Pengembangan multimedia interaktif materi persamaan garis lurus untuk siswa SMP kelas VIII / Khodijah Zahro Atika

Main Author: Atika, Khodijah Zahro
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15642/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAtikaKhodijahZahro.2016.PengembanganMultimediaInteraktifMateriPersamaanGarisLurusuntukSiswaSMPKelasVIII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)MahmudinYunusS.KomM.Cs(II)AningWidaYantiS.SiM.PdKataKuncimultimediainteraktifpersamaangarislurusBerdasarkanwawancarakepada3gurumatematikadanhasilbelajarsiswakelasVIIIB(25siswa)MTs.Muhammadiyah01Tlogomaspadatanggal15Januari2016VIIIB(28siswa)SMPNegeri13Malangpadatanggal16Januari2016danVIIIC(29siswa)SMPMuhammadiyah06Daupadatanggal30April2016diperolehbahwasiswa-siswimasihmengalamipermasalahandalammenyelesaikansoalyangberkaitandenganmateripersamaangarislurusdanpemahamansiswapadamateritersebutmasihdibawahrata-rata.Untukmenanganihalinipengembangmemutuskanuntukmengembangkanmultimediainteraktif.Multimediainteraktifyangdikembangkandapatdigunakanolehsiswasecaramandiriuntukmempelajari/mengingatmateripersamaangarislurussehinggadapatdigunakanolehsiswayangsedang/telahmempelajarimateritersebut.Multimediainteraktifinidapatdikontrololehpenggunanya.Modelyangdigunakanadalahmodeltutorialyangmanateknikpenyampaianmateripertanyaandanjawabannyatelahdipersiapkandenganbaiksupayaterjadiinteraksilangsungantarapenggunadenganmultimediatersebut.ModelpengembanganyangdigunakanmengacupadaModelPlompyang(201319)terdiridari3tahapyaitupenelitianpendahuluantahappengembanganataupembuatanprototipedantahapasesmen.Dalampengembanganinidilakukan3ujikualitasyaituujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.UjikevalidandilakukanolehvalidatoryaituseorangdosenmatematikaUniversitasNegeriMalang.Sedangkanujikepraktisandankeefektifandilakukankepada8siswakelasVIIISMPMuhammadiyah06Dau.Berdasarkananalisisdatakuantitatifyangtelahdilakukandiperolehhasilyangmenyatakanbahwaprototipememenuhikriteriavalidpraktisdanefektif.Kriteriatersebutdilihatdari(1)skorkevalidandarisisimediadiperoleh357dandarisisimateridiperoleh385(2)skorkepraktisandiperoleh325dan(3)skorkeefektifandiperoleh80.Sedangkanberdasarkandatakualitatifyangberupakomentardansarandigunakansebagaibahanrevisiuntukmemperolehmultimediainteraktifyanglebihbaik.