Penerapan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-H SMP Negeri 2 Malang pada materi Segi Empat dan Segitiga / Tri Wulandari

Main Author: Wulandari, Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15606/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWulandariTri.2015.PenerapanPembelajaranKoopertifTeamsGamesTournament(TGT)untukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasVII-HSMPNegeri2MalangpadaMateriSegiEmpatdanSegitiga.SkripsiJurusanPendidikanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPendidikanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.TriHapsariUtamiM.Pd.KataKunciTeamsGamesTournamentHasilBelajarSegiEmpatdanSegitiga.BerdasarkanhasilwawancaradengangurumatematikakelasVII-HSMPNegeri2Malangdiketahuibahwasiswacenderungmengalamikesulitansaatmenyelesaikanpermasalahanyangberkaitandenganluasdankelilingbangundatar.Halinididukungdengandatatahun2013-2014yangmenunjukkanbahwa29dari34siswamendapatnilaikurangdari75yangmerupakanstandarKriteriaKetuntasanMinimal(KKM).Rata-ratanilaisiswapadamaterisegiempatdansegitigayaitu5912.Padatahun2012-2013nilairata-ratasiswapadamaterisegiempatdansegitigaadalah5788danpadatahun2011-2012adalah6107.Darihasilobservasilangsungdiketahuibahwasiswacenderungdudukmencatatdanmendengarkanapayangdisampaikanguru.Haltersebutmenunjukkanbahwadiperlukansuatuupayauntukmemperbaikihasilbelajarsiswa.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatiftipeTeamsGamesTournament(TGT)yangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVII-HSMPNegeri2Malangpadamaterisegiempatdansegitiga.TGTmerupakansuatumodelpembelajaranyangmelibataktifkansiswa.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)danberlangsungselamaduasiklus.Tahapan-tahapanpadaPTKiniterdiridariperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Datayangdikumpulkanmeliputi(1)dataaktivitasgurudanaktivitassiswaselamapembelajarankooperatifTGTyangberpedomanpadalembarobservasiaktivitasgurudansiswasertadatacatatanlapanganyangmemuatkejadianyangtidakterekampadalembarobservasi(2)datateshasilbelajarsiswapadamaterisegiempatdansegitigayangdilaksanakanpadaakhirsiklus.Datapenelitianinimenunjukkanbahwahasilbelajarsiswapadamaterisegiempatdansegitigameningkat.PeningkatantersebutdapatdilihatdaripeningkatanpersentasesiswayangmencapaiKKM.HasiltesakhirsiklusImenunjukkanbahwanilairata-ratatestulissiswaadalah6418dengan3824%jumlahsiswamemperolehnilailebihdariatausamadenganKKMdanmeningkatpadasiklusIIyaitunilairata-ratatestulissiswamenjadi7588dengan7941%jumlahsiswamemperolehnilailebihdariatausamadenganKKM.HasilobservasiaktivitasgurudanaktivitassiswajugameningkatdarikategoribaikpadasiklusImenjadisangatbaikpadasiklusII.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapembelajarankooperatifTGTyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVII-HSMPNegeri2Malangpadamaterisegiempatdansegitigaadalahsebagaiberikut(1)presentasikelasyangmelibatkansiswadariseluruhkelompokakademikdanpemberianpointambahanselamaprosestanyajawabuntukmemantapkankonsepawalsiswa(2)pembagiankelompokbelajaryangheterogendanpendampinganyangtepatselamaprosesdiskusikelompokdenganmenggunakanlembardiskusisiswayangsudahdisusundenganmemperhatikantingkatkesukaransoal(3)pelaksanaangamesdengansoal-soalyangdisajikanpadaslidepresentasimemperhatikantingkatkesukaransehinggabersesuaiandenganalokasiwaktuyangdisediakan(4)pelaksanaantournamentdenganmelibatkanseluruhsiswadariseluruhkelompokyangadadenganmengelompokkansetiapsiswadarikelompokberbedadengankemampuansetarauntukdudukdisatumejaturnamenyangsamamengerjakansoal-soalpadakartubernomoryangdisusundenganmemperhatikantingkatkesukaransoaldan(5)penghargaankelompokyangdiberikankepadaseluruhkelompokberdasarkanskoryangdiperolehmasing-masingkelompokdengankategoripenghargaanmeliputiTimBaikTimHebatdanTimSuperHebat.