Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dengan bantuan media manipulatif untuk memahamkan siswa SMP kelas VIII pada materi lingkaran / Dwi Kuncara Setyawan
Main Author: | Setyawan, Dwi Kuncara |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15631/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSetyawanDwiKuncara.2016.PengembanganPerangkatPembelajaranBerbasisInkuiriTerbimbingdenganBantuanMediaManipulatifuntukMemahamkanSiswaSMPKelasVIIIpadaMateriLingkaran.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.TriHapsariUtamiM.Pd(II)Dra.RiniNurhakikiM.Pd.KataKunciperangkatpembelajaraninkuiriterbimbingmediamanipulatiflingkaranDenganadanyakurikulum2013diharapkansiswadapatmemahamimateriyangmerekapelajaridanberperanaktifdalamprosespembelajaran.Keaktifanbelajardankemampuansiswadalammemahamimateritidakterlepasdariperangkatpembelajaranyangdigunakangurudalamprosespembelajaran.Namundalamkenyataannyaperangkatpembelajaranyangdigunakangurubelummampumenfasilitasiaktivitassiswadalammenemukankonsepmatematikasehinggamenyebabkansiswakesulitandalammemahamimateri.Untukmembantusiswamemahamimaterijugadiperlukanadanyapenggunaanmediamanipulatif.OlehkarenaitupenelitibermaksudmengembangkanperangkatpembelajaranberbasisinkuiriterbimbingdenganbantuanmediamanipulatifuntukmemahamkansiswakelasVIIIpadamaterilingkaran.PerangkatpembelajaranberupaRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKegiatanSiswa(LKS)inimendorongpesertadidikmenggunakanpengetahuanawalmerekauntukmerumuskanmasalahmengajukanhipotesismengumpulkandatamengujihipotesisdanmembuatkesimpulanmelaluipenyelidikandenganbantuanmediamanipulatifsesuaibimbinganguru.Tujuanpengembanganyangdilakukanadalahmenghasilkanperangkatpembelajaranmaterilingkaranberbasisinkuiriterbimbingdenganbantuanmediamanipulatifyangvalidpraktisdanefektif.ModelpengembanganyangdigunakanmengacupadamodelpengembanganPlompyangterdiriatas(1)tahapinvestigasiawal(2)tahapdesain(3)tahaprealisasi/konstruksidan(4)tahaptesevaluasidanrevisi.UjikevalidandilakukanolehtigavalidatoryangterdiridarisatudosenmatematikaFMIPAUMdanduagurumatematikaSMPN11Malang.Sedangkanujikepraktisandankeefektifandilakukanmelaluiujicobaprodukpada34orangsiswakelasVIII-DSMPN11Malangsebagaisubjekujicobayangdiamatiolehsatuorangpraktisidansatuorangobserver.Berdasarkananalisisdatadiperolehhasilyaitu(1)persentaserata-ratakevalidanRPPdanLKSadalah85%(2)persentaserata-ratakepraktisanRPPdanLKSberturut-turutyaitu9253%dan8588%dan(3)persentasesiswasubjekcobayangmemperolehnilairata-rataujikompetensidiatasKKMadalah8823%.DengandemikianperangkatpembelajaranberbasisinkuiriterbimbingdenganbantuanmediamanipulatifuntukmemahamkansiswakelasVIIIpadamaterilingkarantelahmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektif.Meskipunperangkatpembelajarantelahdinyatakanmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektifrevisiberdasarkansarandarivalidatordanhasilujicobatetapdilakukanuntukpenyempurnaanprodukyangdikembangkan.