Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dengan bantuan media manipulatif untuk memahamkan siswa SMP kelas VIII pada materi lingkaran / Dwi Kuncara Setyawan

Main Author: Setyawan, Dwi Kuncara
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15631/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSetyawanDwiKuncara.2016.PengembanganPerangkatPembelajaranBerbasisInkuiriTerbimbingdenganBantuanMediaManipulatifuntukMemahamkanSiswaSMPKelasVIIIpadaMateriLingkaran.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.TriHapsariUtamiM.Pd(II)Dra.RiniNurhakikiM.Pd.KataKunciperangkatpembelajaraninkuiriterbimbingmediamanipulatiflingkaranDenganadanyakurikulum2013diharapkansiswadapatmemahamimateriyangmerekapelajaridanberperanaktifdalamprosespembelajaran.Keaktifanbelajardankemampuansiswadalammemahamimateritidakterlepasdariperangkatpembelajaranyangdigunakangurudalamprosespembelajaran.Namundalamkenyataannyaperangkatpembelajaranyangdigunakangurubelummampumenfasilitasiaktivitassiswadalammenemukankonsepmatematikasehinggamenyebabkansiswakesulitandalammemahamimateri.Untukmembantusiswamemahamimaterijugadiperlukanadanyapenggunaanmediamanipulatif.OlehkarenaitupenelitibermaksudmengembangkanperangkatpembelajaranberbasisinkuiriterbimbingdenganbantuanmediamanipulatifuntukmemahamkansiswakelasVIIIpadamaterilingkaran.PerangkatpembelajaranberupaRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKegiatanSiswa(LKS)inimendorongpesertadidikmenggunakanpengetahuanawalmerekauntukmerumuskanmasalahmengajukanhipotesismengumpulkandatamengujihipotesisdanmembuatkesimpulanmelaluipenyelidikandenganbantuanmediamanipulatifsesuaibimbinganguru.Tujuanpengembanganyangdilakukanadalahmenghasilkanperangkatpembelajaranmaterilingkaranberbasisinkuiriterbimbingdenganbantuanmediamanipulatifyangvalidpraktisdanefektif.ModelpengembanganyangdigunakanmengacupadamodelpengembanganPlompyangterdiriatas(1)tahapinvestigasiawal(2)tahapdesain(3)tahaprealisasi/konstruksidan(4)tahaptesevaluasidanrevisi.UjikevalidandilakukanolehtigavalidatoryangterdiridarisatudosenmatematikaFMIPAUMdanduagurumatematikaSMPN11Malang.Sedangkanujikepraktisandankeefektifandilakukanmelaluiujicobaprodukpada34orangsiswakelasVIII-DSMPN11Malangsebagaisubjekujicobayangdiamatiolehsatuorangpraktisidansatuorangobserver.Berdasarkananalisisdatadiperolehhasilyaitu(1)persentaserata-ratakevalidanRPPdanLKSadalah85%(2)persentaserata-ratakepraktisanRPPdanLKSberturut-turutyaitu9253%dan8588%dan(3)persentasesiswasubjekcobayangmemperolehnilairata-rataujikompetensidiatasKKMadalah8823%.DengandemikianperangkatpembelajaranberbasisinkuiriterbimbingdenganbantuanmediamanipulatifuntukmemahamkansiswakelasVIIIpadamaterilingkarantelahmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektif.Meskipunperangkatpembelajarantelahdinyatakanmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektifrevisiberdasarkansarandarivalidatordanhasilujicobatetapdilakukanuntukpenyempurnaanprodukyangdikembangkan.