Pengembangan perangkat pembelajaran geometri transformasi untuk kelas VII SMP berbasis pendekatan saintifik dengan menggunakan model penemuan terbimbing / Sailah Ar Rizka

Main Author: Rizka, Sailah Ar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15640/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRizkaSailahAr.2016.PengembanganPerangkatPembelajaranGeometriTransformasiuntukKelasVIISMPBerbasisPendekatanSaintifikdenganMenggunakanModelPenemuanTerbimbing.Skripsi.JurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SriMulyatiM.PdKataKunciperangkatpembelajaranpendekatansaintifikmodelpenemuanterbimbinggeometritransformasiPembelajarangeometriperludilaksanakansehinggapesertadidikdapatmenemukankonsepgeometrisecaraaktifdanmandiriberdasarkanpengalamannyasehinggakonseptersebutakanbertahanlebihlama.Pembelajaranyangdemikiandapatdifasilitasiolehmodelpenemuanterbimbing.Namunhampir80persenpembelajaranMatematikadiIndonesiadiselenggarakandenganmetodeceramah(Puspitarini2014).Perangkatpembelajaransebagaialatpentingdalammelaksanakankegiatanpembelajaranmasihmemerlukanperbaikan.Berdasarkanobservasiawaldeskripsilangkahpembelajaranpadamasing-masingfasependekatansaintifikpadaRPPbelumdipaparkansecaraspesifik.KonsepmatematikapadaLKSyangdigunakanjugalebihbanyakberupapenjelasantertulissehinggatidaksesuaidenganpendekatansaintifiksertaLKShanyadigunakansebagailatihanuntukpemantapanatasmateriyangtelahdipelajari.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengembangkanperangkatpembelajarangeometritransformasiberbasispendekatansaintifikdenganmenggunakanmodelpenemuanterbimbingyangvalidpraktisdanefektif.PerangkatpembelajaranyangdikembangkanmeliputiRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKegiatanSiswa(LKS).Penelitianinimenggunakanmodelplompdalammengembangkanperangkatpembelajaran.Modelplompterdiriatas(1)faseinvestigasi(2)fasedesain(3)faserealisasi/konstruksi(4)fasetesevaluasidanrevisi(5)faseimplementasi(Hobri201017).Namunfaseimplementasitidakdilaksanakankarenaketerbatasanbiayadanwaktu.Padapenelitianinidilakukanujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifanuntukmengetahuikualitasperangkatpembelajaranyangdikembangkan.UjikevalidandilakukandenganpengisianlembarvalidasiolehseorangdosenjurusanmatematikadenganpendidikanminimalS2danseoranggurumatematikaSMPdenganpendidikanminimalS1danpengalamanmengajarminimaltigatahun.UjikepraktisandilakukandenganpengisianlembarobservasiketerlaksanaanperangkatpembelajaranpadasaatdilakukanujicobalapanganolehseoranggurumatematikaSMPdenganpendidikanminimalS1danpengalamanmengajarminimal3tahundanseorangobserveryangsedangmenempuhS1PendidikanMatematika.Ujikeefektifandilakukandenganpelaksanaanujikompetensisetelahdilakukanujicobalapangansertapengisianangketresponpesertadidikoleh30pesertadidikSMPyangmenjadisubjekpenelitian.Berdasarkananalisisdatadiperolehhasilbahwa(1)perangkatpembelajarandinyatakanvaliddenganskorkevalidanRPPdanLKSberturut-turutadalah3.3(skala4)dan3.5275(skala4)(2)perangkatpembelajarandinyatakanpraktisdenganskorketerlaksanaanRPPdanLKSberturut-turutadalah3.4(skala4)dan3.43(skala4)dan(3)perangkatpembelajarandinyatakanefektifdengan80%pesertadidikmemperolehnilaiminimal75padaujikompetensidan90%pesertadidikmemberikanresponpositif.Dengandemikianperangkatpembelajarangeometritransformasiberbasispendekatansaintifikdenganmenggunakanmodelpenemuanterbimbingyangtelahdikembangkanmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektif.Namunbeberaparevisidilakukanberdasarkankomentardansaranyangdiberikanuntukmenyempurnakanperangkatpembelajaranyangdikembangkan.