsalahatautidaksesuaidenganpandanganmasyarakatilmiahyangdigunakansecarakonsistendalampembelajarandisebutdenganmiskonsepsi.Alatpenilaianyangpalinghandaluntukmengidentifikasimiskonsepsiyakniinstrumendiagnostikthree-tieryangdikembangkandenganvaliddanreliabeldenganinstrumendiagnostikthree-tiergurudapatmenentukanproporsimiskonsepsisiswa.PenelitianpengembanganmenggunakanmetodeResearchandDevelopment(RD)denganmodel4-Dyaitudefinedesigndandeveloppenelitianinitidakmenggunakandisseminatekarenaketerbatasanwaktu.ProdukinstrumenmenggunakanmateripadakonsepcahayadenganstudiliteraturekepustakaanpadabukusiswamaupunbukuguruyangdigunakansiswaSMPkelas8semestergenap.Soalessaydiujikansebanyak3kelasdisalahsatuSMPKotaMalanguntukmenjaringjawabansiswa.Pilihanjawabanyangdiberikansiswadianalisisuntukdigunakansebagaialternatifpilihanjawabandanalasandiprodukisntrumendiagnostikthreetier.Subjekujicobaprodukinstrumendiagnostikthreetieradalahkelas8sebanyak47siswadisalahsatuSMPKabupatenMalang.Hasilujicobadianalisissecarakualitatifdankuantitatif.Pengembanganprodukinstrumendiagnostikthree-tierdinyatakanvaliddanlayakuntukmengidentifikasimiskonsepsidilihatdarisegiranahmaterikonstruksidanbahasamenurutpenilaianvalidatorahli.Hasilinidtunjukkandaripenilaian46butirsoalranahmaterikonstruksidanbahasasebesar80%beradadalamkategorisangatlayakdansebesar20%dalamkategorilayak.Butirsoaldengankategorilayakmendapatperbaikanberdasarkanmasukandarivalidatorahli.Kekurangandariinstrumendiagnostikthree-tieriniadalahmengukurtingkatpemahamansiswadengantingkatkeyakinansehinggaberdampakpadahasilprodukyangdihasilkanyaknibanyaksoalyangsukar.ABSTRAKYudhaAlifChairul.2017.KarakteristikBeritaInvestigasiKaryaSiswaEkstrakurikulerJurnalistikSman5KediridenganLatarUmurdanKondisiMotivasiBerbeda.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.AnangSantosoM.Pd.(II)Dr.NurchasanahM.Pd.KatakuncikondisimotivasiumurberitainvestigasiHalyangmelatarbelakangiditelitinyahasiltulisanberitainvestigasisiswaekstrakurikulerjurnalistikSMAN5Kedirikarenadalampenulisanberitabanyaksiswayangtidakberpikirkritis.Siswadalammenulisberitahanyasekadaruntukmenghilangkankewajibannyadalammenulisberita.Terlebihlagisiswajugadikejarbataswaktusehinggasiswamalasuntukmencarisumberberita.Prosesberpikirkritisdibutuhkansiswauntukmenulisberitakhususnyaberitainvestigasi.Prosesberpikirkritissiswadalammenulisberitainvestigasidapatdilihatmelaluikondisimotivasiumurdantulisantersebutdisesuaikandenganciriberitainvrstigasi.Tujuanpenelitianinimendeskripsikanhasiltulisanberitainvestigasisiswadenganlatarumurdankondisimotivasiyangberbeda.Masalahyangditelitimeliputifaktorberpikirkritisdanciriberitainvestigasi.Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahmetodekualitatifdanbersifatdeskriptif.Datapenelitianberupadatautamadandatasekunder.Datautamayaitutulisanberitainvestigasi.DatautamadiperolehdarirespondenyaitusiswaSMAN5Kediriyangmengikutiekstrakurikulerjurnalistik.Datasekunderyaituhasilwawancara(rekaman)yangdiperolehdariwawancaradengansiswayangmenulisberitainvestigasi.SubyekpenelitianiniadalahsiswaekstrakurikulerjurnalistikSMAN5kediri.Dalamhalinipenelitibertugassebagaiperencanapelaksanapengumpulandatadilapangandanbeperanpulasebagaipelaporhasilpenelitian.LokasipenelitianbertempatdiSMAN5Kediri.Tahappengumpulandatayangdigunakanadalah(1)observasi.(2)wawancara.(3)studitespemberiantugasmenulis.Analisisdatadilakukanmelaluitigatahapyakniindentifikasikategorisasidansintesisasi.Hasilanalisisdaripenelitianiniadalahkarakteristikberitainvestigasisiswadilihatdarilatarumurkondisimotivasidanbentuktulisanberitainvestigasi.Kondisimotivasisiswadapatdilihatdariduabagianmotivasiberdasarkantemuanmotivasisiswadapatdilihatmelaluipertama1)motivasiintrinsikdan2)ekstrinsik.Dengankatalainmerekayangtermasukpadamotivasiintrinsikbisaberpikirkritismelaluimotivasinyaataskesadarandirisendiri.Sedangkansiswayangtermasukpadamotivasiekstrinsikdapatdiartikansiswatersebutbelummampumengembangkanintelektualkarenamasihbutuhdorongandariluar.Keduaperkembanganintelektualsiswa.Padaaspekperkembanganintelektualyangberfokuspadaberpikirlogisdanumur.Terdapatsiswayangmampuberpikirlogisdanterdapatpulasiswayangtidakmampuberpikirlogis.Halitudiwujudkanmelaluihasilwawancarayangtelahdiajukanpeneliti.BerdasarkanindikatorberpikirlogisSiswayangtermasukdantidaktermasukakanberpengaruhpadapenulisanberitainvestigasi.Ketigaciri-ciriberitainvestigasiyaitu1)menemukanfaktabaruyangdiwujudkanmelaluimenentukanfaktautamadanfaktasekunder.Keseluruhansiswaekstrakurikulerjurnalistikmampumenentukanfaktautamadanfaktasekundertersebut.2)bentuklaporandiwujudkanmelaluia)observasihalitudapatdilihatdaritulisanberitayangmenggunakanobservasidalamtulisanberitanyab)wawancarayangdilihatdaripenggunaanwawancaradalampenulisanberitainvestigasi.c)sumberlainyangdilihatdaripenggunaansumberlainsebagaibahanpadaberitainvestigasi.3)metodeinvestigasidiwujudkanmelaluihumantraildanmaterialtrail.Keempatperbedaanberitanvestigasikaryasiswaberdasarkanlatarumurdankondisiberbedadilihatdarikesesuaianmotivasiintrinsicmaupunekstrinsik.Denganumurdanhasiltulisanberitasiswa.(1)siswaberumur16tahunmelaluimotivasiintrinsikpadakaryaberitainvestigasilengkap(2)siswaberumur16tahunmelaluimotivasiintrinsikpadakaryaberitainvestigasitidaklengkap(3)siswaberumur15tahunmelaluimotivasiintrinsikpadakaryaberitainvestigasilengkap.(4)siswaberumur16tahunmelaluimotivasiekstrinsikpadakaryaberitainvestigasitidaklengkap.