Pengembangan media pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan mobile learning pada pokok bahasan aritmatika sosial untuk siswa SMP kelas VII / Novi Tyas Saputri

Main Author: Saputri, Novi Tyas
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15638/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSaputriNoviTyas.2016.PengembanganMediaPembelajaranMatematikaDenganPendekatanRealisticMathematicsEducation(RME)BerbantuanMobileLearningpadaPokokBahasanAritmatikaSosialUntukSiswaSMPKelasVII.SkripsiJurusanmatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingIndriatiNurulHidayahS.PdM.Si.DarmawanSatyanandaS.TM.T.KatakunciMediaPembelajaranRealisticMathematicEducation(RME)MobileLearningAritmatikaSosialAritmatikasosialmerupakanmaterimatematikaterkaitkehidupansosialterutamapenggunaanuangyangbergunadalamkehidupansehari-hari.Namunsiswamasihkesulitandalammemahamimateriaritmatikasosial.Faktorpenyebabsiswakesulitanmemecahkanmasalaharitmatikasosialdiantaranyaadalah(a)kemampuansiswadanpemahamankonsepdasararitmatikayangmasihrendah(b)kurangpenghayatandalammembacasoaldan(c)ketidakmampuanmenganalisissoalcerita.Berdasarkanhasilobservasigurumasihbanyakmendominasipembelajaran.Dominasigurumenyebabkansiswabosanmengikutipelajarantidakmengetahuimanfaatmempelajarimaterisiswakurangtertarikdansiswamenjadipasif.Gurudapatmenggunakanpendekatanrealisticmathematiceducationdalamaktivitaspembelajaranuntukmembuatsiswamengetahuimanfaatmempelajarimateridanmenghilangkanfaktor-faktoryangmenyebabkankesulitanmemecahkanmasalaharitmatikasosial.Selanjutnyapenggunaanmediadapatmembuatsiswatidakbosantertarikdanaktifmengikutipelajaran.Smartphonedapatdigunakansebagaialatbantudalamkegiatanpembelajaran.Pembelajarandenganmenggunakanperangkatgenggamsepertismartphonedisebutmobilelearning.Pembelajarandenganmobilelearningdapatmembuatsiswabelajardimanapundankapanpun.Berdasarkanuraiandiatastujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahmengembangkanmediapembelajaranmatematikadenganpendekatanrealisticmathematicseducation(RME)berbantuanmobilelearningpadapokokbahasanaritmatikasosialyangvalidefektifdanpraktis.Mediayangdihasilkandiharapkandapatmembantusiswamemahamimateriaritmatikasosialdenganbantuanperangkatmobile.ModelpenelitiandanpengembanganiniadalahmodelPlompyangterdiriatas(1)tahapinvestigasiawal(2)tahapdesain(3)tahaprealisasi/konstruksidan(4)tahaptesevaluasidanrevisi.Mediayangdikembangkansudahmelaluiujivaliditasujireliabilitasdanujikepraktisan.Berdasarkananalisisdatayangdilakukanprodukyangdikembangkanmerupakanalatyangdigunakanuntukmenyampaikanmateriyaitumateriaritmatikasosial.MateripadamediapembelajaranmenggunakanpendekatanRMEyangmemuatlangkahmengamatimenyelesaikanmembandingkandanmenyimpulkan.Mediadikatakanvaliddenganskorhasilvalidasi355.Mediadikatakanefektifdenganhasilobservasikegiatansiswadenganskor34880%siswamemperolehnilaiminimum75danskorangketresponsiswa376.Mediadikatakanpraktisdenganskorhasilobservasikegiatanguru35.SehinggatujuanpenelitiandanpengembangansudahterpenuhiyaitumengembangkanmediapembelajaranmatematikadenganpendekatanRealisticMathematicsEducation(RME)berbantuanmobilelearningpadapokokbahasanaritmatikasosialyangvalidefektifdanpraktis.