Penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With a Question (LSQ) untuk mendukung keaktifab dan hasil belajar siswa kelas VIII-B SMP Negeri 4 Malang pada materi Persamaan Linear Dua Variabela / Alif Nadia Makhrubi

Main Author: Makhrubi, Alif Nadia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15612/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMakhrubiAlifNadia.2015.PenerapanStrategiPembelajaranLearningStartsWithaQuestion(LSQ)UntukMendukungKeaktifandanHasilBelajarSiswaKelasVIII-BSMPNegeri4MalangPadaMateriPersamaanLinearDuaVariabel.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.RiniNurhakikiM.Pd.KataKunciLearningStartsWithaQuestionKeaktifanHasilBelajarBerdasarkanobservasiawalyangdilakukanpenelitidiSMPNegeri4MalangdidapatkanfaktabahwasiswakelasVIII-Bcenderungkurangaktifketikapembelajaranyangditandaidenganmerekaengganuntukberpendapatdanbertanyaapabilamerekabelumpahamdenganmateriyangditerangkan.SelainituberdasarkanhasilwawancaradengangurumatematikakelasVIII-BSMPNegeri4MalangpenelitimendapatketeranganbahwalebihdariseparuhsiswakelasVIII-Bmendapatnilaikurangdaristandarkelulusanminimalpadamateripersamaangarislurus.Padahalmateripersamaangarislurusmerupakansalahsatumateriprasyaratpadamateripersamaanlinearduavariabel.KarenamasihbanyaksiswayangmendapatnilaidibawahKKMsiswadikhawatirkanakanmengalamikesulitansaatmempelajarimateripersamaanlinearduavariabel.Haltersebutdidukungolehhasiltesmateriprasyaratpersamaanlinearduavariabelbahwahanyaada423%dari26siswaVIII-ByangmendapatnilaidiatasKKM.Olehkarenaitudiperlukanpembelajaranyangdapatmendukungkeaktifandanhasilbelajarsiswapadamateripersamaanlinearduavariabel.PembelajaranyangditerapkanadalahpenerapanstrategipembelajaranLearningStartsWithaQuestion(LSQ).Penelitianyangdilakukanmerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangdilaksanakandalamduasiklus.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpenerapanstrategipembelajaranLSQyangdapatmendukungkeaktifandanhasilbelajarpadamateripersamaanlinearduavariabel.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIII-BSMPNegeri4Malang.Datayangdikumpulkandalampenelitianinimeliputi1)hasilobservasiselamaprosespembelajaranyangberpedomanpadalembarobservasi2)hasilcatatanlapangandan3)hasiltesakhirsiklus.Langkah-langkahpenerapanstrategipembelajaranLSQyangdapatmendukungkeaktifandanhasilbelajarsiswakelasVIII-BSMPNegeri4Malangpadamateripersamaanlinearduavariabelterdiridariduatahapanyaitutahapansebelumkegiatanpembelajarandantahapansaatpelaksanaanpembelajaran.Tahapansebelumkegiatanpembelajaranterdiridari(1)siswamendapatlembarmateriajar(2)siswamembacadanmemahamilembarmateriajarsertamembuatpertanyaan.Padasaatpelaksanaanpembelajarantahapanyangdilakukanyaitu(1)siswamenuliskanpertanyaan(2)siswaberdiskusidengananggotakelompoknyauntukmenjawabpertanyaan(3)siswamempresentasikanhasildiskusikelompokdan(4)siswabersamagurumembuatrangkuman.