Penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With a Question (LSQ) untuk mendukung keaktifab dan hasil belajar siswa kelas VIII-B SMP Negeri 4 Malang pada materi Persamaan Linear Dua Variabela / Alif Nadia Makhrubi
Main Author: | Makhrubi, Alif Nadia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15612/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMakhrubiAlifNadia.2015.PenerapanStrategiPembelajaranLearningStartsWithaQuestion(LSQ)UntukMendukungKeaktifandanHasilBelajarSiswaKelasVIII-BSMPNegeri4MalangPadaMateriPersamaanLinearDuaVariabel.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.RiniNurhakikiM.Pd.KataKunciLearningStartsWithaQuestionKeaktifanHasilBelajarBerdasarkanobservasiawalyangdilakukanpenelitidiSMPNegeri4MalangdidapatkanfaktabahwasiswakelasVIII-Bcenderungkurangaktifketikapembelajaranyangditandaidenganmerekaengganuntukberpendapatdanbertanyaapabilamerekabelumpahamdenganmateriyangditerangkan.SelainituberdasarkanhasilwawancaradengangurumatematikakelasVIII-BSMPNegeri4MalangpenelitimendapatketeranganbahwalebihdariseparuhsiswakelasVIII-Bmendapatnilaikurangdaristandarkelulusanminimalpadamateripersamaangarislurus.Padahalmateripersamaangarislurusmerupakansalahsatumateriprasyaratpadamateripersamaanlinearduavariabel.KarenamasihbanyaksiswayangmendapatnilaidibawahKKMsiswadikhawatirkanakanmengalamikesulitansaatmempelajarimateripersamaanlinearduavariabel.Haltersebutdidukungolehhasiltesmateriprasyaratpersamaanlinearduavariabelbahwahanyaada423%dari26siswaVIII-ByangmendapatnilaidiatasKKM.Olehkarenaitudiperlukanpembelajaranyangdapatmendukungkeaktifandanhasilbelajarsiswapadamateripersamaanlinearduavariabel.PembelajaranyangditerapkanadalahpenerapanstrategipembelajaranLearningStartsWithaQuestion(LSQ).Penelitianyangdilakukanmerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangdilaksanakandalamduasiklus.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpenerapanstrategipembelajaranLSQyangdapatmendukungkeaktifandanhasilbelajarpadamateripersamaanlinearduavariabel.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIII-BSMPNegeri4Malang.Datayangdikumpulkandalampenelitianinimeliputi1)hasilobservasiselamaprosespembelajaranyangberpedomanpadalembarobservasi2)hasilcatatanlapangandan3)hasiltesakhirsiklus.Langkah-langkahpenerapanstrategipembelajaranLSQyangdapatmendukungkeaktifandanhasilbelajarsiswakelasVIII-BSMPNegeri4Malangpadamateripersamaanlinearduavariabelterdiridariduatahapanyaitutahapansebelumkegiatanpembelajarandantahapansaatpelaksanaanpembelajaran.Tahapansebelumkegiatanpembelajaranterdiridari(1)siswamendapatlembarmateriajar(2)siswamembacadanmemahamilembarmateriajarsertamembuatpertanyaan.Padasaatpelaksanaanpembelajarantahapanyangdilakukanyaitu(1)siswamenuliskanpertanyaan(2)siswaberdiskusidengananggotakelompoknyauntukmenjawabpertanyaan(3)siswamempresentasikanhasildiskusikelompokdan(4)siswabersamagurumembuatrangkuman.