Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi segitiga dan segiempat untuk SMP kelas VII / Nanang Cholis Ma'arif

Main Author: Ma'arif, Nanang Cholis
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15639/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMaarifNanangCholis.2016.PengembanganMediaPembelajaranBerbasisAndroidpadaMateriSegitigadanSegiempatuntukSMPKelasVII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AskuryM.Pd(II)DarmawanSatyanandaS.TM.T.KataKuncimediapembelajaranAndroidsegitigadansegiempatMatematikaadalahsalahsatumatapelajaranSekolahMenengahPertama/MadrasahTsanawiyahtetapisiswakesulitandalammemahamikonsepbelajarmatematika.BerdasarkanhasilwawancarakepadabeberapasiswakelasVIISMPN21Malangdiperolehbahwasiswabelummemahamikonseptentangluasdankelilingsertasifat-sifatsegitigadansegiempat.Bukupelajaranmatematikayangadabelummenjaminsiswadapatmemahamisegitigadansegiempatmakasiswamembutuhkanmediapembelajaranyangpraktisdansesuaidenganteknologisaatini.Selainituberdasarkanhasilsurveiterhadap8siswa7siswatelahmemilikismartphoneberbasisAndroiddandigunakansebagaihiburanbukansebagaiedukasi.BerdasarkanhasilwawancaradansurveiyangtelahdilakukanmakapenelitimerasaperlumembuatmediapembelajaranberbasisAndroidsebagaialatbantusiswamemahamisegitigadansegiempat.SalahsatucaramembuatmediapembelajaranberbasisandroidadalahdenganmenggunakanAdobeFlashCS6.PengembanganinibertujuanuntukmengembangkanmediapembelajaranberbasisAndroidpadamaterisegitigadansegiempatyangvalidpraktisdanefektif.JenispenelitianadalahpenelitianpengembanganmediapembelajaranberbasisAndroidpadamaterisegitigadansegiempat.PengembanganyangdilakukanmengacupadamodelResearchandDevelopment(RD)tahapanSugiyonodenganmodifikasi.Produkdivalidasiolehahlimateridanahlimedia.Selainituprodukdiujicobakankepadapenggunayaitu10siswaSMPuntukmengetahuikepraktisandankeefektifanproduk.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahteknikanalisisdariHobri.Teknikanalisisdataterdiridariteknikanalisisdataujikevalidanteknikanalisisdataujikepraktisandanteknikanalisisdataujikeefektifanpadamediapembelajaran.Berdasarkanhasilanalisisdatapadaujikevalidandiperolehnilaivalidasidariahlimateriyaitu363danvalidasidariahlimediayaitu371makaprodukdikategorikanvalid.Berdasarkanhasilanalisisdatapadaujikepraktisandiperolehnilairata-ratadaripenggunaadalah376makaprodukdikategorikanpraktis.Berdasarkanhasilanalisisdatapadaujikeefektifandiperoleh90%penggunamendapatkannilaidiatasstandarketuntasanminmummakaprodukdikategorikanefektif.Olehkarenaitumediapembelajaranyangdikembangkanmemenuhikriteriakevalidankepraktisandankeefektifan.