Pengembangan perangkat pembelajaran geometri transformasi untuk kelas VII SMP berbasis pendekatan saintifik dengan menggunakan model penemuan terbimbing / Sailah Ar Rizka
Main Author: | Rizka, Sailah Ar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15640/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRizkaSailahAr.2016.PengembanganPerangkatPembelajaranGeometriTransformasiuntukKelasVIISMPBerbasisPendekatanSaintifikdenganMenggunakanModelPenemuanTerbimbing.Skripsi.JurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SriMulyatiM.PdKataKunciperangkatpembelajaranpendekatansaintifikmodelpenemuanterbimbinggeometritransformasiPembelajarangeometriperludilaksanakansehinggapesertadidikdapatmenemukankonsepgeometrisecaraaktifdanmandiriberdasarkanpengalamannyasehinggakonseptersebutakanbertahanlebihlama.Pembelajaranyangdemikiandapatdifasilitasiolehmodelpenemuanterbimbing.Namunhampir80persenpembelajaranMatematikadiIndonesiadiselenggarakandenganmetodeceramah(Puspitarini2014).Perangkatpembelajaransebagaialatpentingdalammelaksanakankegiatanpembelajaranmasihmemerlukanperbaikan.Berdasarkanobservasiawaldeskripsilangkahpembelajaranpadamasing-masingfasependekatansaintifikpadaRPPbelumdipaparkansecaraspesifik.KonsepmatematikapadaLKSyangdigunakanjugalebihbanyakberupapenjelasantertulissehinggatidaksesuaidenganpendekatansaintifiksertaLKShanyadigunakansebagailatihanuntukpemantapanatasmateriyangtelahdipelajari.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengembangkanperangkatpembelajarangeometritransformasiberbasispendekatansaintifikdenganmenggunakanmodelpenemuanterbimbingyangvalidpraktisdanefektif.PerangkatpembelajaranyangdikembangkanmeliputiRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKegiatanSiswa(LKS).Penelitianinimenggunakanmodelplompdalammengembangkanperangkatpembelajaran.Modelplompterdiriatas(1)faseinvestigasi(2)fasedesain(3)faserealisasi/konstruksi(4)fasetesevaluasidanrevisi(5)faseimplementasi(Hobri201017).Namunfaseimplementasitidakdilaksanakankarenaketerbatasanbiayadanwaktu.Padapenelitianinidilakukanujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifanuntukmengetahuikualitasperangkatpembelajaranyangdikembangkan.UjikevalidandilakukandenganpengisianlembarvalidasiolehseorangdosenjurusanmatematikadenganpendidikanminimalS2danseoranggurumatematikaSMPdenganpendidikanminimalS1danpengalamanmengajarminimaltigatahun.UjikepraktisandilakukandenganpengisianlembarobservasiketerlaksanaanperangkatpembelajaranpadasaatdilakukanujicobalapanganolehseoranggurumatematikaSMPdenganpendidikanminimalS1danpengalamanmengajarminimal3tahundanseorangobserveryangsedangmenempuhS1PendidikanMatematika.Ujikeefektifandilakukandenganpelaksanaanujikompetensisetelahdilakukanujicobalapangansertapengisianangketresponpesertadidikoleh30pesertadidikSMPyangmenjadisubjekpenelitian.Berdasarkananalisisdatadiperolehhasilbahwa(1)perangkatpembelajarandinyatakanvaliddenganskorkevalidanRPPdanLKSberturut-turutadalah3.3(skala4)dan3.5275(skala4)(2)perangkatpembelajarandinyatakanpraktisdenganskorketerlaksanaanRPPdanLKSberturut-turutadalah3.4(skala4)dan3.43(skala4)dan(3)perangkatpembelajarandinyatakanefektifdengan80%pesertadidikmemperolehnilaiminimal75padaujikompetensidan90%pesertadidikmemberikanresponpositif.Dengandemikianperangkatpembelajarangeometritransformasiberbasispendekatansaintifikdenganmenggunakanmodelpenemuanterbimbingyangtelahdikembangkanmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektif.Namunbeberaparevisidilakukanberdasarkankomentardansaranyangdiberikanuntukmenyempurnakanperangkatpembelajaranyangdikembangkan.