Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi segitiga dan segiempat untuk SMP kelas VII / Nanang Cholis Ma'arif
Main Author: | Ma'arif, Nanang Cholis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15639/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMaarifNanangCholis.2016.PengembanganMediaPembelajaranBerbasisAndroidpadaMateriSegitigadanSegiempatuntukSMPKelasVII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AskuryM.Pd(II)DarmawanSatyanandaS.TM.T.KataKuncimediapembelajaranAndroidsegitigadansegiempatMatematikaadalahsalahsatumatapelajaranSekolahMenengahPertama/MadrasahTsanawiyahtetapisiswakesulitandalammemahamikonsepbelajarmatematika.BerdasarkanhasilwawancarakepadabeberapasiswakelasVIISMPN21Malangdiperolehbahwasiswabelummemahamikonseptentangluasdankelilingsertasifat-sifatsegitigadansegiempat.Bukupelajaranmatematikayangadabelummenjaminsiswadapatmemahamisegitigadansegiempatmakasiswamembutuhkanmediapembelajaranyangpraktisdansesuaidenganteknologisaatini.Selainituberdasarkanhasilsurveiterhadap8siswa7siswatelahmemilikismartphoneberbasisAndroiddandigunakansebagaihiburanbukansebagaiedukasi.BerdasarkanhasilwawancaradansurveiyangtelahdilakukanmakapenelitimerasaperlumembuatmediapembelajaranberbasisAndroidsebagaialatbantusiswamemahamisegitigadansegiempat.SalahsatucaramembuatmediapembelajaranberbasisandroidadalahdenganmenggunakanAdobeFlashCS6.PengembanganinibertujuanuntukmengembangkanmediapembelajaranberbasisAndroidpadamaterisegitigadansegiempatyangvalidpraktisdanefektif.JenispenelitianadalahpenelitianpengembanganmediapembelajaranberbasisAndroidpadamaterisegitigadansegiempat.PengembanganyangdilakukanmengacupadamodelResearchandDevelopment(RD)tahapanSugiyonodenganmodifikasi.Produkdivalidasiolehahlimateridanahlimedia.Selainituprodukdiujicobakankepadapenggunayaitu10siswaSMPuntukmengetahuikepraktisandankeefektifanproduk.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahteknikanalisisdariHobri.Teknikanalisisdataterdiridariteknikanalisisdataujikevalidanteknikanalisisdataujikepraktisandanteknikanalisisdataujikeefektifanpadamediapembelajaran.Berdasarkanhasilanalisisdatapadaujikevalidandiperolehnilaivalidasidariahlimateriyaitu363danvalidasidariahlimediayaitu371makaprodukdikategorikanvalid.Berdasarkanhasilanalisisdatapadaujikepraktisandiperolehnilairata-ratadaripenggunaadalah376makaprodukdikategorikanpraktis.Berdasarkanhasilanalisisdatapadaujikeefektifandiperoleh90%penggunamendapatkannilaidiatasstandarketuntasanminmummakaprodukdikategorikanefektif.Olehkarenaitumediapembelajaranyangdikembangkanmemenuhikriteriakevalidankepraktisandankeefektifan.