Pengembangan perangkat pembelajaran pokok bahasan keliling dan luas segiempat berciri Realistic Mathematics Education (RME) untuk siswa SMP kelas VII / Lia Rohmatul Ummah
Main Author: | Ummah, Lia Rohmatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15633/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKUmmahLiaRohmatul.2016.PengembanganPerangkatPembelajaranPokokBahasanKelilingdanLuasSegiempatBerciriRealisticMathematicsEducation(RME)untukSiswaSMPKelasVII.SkripsiProgramStudiPendidikanMatematikaJurusanMatematika.FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam.UniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.DwiyonoM.Pd.Ph.DDra.TriHapsariUtamiM.PdKataKunciPerangkatpembelajaranReallisticMathematicsEducation(RME)Matematikamerupakanilmuyangterstrukturdenganketerkaitanantarkonsepyangkuatsatudenganyanglainnya.Padasetiapjenjangmatematikamemilikitingkatkesulitanberbedadandarikesulitantersebutmemunculkansuatumasalahtersendiridalamprosespembelajaranmatematika.Tujuanpembelajaranmatematikasekolahtidakhanyapengetahuandankemampuandalambidangmatematikaakantetapisiswamemilikiketrampilanmenerapkankonsepmatematikadalamkehidupansehari-hari.TujuanyangingindicapaidalampenelitianiniadalahmenghasilkanperangkatpembelajaranpokokbahasankelilingdanluassegiempatberciriReallisticMathematicsEducation(RME)yangvalidpraktisdanefektifuntuksiswaSMPkelasVII.PerangkatpembelajaranyangdikembangkanberupaRencanaPelaksanaanPembelajaranyangdilengkapiLembarKerjaSiswauntuksetiappertemuandanlembarUjikompetensidisetiapakhirpembelajaran.ModelpengembanganyangdigunakandalampengembanganperangkatpembelajaranpokokbahasankelilingdanluassegiempatiniadalahmodelpengembanganPlompdenganmodifikasi.Hasilanalisisdatavalidasiperangkatpembelajaranyangdiperolehdaripenilaianvalidatorahlidanvalidatorpraktisimemilikipersentase875%.BerdasarkanhasilanalisisdatavalidasilembarujikompetensiIdiperolehpersentase9062%sedangkanpresentaselembarujikompetensiIIdiperoleh9218%danpersentaselembarujikompetensiIIIdiperoleh9285%.Olehkarenaitudapatdisimpulkanbahwaperangkatpembelajaraninidinyatakanvalid.Hasilanalisisujikepraktisanperangkatpembelajarandiperolehdaripersentasepenilaianresponsiswapadamasing-masingbutirdisimpulkanbahwasiswamudahmengikutikegiataanpembelajaransedangkanpersentasepenilaianketerlaksanaanpembelajaran86.45%jadidapatdisimpulkanbahwaperangkatpembelajarankelilingdanluassegiempatpraktisdigunakan.Datahasilujikeefektifandiperolehdarihasiltesevaluasibelajarsubjekujicobalapangan.Berdasarkananalisisdatahasiltesevaluasibelajarsiswadapatdiketahuibahwanilaireratasemuasiswasebagaisubjekujicobadiatas75.Sehinggadapatdinyatakanbahwaperangkatpembelajaranefektifuntukdigunakan.