Pengembangan multimedia interaktif materi persamaan garis lurus untuk siswa SMP kelas VIII / Khodijah Zahro Atika
Main Author: | Atika, Khodijah Zahro |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15642/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAtikaKhodijahZahro.2016.PengembanganMultimediaInteraktifMateriPersamaanGarisLurusuntukSiswaSMPKelasVIII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)MahmudinYunusS.KomM.Cs(II)AningWidaYantiS.SiM.PdKataKuncimultimediainteraktifpersamaangarislurusBerdasarkanwawancarakepada3gurumatematikadanhasilbelajarsiswakelasVIIIB(25siswa)MTs.Muhammadiyah01Tlogomaspadatanggal15Januari2016VIIIB(28siswa)SMPNegeri13Malangpadatanggal16Januari2016danVIIIC(29siswa)SMPMuhammadiyah06Daupadatanggal30April2016diperolehbahwasiswa-siswimasihmengalamipermasalahandalammenyelesaikansoalyangberkaitandenganmateripersamaangarislurusdanpemahamansiswapadamateritersebutmasihdibawahrata-rata.Untukmenanganihalinipengembangmemutuskanuntukmengembangkanmultimediainteraktif.Multimediainteraktifyangdikembangkandapatdigunakanolehsiswasecaramandiriuntukmempelajari/mengingatmateripersamaangarislurussehinggadapatdigunakanolehsiswayangsedang/telahmempelajarimateritersebut.Multimediainteraktifinidapatdikontrololehpenggunanya.Modelyangdigunakanadalahmodeltutorialyangmanateknikpenyampaianmateripertanyaandanjawabannyatelahdipersiapkandenganbaiksupayaterjadiinteraksilangsungantarapenggunadenganmultimediatersebut.ModelpengembanganyangdigunakanmengacupadaModelPlompyang(201319)terdiridari3tahapyaitupenelitianpendahuluantahappengembanganataupembuatanprototipedantahapasesmen.Dalampengembanganinidilakukan3ujikualitasyaituujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.UjikevalidandilakukanolehvalidatoryaituseorangdosenmatematikaUniversitasNegeriMalang.Sedangkanujikepraktisandankeefektifandilakukankepada8siswakelasVIIISMPMuhammadiyah06Dau.Berdasarkananalisisdatakuantitatifyangtelahdilakukandiperolehhasilyangmenyatakanbahwaprototipememenuhikriteriavalidpraktisdanefektif.Kriteriatersebutdilihatdari(1)skorkevalidandarisisimediadiperoleh357dandarisisimateridiperoleh385(2)skorkepraktisandiperoleh325dan(3)skorkeefektifandiperoleh80.Sedangkanberdasarkandatakualitatifyangberupakomentardansarandigunakansebagaibahanrevisiuntukmemperolehmultimediainteraktifyanglebihbaik.