Pengembangan media pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan mobile learning pada pokok bahasan aritmatika sosial untuk siswa SMP kelas VII / Novi Tyas Saputri
Main Author: | Saputri, Novi Tyas |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15638/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSaputriNoviTyas.2016.PengembanganMediaPembelajaranMatematikaDenganPendekatanRealisticMathematicsEducation(RME)BerbantuanMobileLearningpadaPokokBahasanAritmatikaSosialUntukSiswaSMPKelasVII.SkripsiJurusanmatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingIndriatiNurulHidayahS.PdM.Si.DarmawanSatyanandaS.TM.T.KatakunciMediaPembelajaranRealisticMathematicEducation(RME)MobileLearningAritmatikaSosialAritmatikasosialmerupakanmaterimatematikaterkaitkehidupansosialterutamapenggunaanuangyangbergunadalamkehidupansehari-hari.Namunsiswamasihkesulitandalammemahamimateriaritmatikasosial.Faktorpenyebabsiswakesulitanmemecahkanmasalaharitmatikasosialdiantaranyaadalah(a)kemampuansiswadanpemahamankonsepdasararitmatikayangmasihrendah(b)kurangpenghayatandalammembacasoaldan(c)ketidakmampuanmenganalisissoalcerita.Berdasarkanhasilobservasigurumasihbanyakmendominasipembelajaran.Dominasigurumenyebabkansiswabosanmengikutipelajarantidakmengetahuimanfaatmempelajarimaterisiswakurangtertarikdansiswamenjadipasif.Gurudapatmenggunakanpendekatanrealisticmathematiceducationdalamaktivitaspembelajaranuntukmembuatsiswamengetahuimanfaatmempelajarimateridanmenghilangkanfaktor-faktoryangmenyebabkankesulitanmemecahkanmasalaharitmatikasosial.Selanjutnyapenggunaanmediadapatmembuatsiswatidakbosantertarikdanaktifmengikutipelajaran.Smartphonedapatdigunakansebagaialatbantudalamkegiatanpembelajaran.Pembelajarandenganmenggunakanperangkatgenggamsepertismartphonedisebutmobilelearning.Pembelajarandenganmobilelearningdapatmembuatsiswabelajardimanapundankapanpun.Berdasarkanuraiandiatastujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahmengembangkanmediapembelajaranmatematikadenganpendekatanrealisticmathematicseducation(RME)berbantuanmobilelearningpadapokokbahasanaritmatikasosialyangvalidefektifdanpraktis.Mediayangdihasilkandiharapkandapatmembantusiswamemahamimateriaritmatikasosialdenganbantuanperangkatmobile.ModelpenelitiandanpengembanganiniadalahmodelPlompyangterdiriatas(1)tahapinvestigasiawal(2)tahapdesain(3)tahaprealisasi/konstruksidan(4)tahaptesevaluasidanrevisi.Mediayangdikembangkansudahmelaluiujivaliditasujireliabilitasdanujikepraktisan.Berdasarkananalisisdatayangdilakukanprodukyangdikembangkanmerupakanalatyangdigunakanuntukmenyampaikanmateriyaitumateriaritmatikasosial.MateripadamediapembelajaranmenggunakanpendekatanRMEyangmemuatlangkahmengamatimenyelesaikanmembandingkandanmenyimpulkan.Mediadikatakanvaliddenganskorhasilvalidasi355.Mediadikatakanefektifdenganhasilobservasikegiatansiswadenganskor34880%siswamemperolehnilaiminimum75danskorangketresponsiswa376.Mediadikatakanpraktisdenganskorhasilobservasikegiatanguru35.SehinggatujuanpenelitiandanpengembangansudahterpenuhiyaitumengembangkanmediapembelajaranmatematikadenganpendekatanRealisticMathematicsEducation(RME)berbantuanmobilelearningpadapokokbahasanaritmatikasosialyangvalidefektifdanpraktis.